Ibu & Anak

10 Manfaat Rutin Memijat Bayi

Haii Mommies.. Bayi yang baru lahir membuat ikatan yang kuat dengan ibunya. Nah untuk mempererat bonding antara ibu dan anak tersebut salah satunya bisa juga loh Moms melalui pijatan. Seperti yang dilansir She Knows, Touch Research Institute di Miami mengungkapkan bahwa berdasarkan penelitian tersebut, memijat bayi sejak lahir terbukti mampu menaikkan berat badan bayi 47% loh Moms. Selain mampu menaikkan Bayi juga menjadi lebih sehat dan responsif.

Moms pasti mau tahu lebih banyak lagi kan soal manfaat pijat pada bayi ini. Yuk Moms kita cari tahu apa saja manfaat memijat bayi sejak lahir:

Berikut adalah 10 Manfaat Rutin Memijat Bayi yang di rangkum mommiesharing dari berbagai sumber :

1. Membantu Bayi Agar Tidur Lebih Nyenyak
Bayi yang baru lahir biasanya mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari. Dengan pijatan bisa menenangkan bayi dan membantu agar tidur nya menjadi lebih nyenyak.

2. Mengurangi Stres pada Bayi
Bayi newborn juga bisa mengalami stres. Karena kita juga belum tentu bisa mengerti kemauan bayi, ia pun bisa frustasi dan stres jika kebutuhannya tidak terpenuhi. Memijat bayi akan melancarkan peredaran darahnya serta meningkatkan kadar hormon oksitosin. Hal ini akan membuatnya lebih rileks dan senang.

3. Dapat Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh bayi newborn belum terbentuk sempurna. Pijatan mampu menstimulasi produksi sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh pada bayi.

4. Membantu Mengurangi Ketidaknyamanan Ataupun Lelah
Rasa lelah setelah melakukan aktifitas fisik seharian, sedang dalam fase tumbuh gigi, ataupun sedang mengalami sembelit dapat membuat bayi merasa tidak nyaman. Nah dengan sentuhan Moms melalui pijat inilah dapat mengurangi rasa sakit ataupun lelah. Sehingga bayi menjadi tidak rewel dan ceria kembali.

5. Menguatkan Saraf dan Otot Bayi
Melalui sentuhan tangan Moms yang lembut dan berirama, membuat bayi untuk belajar menerima stimulasi yang positif bagi saraf dan indra perabanya yang belum sempurna. Karena bayi akan belajar membedakan tekanan mana yang terlalu besar dan mana yang tepat. Pijatan Moms inilah yang akan merangsang aktivitas saraf-saraf bayi sehingga berbagai saraf tersebut akan lebih cepat berkembang. Selain itu, otot-otot bayi juga akan jadi lebih fleksibel dan kuat.

6. Menormalkan Produksi Hormon
Pijatan yangMoms lakukan pada bayi membuat kulit, otot dan syaraf terstimulasi sehingga dapat membantu bayi memproduksi hormon yang dibutuhkan agar dapat tumbuh dengan sehat. Melalui sentuhan tanagn Moms sangat bagus bagi bayi dengan berat badan kurang sehingga mampu memproduksi hormon yang membantu menaikan berat badannya.

7. Memperkuat Ikatan Ibu & Bayi
Bayi newborn membangun kepercayaan dan perasaan yang positif melalui sentuhan tangan Moms. Sehingga bayi pun akan merasa lebih nyaman dan tenang ketika berada di dekat Moms.
Karena selama proses pemijatan berlangsung, hormon oksitosin akan keluar. Hormon ini lah yang menguatkan ikatan antara ibu dan bayi.

8. Mendukung Pertumbuhan Otak Bayi
Sentuhan tangan Moms akan merangsang lahirnya sel-sel otak baru yang diperlukan bagi tumbuh kembang otak bayi. Melalui pijatan, ia akan belajar berbagai hal baru. Mulai dari variasi sentuhan Moms, aroma dari minyak pijat, hingga komunikasi Moms dengannya. Stimulasi tersebut juga akan menghasilkan mielin, yaitu zat pada otak yang bertanggung jawab untuk mengatur impuls saraf yang berkaitan dengan kemampuan motorik dan sensoris

9. Menambah Kepercayaan Diri Orang Tua
Menjadi orang tua baru terkadang membuat Moms and Dad khawatir tidak bisa mengurus bayi. Terlebih jika bayi tersebut merupakan anak pertama. Sibuk belajar kesana kemari agar dapat menjadi orangtua yang baik. Nah dengan memijat bayi, membuat Moms menjadi lebih tenang dan percaya diri dalam menghadapi bayi. Karena membantu Moms menyadari jika ternyata Moms bisa mengendalikan berbagai situasi yang muncul ketika bersama dengan bayi tanpa merasa kewalahan atau cemas ketika menghadapi bayi.

10. Meredakan Depresi Pasca Melahirkan
Kegiatan memijat bayi, bukan hanya bayi saja yang merasa rileks namun Moms juga loh. Karena dapat memicu produksi hormon oksitosin yang membuat Moms merasa lebih positif. Berinteraksi dengan mesra bersama bayi juga ampuh dalam memperbaiki suasana hati Moms. Jika selama ini kebanyakan Moms menganggap hadirnya bayi sebagai pemicu stress karena mengalami baby blues, justru melalui kegiatan memijat bayi yang Moms jadikan sebagai waktu berkualitas bersama dengan bayi akan membantu mengubah pola pikir tersebut. So, bye bye baby blues.

Sekarang Mommies tahu kan ada banyak sekali manfaat melalui kegiatan memijat bayi. Jangan ragu yah Mommies untuk melakukan kegiatan ini bersama dengan bayi. Tidak perlu takut pijatan Moms membuat bayi kesakitan. Karena sentuhan tangan Mommies lah yang membuat bayi merasa senang karena merupakan sentuha tangan terbaik dari semua sentuhan tangan terapis baby spa di manapun. Terus lakukan kegiatan ini sedari newborn baby agar bayi terstimulasi dengan baik. Jangan lupa yah Mommies ketika melakukan kegiatan memijat bayi, lakukan dengan riang, bias sambal bernyanyi dan mengajak bayi bercanda. Tatap mata mungilnya dengan mesra dan penuh cinta. Jadikan kegiatan memijat ini sebagai kegiatan quality time yang menyenangkan.
Semoga dengan rajinnya Mommies memijat bayi sendiri di rumah, bayi kita tumbuh menjadi anak yang aktif, ceria, dan sehat. Amiin.

 

Salam Hangat Penuh Cinta

 

Hafida

 

Source :
www.wolipop.detik.com
www.hellosehat.com

Hafida Satya Aryani

Hafida Satya Aryani

Mom of Precious Child. Full Stay at Home Mom

Related Posts