Health Ibu & Anak

Inilah 5 Manfaat Menggendong Bayi yang Perlu Diketahui

Memiliki sang buah hati membuat Mommies ingin selalu berada di dekatnya setiap saat. Terlebih lagi ketika bayi menangis, tidak jarang kita akan langsung menggendong agar anak merasa tenang dan segera menghentikan tangisannya.
Tetapi seringkali kita mendengar ungkapan kalau bayi yang sering digendong akan membuat bayi menjadi bau tangan, anak menjadi manja, anak hanya mau menempel dengan ibunya terus dan berbagai macam mitos lainnya yang banyak beredar di sekitar kita. Padahal sebenarnya menggendong bayi itu memiliki banyak manfaat yang bukan hanya bagus untuk bayi saja tapi juga untuk para Mommies antara lain :
1. Memperkuat Bonding antara Mommies dan Bayi
Melalui gendongan yang Mommies berikan pada bayi akan membuat Moms semakin mudah dalam berkomunikasi dengan bayi melalui ciuman, pelukan, bahkan ketika Moms memberikan ASI. Semakin sering Moms menggendong maka bonding yang tercipta antara Moms dan bayi akan semakin besar juga. Jadi, menggendong tidak selalu berarti Moms membuat anak menjadi manja. Namun melalui gendongan anak akan merasa aman dan hangat berada dalam dekapan Moms.

2. Membuat Bayi Lebih Tenang
Pada bayi yang baru lahir, akan merasa aman dan tenang ketika berada dalam gendongan. Karena melalui dekapan Moms, bayi akan merasa seperti ketika masih berada dalam kandungan. Ketika mendengan suara Moms, dia pun akan merasa lebih tenang. Hal ini karena suara Moms adalah suara yang paling dikenal sejak dalam kandungan. Jadi, jangan takut untuk menggendong bayi ketika ia menangis ya Moms.

3. Sebagai Stimulus Perkembangan Bayi agar Lebih Optimal
Menurut penelitian yang tertulis dalam Jurnal Current Biology, menggendong akan membuat perkembangan bayi lebih optimal. Bayi yang lebih sering digendong, akan membuat bayi lebih cepat berbicara. Hal ini dikarenakan ketika digendong, bayi akan lebih banyak belajar dari cara Moms berkomunikasi dengan sekitar. Dia juga akan melihat cara Moms dalam bersosialisasi sehingga bayi akan lebih mudah mengenal lingkungannya. Karena ia belajar dari melihat dan mencontoh yang Moms lakukan akan menstimulasi perkembangannya sehingga lebih optimal.

4. Meningkatkan Perkembangan Otak
Menggendong bayi akan membut perkembangan otak bayi lebih baik. Hal ini karena menggendong akan membuat bayi merasa bahagia, aman, nyaman, dan senang sehingga akan menghubungkan saraf – saraf bayi antara satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, menggendong bayi akan membuat perkembangan otak bayi akan meningkat.

5. Meningkatkan Skin to Skin Antara Mommies dan Bayi
Menggendong akan meningkatkan kontak skin to skin antara Mommies dengan bayi. Seperti yang kita ketahui bahwa skin to skin memiliki banyak manfaat bukan hanya bagi bayi saja namun juga bagi Mommies. Bagi Mommies, skin to skin dengan bayi akan membuat hormon oksitosin meningkat sehingga membantu pemulihan pasca melahirkan, meredakan perdarahan, meningkatkan suhu tubuh bagi Mommies yang baru saja melahirkan, memperlancar produksi ASI, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Sedangkan bagi bayi, skin to skin diantaranya dapat membantu menurunkan suhu tubuh ketika demam, membantu bayi agar tenang dan nyaman.

Ternyata menggendong bayi memiliki banyak manfaat. Jadi jangan ragu lagi untuk menggendong sang buah hati dengan penuh kasih sayang ya Mommies..

 

Source :
www.popmama.com
www.kumparan.com
www.ayahbunda.com

Hafida Satya Aryani

Mom of Precious Child. Full Stay at Home Mom

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *