Ibu & Anak Parenting

Inilah 5 Manfaat jika anak anda membaca sejak dini

Dari usia anak saya 3 bulan, saya sudah membelikannya buku yang sesuai dengan usianya. Karena saya ingin membiasakannya membaca buku sejak kecil agar ia cinta buku dan suka membaca. Memang terlihat aneh dan seperti tidak berguna ketika bayi yang belum bisa apa-apa dibacakan buku, “Emang mereka mengerti?” itulah pertanyaan yang sering muncul di beberapa orang yang saya temui. Justru hal itu sangat signifikan manfaatnya, karena di 1000 hari pertama kehidupannya anak akan cepat sekali menyerap dan mengeksplorasi informasi yang ia dapat. Maka inilah saatnya kita sebagai orang tua pintar-pintar mempersiapkan investasi masa depan yaitu dengan membacakan buku pada anak.

Lalu apa aja manfaatnya? Dilansir dari beberapa sumber, Inilah 10 Manfaat jika anak anda membaca sejak dini:

1. Membuat anak terbiasa melihat buku sebagai sumber informasi yang menarik dan menyenangkan
Biasanya buku anak didesain dengan banyak gambar, sedikit tulisan, dan warna yang kontras. Hal ini membuat anak tertarik untuk melihatnya, jika ia telah dibiasakan sejak kecil maka akan mudah membuat ia tertarik untuk membaca buku ke depannya.

2. Menambah perbendaharaan kosakata
Betapa tidak, ketika orang tua yang membacakan buku kepada anaknya, ia akan menggunakan bahasa baku. Hal ini baik untuk menambah kosakata si Kecil, ia jadi belajar menggunakan bahasa dan kata-kata yang baik dan benar. Tentu buku yang dibacakan harus buku yang baik juga ya Moms.

3. Meningkatkan bonding antara anak dan orang tua
Dengan sering membacakan buku pada si Kecil, ia akan merasa senang karena bisa lebih dekat dan akrab dengan kita orang tuanya. Ikatan tersebut bisa tercipta dari kebiasaan membaca buku bersama-sama.

4. Menambah pengetahuan sekaligus sebagai pelipur lara
Dengan sering dibacakan buku, si Kecil akan memiliki banyak informasi dan pengetahuan. Selain itu, buku cerita/dongeng anak juga dapat menjadi penghibur si Kecil, ia tentu akan senang ketika dibacakan dongeng.

5. Melatih anak untuk memiliki empati
Dari buku yang dibacakan kepada anak, ia akan belajar bermacam-macam ekspresi seperti kesedihan, kemarahan, kesenangan, dan lain-lain. Hal ini secara tidak langsung dapat membuat mereka belajar untuk memahami perasaan orang lain.

Nah, banyak kan Moms manfaat membacakan buku pada anak? Manfaatnya tidak hanya untuk saat ini saja tetapi juga untuk masa depan anak kelak.

Semoga bermanfaat.

Ziana Walida

Ziana Walida

Fulltime mother & fulltime learnerđź’•
Follow Me:

Related Posts