Menyusui

Ini lah Manfaat ASI Bagi Ibu dan Bayi yang Harus Kita Ketahui

Haii Mommies..

Happy World Breastfeeding Weeks.. Yeaayy pekan ASI dunia kembali kita peringati di tanggal 1-7 Agustus nih..

Mommies pasti sudah familiar kan dengan istilah ASI.. Yup Air Susu Ibu (ASI) ternyata memiliki banyak sekali manfaat loh Moms.. Ada beberapa manfaat yang bisa kita ketahui bersama. Yuk Moms kita coba cari tahu beberapa diantaranya :

1. Sistem kekebalan tubuh bayi menjadi lebih kuat

Air susu ibu mengandung zat antibodi yang merupakan pembentuk kekebalan tubuh sehingga dapat membantunya melawan bakteri dan virus. Anak yang diberi ASI berisiko lebih kecil untuk terserang beberapa penyakit bahkan beresiko lebih rendah mengalami obesitas dan diabetes tipe 2 daripada anak yang tidak diberikan ASI eksklusif.

2. Membuat Anak Lebih Cerdas

Asam lemak yang terdapat pada air susu ibu memiliki peranan penting bagi kecerdasan otak bayi. Selain itu, hubungan emosional antara Moms dan anak yang terjalin selama proses menyusui akan turut memberi kontribusi positif. Berbagai penelitian juga menunjukkan hasil yang mendukung pernyataan bahwa anak yang mendapat ASI, memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.

3. Berat Badan Ideal

ASI lebih sedikit merangsang produksi insulin jika dibandingkan dengan susu formula. Hormon insulin sendiri dapat memicu pembentukan lemak. Sehingga ASI tidak banyak memicu pembentukan lemak pada bayi. Selain itu, anak yang diberi ASI juga memiliki kadar leptin lebih tinggi. Leptin adalah hormon yang memiliki peranan dalam menimbulkan rasa kenyang dan dalam metabolisme lemak.

4. Tulang bayi lebih kuat

Anak yang diberi ASI selama tiga bulan atau lebih, memiliki tulang leher dan tulang belakang lebih kuat. Oleh karena itu ASI eksklusif berperan penting dalam menunjang pertumbuhan tulang bayi yang kuat.

5. Mendapat Banyak Koleserol Penunjang Tubuh Kembang Anak Berbeda dengan orang dewasa, pada bayi kolesterol sangat dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembangnya dan zat ini banyak ditemukan pada ASI.

6. Mengurangi resiko terjadinya sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) Penelitian menunjukkan bahwa efek ASI dalam mengurangi risiko terjadinya SIDS baru akan terlihat jika ASI diberikan secara eksklusif minimal 2 bulan.

7. Memperkuat bonding antara Moms dan Anak

Saat menyusui, Moms akan bersentuhan dengan kulit dan saling bertatapan dengan anak. Hal ini bisa memperkuat bonding antara Moms dengan anak.

8. Tubuh Moms cepat kembali langsing Karena saat menyusui tubuh membakar kalori sehingga dapat membantu mengurangi berat badan Moms. Selain itu lemak pada tubuh Moms digunakan oleh tubuh sebagai pembentuk ASI. Sehingga menyusui sama saja dengan mengurangi timbunan lemak dalam tubuh Moms.

9. ASI dapat menjadi KB alami Dengan memberikan ASI, dapat memjadi kontrasepsi alami karena hormon prolactin yang digunakan untuk memproduksi ASI dapat menekan terjadinya ovulasi.

10. Mengurangi stress

Dengan menyusui, tubuh selain memproduksi hormone prolactin juga akan memproduksi oksitosin. Hormon oksitosin inilah yang dapat membuat Moms menjadi lebih rileks.

11. Mengurangi perdarahan

Hormon oksitosin yang keluar saat menyusui juga dapat membantu rahim berkontraksi. Hal ini bisa mengurangi risiko perdarahan rahim usai persalinan, sekaligus mempercepat kembalinya bentuk rahim seperti sebelum hamil.

12. Menurunkan resiko terjadinya kanker

Menurut sejumlah penelitian, semakin lama Moms menyusui, semakin Moms terlindungi dari penyakit ini. Hal ini kemungkinan terjadi karena menyusui bisa menekan produksi hormon estrogen sehingga sehingga mengurangi resiko Moms terkena kanker payudara dan ovarium.

Nah sekarang Mommies sudah tahu kan ternyata ada banyak sekali manfaat dari pemberian Air Susu Ibu (ASI) yang tidak hanya baik bagi tumbuh kembang anak saja namun juga dapat menghindarkan Mommies dari beberapa penyakit juga. So, selama kita masih mampu untuk memberikan ASI, jangan lupa untuk memberikan hak anak berupa ASI selama 2 tahun ya Mommies.

Once again, Happy World Breastfeeding..

Selamat MengASIhi..

 

Salam Hangat Penuh Cinta

 

Hafida

 

Source:

www.alodokter.com

 

Hafida Satya Aryani

Mom of Precious Child. Full Stay at Home Mom

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *