Menyusui Mommies Info

Ingin ASI segera keluar setelah melahirkan? Simak tips berikut ini

Bayi adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa, sebagai orang tua akan sangat wajar apabila ingin memberikan yang terbaik. Salah satu hal yang bisa anda berikan adalah Air Susu Ibu (ASI). 

Kandungan di dalam ASI sangat sesuai untuk bayi karena memiliki zat-zat yang menyuplai kekebalan, komposisinya selalu berubah sesuai kebutuhan bayi, mudah diserap tubuh, mencegah alergi, dan mampu melindungi bayi dari penyakit. Keren banget kan mommies? 

Hanya saja, meng-ASI-hi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Begitu banyak tantangan yang dapat dihadapi oleh seorang Ibu yang ingin menyusui bayinya. Apalagi saat ini sudah ada susu formula yang dijadikan substitusi.

Faktanya, setiap perempuan sudah memiliki perangkat yang dapat digunakan sebagai bekal untuk meng-ASI-hi bayinya. Ketika hamil, hormon dalam tubuh Ibu Hamil sudah mulai mengaktifkan sel-sel yang dapat memproduksi susu. 

Sumber : fimela.com

Kunci pertama yang biasanya akan membuat seorang ibu percaya diri untuk meng-ASI-hi adalah ASI sudah keluar ketika selesai melahirkan. Nah, simak tips berikut ini ya mommies agar ASI dapat keluar ketika bayi lahir.

 

  1. Inisiasi Menyusu Dini (IMD) segera dilakukan setelah bayi lahir
  2. Rawat gabung antara ibu dan bayi. Anda dapat mencari tahu terlebih dahulu sebelum mendekati hari perkiraan lahir (HPL) mengenai kebijakan rawat gabung tersebut.
  3. Dukungan dari orang di sekitar ibu yang baru melahirkan, baik itu suami, keluarga, dan juga tenaga kesehatan
  4. Ibu wajib memiliki pikiran positif
  5. Metode tambahan bisa dilakukan, misal : kompres hangat, mandi air hangat, massage punggung, dan juga relaksasi
  6. Berikan bayi kesempatan sebanyak-banyaknya untuk mengisap payudara ibu karna isapan bayi dapat memancing refleks pengeluaran ASI empat kali lebih cepat dibandingkan jika dipompa

 

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar ASI segera keluar begitu melahirkan. Persiapkan sedini mungkin baik secara mental maupun fisik demi keberhasilan meng-ASI-hi anda ya mommies. Semoga bermanfaat.

 

Sumber :

  • Irsal, Fitra Sukrita, dr, IBCLC, dr. Gita Tiara Paramita, Wawan Sugianto, Lc. 2017. A to Z ASI dan Menyusui. Jakarta : Pustaka Bunda

 

Sumber gambar : 

 

Ciptaningtyas D. A. Ikaningrum

Seorang Ibu muda yang ingin sepenuhnya membersamai anak di rumah dan menjadikan rumah sebagai tempat bermain yang menyenangkan.
Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *