Ibu & Anak Mommies Info Parenting

Ingin Anak Ber-IQ Tinggi Seperti BJ Habibie? Lakukan 4 Tips Ini!

Seminggu yang lalu, Indonesia tengah berduka cita karena putra terbaik bangsa yang pernah dimiliki negeri ini telah tutup usia. Dia adalah Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie mantan presiden Indonesia ke-3.

Terlahir di Parepare, Sulawesi Selatan 83 tahun silam BJ Habibie telah mengukir banyak prestasi untuk kemajuan bangsa. Bahkan namanya telah masyhur hingga mancanegara karena penemuannya di bidang penerbangan.

BJ Habibie juga telah banyak menerima berbagai penghargaan, diantaranya yaitu Edward Warner Award serta Award von Karman dimana penghargaan ini hampir setara dengan penghargaan Hadiah Nobel.

Dibalik kepandaian BJ Habibie ternyata beliau memiliki ukuran Intelligence Quotient (IQ) yang cukup tinggi. Ternyata BJ Habibie masuk dalam 5 tokoh yang memiliki IQ tertinggi di dunia. Bahkan IQnya lebih tinggi dari tokoh terkenal dunia Albert Einstein. Albert Einstein memiliki IQ 160 sedangkan BJ Habibie memiliki skor IQ yang lebih tinggi yaitu 200. Tiga tokoh lainnya yaitu William James Sidis (Amerika Serikat) yang memiliki IQ 300, Kim Ung Yong (Korea Selatan) dengan skor IQ 210, dan Marilyn Vos Savant dengan skor IQ 190. Sehingga tak heran lagi jika BJ Habibie mampu menciptakan pesawat terbang sendiri di masa pemerintahan Soeharto dengan teknologi paling maju kala itu.

Memiliki anak dengan kecerdasan intelektual yang tinggi pasti menjadi dambaan setiap orang tua. Orang tua tentu memiliki harapan kelak anaknya dapat menjadi orang yang sukses dengan kecerdasannya. Namun kecerdasan intelektual yang dimiliki setiap anak memanglah berbeda-beda. Terdapat anak yang telah terlahir menjadi seorang jenius ber-IQ tinggi.

Tetapi jangan berkecil hati. Kecerdasan anak dapat diasah dengan pembelajaran setiap harinya. Menurut Solso, Maclin & Maclin (2008) otak yang semakin sering digunakan untuk belajar berbagai hal akan membentuk semakin banyak sinapsis yaitu hubungan antar neuron yang terbentuk sehingga seseorang akan menjadi lebih cerdas.

 

sumber gambar : tribunnews.com

Sebagai orang tua tentu kita selalu berusaha untuk mengoptimalkan perkembangan anak. Berikut adalah upaya yang dapat dilakukan orang tua untuk meningkatkan IQ anak:

  1. Terapkan Pola Asuh Penuh Kasih Sayang

Pola asuh yang perlu diterapkan orang tua kepada anak ialah pola asuh yang menumbuhkan ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak. Ikatan kasih sayang yang dirasakan oleh anak merupakan kunci utama untuk meningkatkan IQ.

Penelitian telah menunjukkan bahwa bayi yang mendapatkan pola asuh yang baik dan kasih sayang serta perhatian penuh dari ibunya  memiliki daya ingat yang lebih baik. Orang tua juga perlu memberikan dukungan yang positif kepada anak dan mendengarkan anak berbicara. Hal tersebut dapat memberi dorongan kepada anak untuk mengekspresikan kemampuan dirinya.

  1. Luangkan Waktu Bersama dengan Anak

Meluangkan waktu bersama anak dengan kegiatan yang berkualitas seperti bermain sambil belajar, mendongeng dan membaca bersama dapat meningkatkan ikatan emosional dengan anak. Dengan cara bercerita bergantian antara orang tua dan anak dapat membantu anak untuk berkomunikasi dan menambah kosa kata serta pengetahuan baru pada anak.

  1. Beri Pujian Pada Proses Belajar Anak

Sebaiknya orang tua tidak hanya berfokus pada hasil belajar anak, tetapi juga membantu pada prosesnya. Penelitian telah membuktikan bahwa anak yang mendapatkan pujian atas upaya dan kegigihannya dalam memecahkan masalah cenderung memiliki motivasi belajar yang lebih baik.

  1. Penuhi Nutrisi Buah Hati

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa nutrisi berpengaruh terhadap kecerdasan anak. Dengan memberikan gizi yang seimbang dapat meningkatkan IQ pada anak. Asupan nutrisi seimbang yang dapat diberikan yaitu sayuran, buah, susu dan daging.

Itulah tips yang dapat membantu untuk meningkatkan kecerdasan intelektual (IQ) anak. Namun, orang tua harus menyadari bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor kesuksesan anak di masa datang. Masih terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi kesuksesan. Tetap hargai anak dengan keunikannya masing-masing dan dampingi setiap proses perkembangannya.

 

Sumber :

­­­Adipura, Pamungkas (2019).Biografi BJ Habibie Bapak Teknologi dan Demokrasi Indonesia. Notepam.https://notepam.com/biografi-bj-habibie/

Noya, A.L. (2017). Cara Meningkatkan IQ Anak yang Jarang Diketahui Orangtua. Alodokter. https://www.alodokter.com/cara-meningkatkan-iq-anak-yang-jarang-diketahui-orangtua

Solso, Maclin, Maclin. (2008). Psikologi Kognitif. edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga

Sumber gambar :

https://inibiodata.com/biografi-profil-bj-habibie/

https://www.tribunnews.com/lifestyle/2012/03/07/saat-bermain-bersama-anak-orangtua-ingin-bebas

 

Ayu Putri

Seorang ibu rumah tangga yang berusaha menjadi bermanfaat untuk sesama.
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *