Parenting

Hindari Memarahi Anak di Depan Publik!

Beberapa waktu yang lalu, sempat viral video seorang selebgram cilik yang mendapat perlakuan kasar dari ibunya. Hal tersebut tentu menuai komentar warganet. Berbagai ekspresi sedih, marah, dan simpati terus mengalir pada bocah 3 tahun itu.

Dari kejadian tersebut, kita dapat mengambil pelajaran. Sebagai orang tua, kita tidak berhak menuntut anak terus melakukan seperti apa yang kita inginkan. Hendaknya, orang tua dapat lebih bijak dan menahan ego. Menyadari bahwa anak juga manusia yang pantas diperlakukan dengan baik, dihormati, dipenuhi haknya, dan dijaga harga dirinya adalah poin penting yang harus ditanamkan di benak masing-masing orang tua.

Memarahi anak di depan publik rasanya tidak pantas dilakukan oleh orang tua, bahkan sefatal apapun kesalahan yang diperbuat anak. Dampak yang diperoleh dari hal tersebut sangatlah buruk bagi perkembangan psikis anak, seperti:

  1. Anak menjadi sering berbohong untuk menutupi kesalahannya,
  2. Menyalahkan orang lain untuk menyelamatkan dirinya,
  3. Tidak bertanggung jawab,
  4. Keras kepala dan agresif,
  5. Merasa malu dan tidak percaya diri,
  6. Cenderung membuat onar,
  7. Merasa tidak nyaman dengan orang tua,
  8. Mengakibatkan trauma pada anak, dsb.

 

Moms pasti tidak menginginkan dampak tersebut dialami oleh anak moms. Betul? Kami akan memberikan sedikit tips untuk moms sebagai antisipasi bila terjadi di suatu waktu. Jika anak berbuat kesalahan saat di depan publik, moms sebaiknya:

  • Mengajaknya ke tempat sepi dan bicara baik-baik
  • Beri tahu apa kesalahannya dan dampaknya
  • Diskusikan solusi bersama-sama
  • Buat kesepakatan agar anak tak mengulangi kesalahan yang sama dan konsekuensi apa yang harus diterima jika melakukan kesalahan yang sama
  • Tidak mengancam anak
  • Berikan pelukan dan ciuman agar anak merasa nyaman dan dicintai
  • Katakan pula bahwa moms percaya ia tidak melakukan kesalahan yang sama untuk membangkitkan percaya dirinya

Tidak sulit kan moms tips dari kami? Kuncinya hanya satu, SABAR😉 Jika kesabaran sudah kita kuasai, maka kita akan lebih tenang dan mampu berpikir dengan jernih.

Miranti Verdiana Ranu Muindro

Miranti Verdiana Ranu Muindro

Hello, I’m Mira and I’m One Happy Housewife! Allah has blessed me with an amazing husband and a wonderful son. I am half Javanese and half Sundanese. I love writing, organizing, home decorating, playing with my son, and planning out and making lists for everything! I am lucky enough to be a housewife and stay-at-home mom and do what I love everyday.

Related Posts