Health Mommies Daily Mommies Info Mommies News

Heboh ! Warga Pekanbaru Kehabisan Air Purifier Karena Asap Tak Kunjung Hilang

Langit biru dan udara segar sepertinya kini tengah dirindukan oleh masyarakat Pekanbaru. Kabut asap yang hingga kini belum mereda bahkan semakin pekat, membuat masyarakat kesulitan untuk menghirup udara segar. Kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau membawa bencana bagi masyarakat. Dampak buruk pada kesehatan kini harus ditanggung oleh warga. Keadaan yang memburuk membuat orang tua mengurung anak dan bayi mereka di dalam rumah untuk meminimalisir dampak buruk yang terjadi.

Dikutip dari Kompas.com (14/19/2019) bencana kabut asap ini membuat masyarakat Pekanbaru yang telah mengalami dampak dari kualitas udara yang buruk, berbondong-bondong mengantri untuk mendapatkan pengobatan gratis. Kebanyakan dari mereka mengeluhkan sakit asma dan batuk pilek. Selain itu, terdapat beberapa bayi yang mengalami dampak yang serius yaitu terjangkit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

Keadaan yang terus memburuk membuat warga Pekanbaru berusaha mencari solusi agar dapat menghirup udara segar. Salah satu cara yang ditempuh yaitu menggunakan air purifier. Berdasarkan pemberitaan Cakaplah.com (14/9/2019) permintaan akan air purifier sedang meningkat pesat di kota Pekanbaru. Air purifier sedang sangat diminati oleh warga untuk menetralisir udara di dalam rumah. Bahkan saat ini air purifier menjadi barang yang langka karena banyak warga yang mengeluh telah berkeliling mencari air purifier di toko-toko elektronik namun telah kehabisan stok.

Sesungguhnya apa sih air purifier?

Air purifier merupakan alat untuk membersihkan udara sehingga udara yang dihirup di dalam ruangan lebih bersih dan terbebas dari polusi. Air purifier bekerja dengan menyaring kuman, debu dan kotoran dari udara ruangan sehingga dapat menimalisir partikel alergen atau penyebab alergi yang dapat menyebabkan penyakit asma atau alergi lainnya.

Apa manfaat air purifier?

Air purifier sendiri memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menghilangkan virus dan bakteri di udara

Manfaat utama dari air purifier adalah menghilangkan virus dan bakteri yang terkandung di dalam udara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Retroscreen Virology (UK) sebuah kotak yang telah diisi dengan virus kemudian melalui penyaringan air purifier terjadi penurunan jumlah virus pada udara di dalam kotak tersebut.

2. Menghilangkan bau tak sedap

Air purifier juga telah lolos dari uji penelitian untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Japan Spinner Inspecting Foundation menunjukkan bahwa air purifier efektif menghilangkan bau tak sedap.

3. Mengurangi jamur

Selain menghilangkan virus, bakteri serta bau tak sedap ternyata air purifier juga efektif untuk mengurangi pertumbuhan jamur yang dapat menyebabkan penyakit. Air purifier telah lolos uji penelitian bahwa efektif dalam mengurangi jamur.

Setelah mengetahui manfaat dari air purifier rasanya memang cocok untuk membantu masyarakat Pekanbaru agar dapat mendapatkan udara segar di dalam rumah. Semoga bencana kabut asap yang terjadi di negeri ini segera berlalu dan mendapatkan solusi agar tidak terulang kembali di waktu yang akan datang.

 

Sumber :

Iswandiari, Yuliati (2017). Perlukan Punya Air Purifier (Pemurni Udara) di Rumah? Apa manfaatnya?. HalloSehat. https://hellosehat.com/hidup-sehat/manfaat-air-purifier-untuk-kesehatan/.

Wismabrata, M.H. (2019). 4 Fakta Baru Bencana Kabut Asap di Riau, Udara Semakin Pekat HIngga Klaim Menhub. KOMPAS.com. https://regional.kompas.com/read/2019/09/14/08400011/4-fakta-baru-bencana-kabut-asap-di-riau-udara-semakin-pekat-hingga-klaim?page=all

Putra, S.Y. (2019). Kabut Asap Tak Kunjung Berakhir, Warga Pekanbaru Ramai-Ramai Beli Air Purifier. Cakaplah.com. https://www.cakaplah.com/berita/baca/2019/09/14/kabut-asap-tak-kunjung-berakhir-warga-pekanbaru-ramairamai-beli-air-purifier#sthash.iam3vsoF.dpbs

Sumber Gambar :

https://www.asumsi.co/post/kebakaran-hutan-di-kalimantan

https://www.acehardware.co.id/inspirations/jangan-salah-pilih-cari-tahu-dulu-bedanya-air-purifier-dengan-dehumidifier

 

Ayu Putri

Seorang ibu rumah tangga yang berusaha menjadi bermanfaat untuk sesama.
Follow Me:

Related Posts

  1. Nice article sis. Moga bisa segera berhenti kebakarannya dan warga bisa menghirup udara bersih lagi. Udah bertahun-tahun kek gitu soalnya. Dulu aku sm komunitasku sempet galang dana buat beli masker khusus, cuma ya hanya bersifat sementara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *