Ibu & Anak

Hari Buku Nasional – Agar Sang Buah Hati Gemar Membaca

Bertepatan pada tanggal 7 Mei yang diperingati sebagai Hari Buku Nasional, maka kali ini saya akan sharing tentang tips agar anak gemar membaca.

Betapa pentingnya menumbuhkan minat baca sejak usia anak masih dini sebab di masa itulah terjadinya periode emas dalam kehidupannya.
Begitu besar manfaatnya jika si buah hati memiliki hobi membaca, diantaranya adalah :

• memiliki wawasan tinggi dan pengetahuan yang luas
• rentang konsentrasinya bagus
• pemahaman bahasa di atas rata-rata
• membentuk karakter pribadi anak menjadi lebih ramah
• mampu berinteraksi sosial dengan baik terhadap lingkungan sekitar
• meningkatkan rasa percaya diri

Membaca juga bagus bagi perkembangan otak anak. Saat membaca, otak tidak pasif. Otak bekerja keras untuk bisa memproses informasi dan menstimulasi pemikiran kritis. Sehingga anak yang terbiasa membaca relatif memiliki perspektif hingga kemampuan analisis yang tajam dan baik.

Nah moms..
Masih galau gimana caranya supaya anak cinta membaca buku? Simak tips berikut ini yaa..

1. Berikan contoh.
Sejatinya, anak adalah peniru ulung. Jadi, bila moms ingin anak menyukai kegiatan membaca buku, maka tunjukkan terlebih dahulu kepada mereka bahwa kedua orangtuanya juga suka dan rajin membaca.

2. Buatlah momen membaca yang menyenangkan.
Tentukan lokasinya dan ciptakan suasana yang nyaman agar mereka menikmati senangnya membaca buku. Sesekali bisa mengajak serta teman-temannya untuk membaca buku bersama. Siapkan berbagai variasi genre buku sesuai usia sebagai referensi bacaan. Biarkan mereka memilih apa yang ingin mereka baca.

3. Pancing sikap kritis anak.
Moms perlu mengenalkan berbagai buku. Kita bisa memulai dari membicarakan tentang sampul buku, lalu dorong anak untuk membaca apa yang ia lihat. Tunjukkan gambar-gambar menarik
dan mintalah ia untuk menyampaikan kembali pesan moral apa yang ia tangkap dalam cerita di buku tersebut.

4. Belanja buku baru.
Buatlah kesepakatan bersama anak untuk berbelanja buku baru. Aturlah waktunya bisa dua minggu atau sebulan sekali. Berikan pilihan berapa banyak buku yang akan dibeli. Pastikan buku yang anak pilih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Rutin membacakan cerita dari buku juga mampu menstimulasi anak hingga membuatnya bisa berkomunikasi lisan secara lebih baik, bahkan sebelum ia berusia 12 bulan. Seiring kemampuan membacanya yang meningkat, pada usia 7 tahun ia juga sudah mengerti dan bisa menggunakan penggunaan kata.

Luar biasa bukan?
Mari tanamkan kebiasaan membaca buku pada anak yuk moms!

Aprilia Tika Primasanti

Aprilia Tika Primasanti

Seorang ibu yang bersemangat belajar untuk menjadikan hidupnya bahagia dengan membersamai keluarga dan semaksimal mungkin ingin bermanfaat dan membawa perubahan menuju lebih baik.

Related Posts