Ibu & Anak Parenting

Earthing di Pantai, Apa Manfaatnya bagi Bayi?

Earthing adalah kegiatan menyatu dengan alam dengan cara berjalan di atas rumput, pasir, ataupun lumpur tanpa mengenakan alas kaki. Mengapa harus tanpa alas kaki? Karena bumi memiliki energi yang dapat menjadi terapi bagi tubuh jika bersentuhan langsung. Layaknya sinar matahari yang memiliki manfaat penting, begitu pun bumi juga memiliki energi yang luar biasa. Berdasarkan pengalaman waktu hamil dulu, bidan saya menganjurkan untuk melakukan earthing di pantai dengan tujuan agar radikal bebas yang ada di dalam tubuh dapat ternetralisir. Makanya ketika earthing, tubuh jadi lebih rileks dan energi positif bermunculan.

Bagaimana Manfaatnya terhadap Bayi?

Mengapa harus di pantai? Tidak harus di pantai kok, Moms. Bisa di rumput, pasir, lumpur, atau bisa juga indoor dengan media tertentu. Hanya saja kebetulan tadi pagi saya dan keluarga ke pantai jadi timbul keinginan untuk membagikan topik ini. Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Menghilangkan Rasa Bosan
    Ada kalanya bayi butuh bermain di dunia luar untuk mengatasi rasa bosan dengan pengasuh di dalam rumah. Kita saja yang dewasa kalau bosan inginnya piknik, kan?
  2. Membantu si Kecil Eksplorasi Tekstur Baru dan Berbeda
    Mungkin Moms sudah menyediakan berbagai permainan edukatif di rumah yang baik untuk perkembangan motorik & sensoriknya. Tapi bermain dan berjalan di pantai juga dapat menambah pengalaman si Kecil untuk eksplorasi hal baru. Menikmati tekstur pasir pantai, hangatnya air pantai, dan dinginnya udara pantai.
  3. Menumbuhkan Jiwa Cinta Alam
    Memperkenalkan pantai untuk pertama kalinya pada si Kecil akan secara otomatis membangun minat dan ketertarikannya terhadap alam. Dengan demikian, rasa cinta mereka terhadap alam dan keinginannya untuk bisa merawat dan memelihara alam akan secara otomatis tumbuh dalam diri mereka. Selain untuk kesehatan, earthing di pantai juga bisa membangun karakter dan sifat baru untuknya jika sedari dini dikenalkan dengan alam.
  4. Mendapatkan Manfaat dari Kebaikan Air dan Udara Segar Pantai
    Menurut beberapa sumber (terutama orang tua), air pantai adalah obat alami untuk anak bapil. Kelembapan udara pantai dapat membuat rongga hidung yang terkena pilek agar lebih lega. Air pantai yang mengandung garam dan magnesium juga bagus untuk mengatasi penyakit yang berkaitan dengan iritasi kulit.
  5. Melatih Rasa Ingin Tahunya
    Semakin ia bertumbuh, rasa ingin tahunya pun akan semakin besar. Maka tak heran ketika pertama kali menginjakkan kakinya di alam terbuka seperti pantai, si Kecil akan mendapatkan ruang yang tak terbatas untuk lebih mengetahui banyak hal. Selain itu, ia juga akan mengetahui berbagai hal baru yang bisa membuatnya belajar dengan baik. Itu sebabnya ia akan lebih senang dan betah berlama-lama berdiri di pinggir pantai karena sensasi rasa penasaran menikmati kaki yang langsung menyentuh pasir dan air laut. Hal itu memberikan pengalaman indah yang menyenangkan dan berharga yang pernah dilaluinya.
    Ada begitu banyak manfaat yang baik mengajak si Kecil earthing di pantai. Jadi Moms, sudah tidak khawatir lagi kan membawa si Kecil bermain di pantai?

Semoga bermanfaat.

Ziana Walida

Ziana Walida

Fulltime mother & fulltime learnerđź’•
Follow Me:

Related Posts