Mommies Daily Mommies Info Mommies News

Dua Warga Negara Indonesia Positif Virus Corona, Lakukan 5 Tips Untuk Mencegah Virus Corona

Dilansir dari cnnindonesia.com, Presiden Jokowi mengumumkan ada dua WNI (Warga Negara Indonesia) yang terpapar virus Corona karena sempat berkontak dengan warga negara Jepang yang sudah positif virus tersebut. Dua WNI itu adalah seorang ibu berusia 61 tahun dan putrinya yang berusia 31 tahun. Menurut Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, kedua WNI positif virus corona di rumahnya daerah Depok dan saat ini dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianto Saroso, Jakarta Utara.

Adanya berita penyebaran virus corona di Indonesia, tentu menjadikan lebih waspada tapi tidak perlu panik berlebihan. Organisasi kesehatan dunia (WHO), memberi himbauan agar senantiasa melakukan tindakan pencegahan. Mommies, bisa mencegah virus corona dengan tips berikut:

1. Cucilah tangan dengan benar

Mencuci tangan dengan benar adalah cara sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus corona. Lakukan langkah cuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik. Pastikan membersihkan telapak tangan, punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari dan kuku. Jika sulit menemukan air dan sabun, dapat menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60%. Mommies perlu mencuci tangan sebelum atau saat menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah bertemu atau merawat orang sakit, setelah menyentuh hewan dan setelah batuk atau bersin.

7 langkah cuci tangan menurut WHO

2. Gunakan masker saat batuk pilek atau saat berinteraksi dekat merawat orang sakit

Ada dua tipe masker untuk mencegah virus corona yaitu masker bedah dan masker N95. Masker N95, memang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara dan direkomendasikan untuk pencegahan virus. Namun harganya relatif mahal dan kurang nyaman digunakan sehari-hari.  Sedangkan, masker bedah meski tidak sepenuhnya efektif mencegah virus tapi bisa menurunkan resiko penyebaran penyakit infeksi. Saat menggunakannya, pastikan sisi yang berwarna berada di luar. Selesai melepas masker, cucilah tangan kembali dengan sabun.

3. Menjaga pola hidup sehat

Pola hidup sehat akan berdampak pada kuatnya daya tahan tubuh. Saat daya tahan tubuh kuat, tentu dapat mencegah beragam penyakit. Mommies dapat menjaga daya tahan tubuh dengan makanan sehat, bergizi seimbang dan halal (bagi yang beragam islam). Usahakan mengonsumsi daging yang matang sempurna. Selain itu, lakukan olahraga yang rutin dan istirahat cukup.

Pola hidup sehat untuk menjaga daya tahan tubuh

4. Jika merasa batuk, pilek dan sesak napas segera ke fasilitas kesehatan

Gejala gangguan pernapasan disertai demam memang dapat disebabkan berbagai hal. Mommies perlu antisipasi dan mencegah virus corona dengan mencari bantuan medis jika dirasa demam, batuk hingga sesak napas dalam beberapa hari.

5. Menunda bepergian ke negara terjangkit virus

Saar ini virus corona sudah mewabah dan terkonfirmasi ditemukan banyak negara. Persebaran secara realtime ada di tautan ini. Sehingga disarankan tidak bepergian ke tempat yang sudah memiliki kasus atau berpotensi terjangkit penyebarannya.

Kewaspadaan dan antisipasi mencegah virus corona perlu dilakukan. Tetapi, pastikan Mommies juga tetap tenang dalam melakukan aktivitas keseharian dan menjaga kesehatan keluarga.

Sumber:

https://m.cnnindonesia.com/nasional/20200302111534-20-479660/jokowi-umumkan-dua-wni-positif-corona-di-indonesia

https://m.kumparan.com/kumparannews/2-wni-yang-positif-corona-terkena-virus-di-depok-1swj0GY0jA0?utm_source=kumApp&utm_campaign=share&shareID=ZxPaBsn8WLIS

https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public

https://www.alodokter.com/ketahui-cara-untuk-mencegah-penularan-virus-corona

 

Sumber gambar:

Tribunnews.com

Aladokter.com

Alodokter.com

April Fatmasari

Seorang istri sekaligus ibu rumah tangga yang masih belajar memaknai universitas kehidupan dengan tulisan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *