Mommies Daily

Dear Mommies, Yakin (masih) Mau Mengajak Anak Menonton Sirkus Satwa?

Menonton atraksi sirkus satwa seringkali menjadi pilihan bagi orang tua untuk berekreasi bersama putra putrinya. Karena sirkus satwa menampilkan berbagai jenis hewan yang dilatih untuk melakukan pertunjukan untuk menghibur penontonnya. Tidak jarang juga orang tua menjadikan sirkus satwa sebagai ajang belajar untuk menambah pengetahuan dan (diharapkan) menumbuhkan kecintaan anak terhadap satwa.

Tapi tahukah Mommies, bahwa ternyata ada fakta menyedihkan dibalik atraksi yang melibatkan satwa?

Beberapa hari yang lalu seorang influencer media sosial Riyanni Djangkaru yang merupakan seorang aktivis lingkungan mengunggah foto seekor lumba lumba bernama Rocky yang matanya buta akibat iritasi kaporit dari kolam tempat ia tinggal.

Rocky diambil dari habitat aslinya untuk kemudian dilatih dalam atraksi hewan sebuah resor di Indonesia. Lebih menyedihkan lagi, meski matanya sudah buat sebelah Rocky masih cukup sensitif untuk melihat gerakan isyarat tangan karena sudah terbiasa diminta melakukan atraksi dengan kondisi fisik yang seperti itu.

Kisah seperti Rocky banyak terjadi di sirkus satwa lainnya, dimana hewan diambil dari habitat asli lalu ditempatkan di lingkungan yang tidak sesuai dengan kebutuhan fisik maupun pola hidup mereka.

Ada banyak jalan untuk mengenalkan hewan ke anak anak dengan cara yang lebih baik. Mommies bisa mengajak anak mempelajari hewan lewat buku, ataupun video dokumenter. Biarkan anak melihat hewan dalam habitat aslinya, agar mereka pun membangun persepsi bahwa hewan adalah makhluk yang harus dihormati. Mereka tidak perlu melakukan atraksi untuk menghibur manusia, karena memang bukan itu sifat asli mereka.

Menyayangi hewan bukan berarti harus bisa menyentuh dan memegang. Membiarkan mereka tetap hidup di alam bebas (kecuali beberapa hewan yang masuk kategori ‘hewan rumah’, ya..), akan lebih membahagiakan.

Apa nih tips kekinian Mommies untuk membangun rasa peduli anak terhadap hewan? Ditunggu sharingnya di kolom komentar yaa! 🙂

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *