Mommies Info

Dampak Negatif Dibalik Pola Hidup “Terlalu Bersih”

Siapa yang tak ingin anak tumbuh sehat dan ceria? Sudah pasti itulah harapan setiap orang tua. Berbagai metode merawat anak dan dengan cara apapun dilakukan agar anak tetap sehat, salah satunya dengan menjaga kebersihan sehingga tak pernah lepas dari antiseptik, hand sanitizer, dan tisu basah.

Hal yang wajar memang jika orang tua khawatir akan bakteri yang dapat menyerang si kecil yang sistem imunnya belum sempurna. Akan tetapi, tahukah moms bila pola hidup yang terlalu bersih juga berdampak negatif bagi si anak?

Dikutip dari www.nytimes.com, bahwa menurut 2013 Swedish Study, orang tua yang menjilat pacifier anak yang jatuh kemudian memberikannya ke si anak membuat si anak memiliki resiko eksim yang lebih rendah dibandingkan dengan orang tua yang mencuci dan merebus pacifier tersebut sebelum memberikan ke anaknya. Hal tersebut menunjukan bahwa adanya kontak dengan kuman dan mikroorganisme di sekitar saat masa kanak-kanak berperan baik untuk membantu mengembangkan sistem imun anak dan menurunkan resiko alergi serta asma di kehidupannya kelak.

Dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology, dipaparkan hasil uji alergen dan bakteri terhadap 467 anak sejak lahir hingga berusia 3 tahun, yang mana anak-anak yang terpapar tikus dan bulu kucing, serta kotoran kecoa, sebelum mereka berusia 1 tahun benar-benar mengalami tingkat alergi dan asma lebih rendah pada usia 3 tahun daripada anak-anak yang tidak terpapar. Bahkan, anak-anak yang tidak terpapar tiga kali lebih mungkin memiliki alergi dan asma.

Dilansir dari www.parenting.com ada beberapa tips yang dapat moms lakukan agar sistem tubuh anak berkembang dengan baik hingga mampu melawan kuman dan mikroorganisme tanpa ada reaksi alergi ataupun asma. Berikut tipsnya :

  • Biarkan anak bermain kotor
  • Jangan terlalu sering memberikan anak hand sanitizer
  • Hindari sabun antiseptik
  • Bijaklah dalam memberikan antibiotik untuk anak. Penyakit yang disebabkan oleh virus, tidak perlu antibiotik.
  • Jangan khawatir berlebihan untuk berbagi makanan dan minuman dengan si kecil. Faktanya, air liur orang tua memiliki manfaat bagi bayi.

Tak ada yang tak baik di dunia ini, semua sudah diciptakan Tuhan sesuai porsinya. Manfaatkan semua yang ada di alam dan buang jauh rasa khawatir berlebih karena tak mungkin Tuhan ciptakan kuman dan mikroorganisme jika tak ada manfaatnya. Sekian info dari mommiesharing. Semoga bermanfaat 😉

Miranti Verdiana Ranu Muindro

Miranti Verdiana Ranu Muindro

Hello, I’m Mira and I’m One Happy Housewife! Allah has blessed me with an amazing husband and a wonderful son. I am half Javanese and half Sundanese. I love writing, organizing, home decorating, playing with my son, and planning out and making lists for everything! I am lucky enough to be a housewife and stay-at-home mom and do what I love everyday.

Related Posts