Mommies Info Mommies News

Corona, Covid-19: Mengatasi Kepanikan Untuk Dewasa

Wabah virus corona, covid-19 sedang melanda dunia. Tidak terkecuali Indonesia. Sejak Presiden Joko Widodo mengumumkan sendiri bahwa terdapat 2 pasien dengan virus covid-19 di Depok, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mulai waspada.

Meskipun demikian, tidak sedikit masyarakat yang juga mulai panik dengan mulai masuknya virus covid-19 di Indonesia. Beberapa gejalanya adalah mulai langkanya persediaan masker dan pembersih tangan, hand sanitizer. Adanya panic buying juga menjadi salah satu gejala kepanikan yang muncul.

Pada dasarnya, virus Covid-19 memang menyeramkan. Mengingat bahwa penyebarannya tergolong sangat cepat, sehingga sangatlah wajar jika kita merasa panik, khawatir dan cemas akan kemungkinan virus tersebut juga menyerang kita. Meskipun demikian, ketika seseorang merasa panik terhadap suatu keadaan, maka seseorang tersebut akan mudah stress sehingga imunitasnya semakin menurun. Jika daya imunitas seseorang menurun, maka menjadi suatu hal yang mungkin bahwa kita akan mudah terserang penyakit, salah satunya virus yang sedang mewabah tersebut.

Lalu, apakah ada suatu cara agar kepanikan bisa mereda?

WHO telah memberikan beberapa cara, yaitu:

1. Bicarakan kepada orang yang kita percaya
: Merasa panik, takut dan stress adalah hal yang wajar dirasakan ketika wabah sedang melanda. Coba komunikasikan kepanikan itu kepada seseorang yang dipercaya.

2. Lakukan gaya hidup sehat
: Ketika keadaan kita memaksa untuk tetap berada di rumah, tetap upayakan pola hidup sehat. Misalnya adalah dengan makan-makanan yang sehat dan bergizi, tidur yang cukup, olahraga yang bisa dilakukan di rumah dan tetap jalin komunikasi dengan orang-orang terdekat kita. Baik melalui chat, telepon ataupun video call.

3. Jangan redakan emosi dengan cara yang tidak baik
: cara-cara yang tidak baik misalnya meminum minuman keras, merokok atau meminum obat-obatan berbahaya. Ketika kita merasa kewalahan untuk menangani emosi kita sendiri, segera jadwalkan untuk bertemu dengan profesional.

4. Carilah informasi yang benar mengenai virus Covid-19
: Mengumpulkan informasi yang tepat dan benar, akan memudahkan kita untuk mengambil langkah pencegahan yang tepat pula. Temukan sumber informasi yang terpercaya seperti WHO atau informasi dari Dinas Kesehatan secara langsung.

5. Perkecil kekhawatiran
: Kurangi kekhawatiran kita dengan menghindarkan diri dari berita-berita yang memprovokasi prasangka kita.

6. Gunakan hobi dan keterampilan
: Manfaatkan hobi dan keterampilan kita untuk menyalurkan emosi. Sehingga, kecemasan pun mereda.

Demikian beberapa cara dari WHO agar kita dapat mengurangi kepanikan terhadap virus Covid-19 yang sedang mewabah ini. Selain beberapa usaha di atas, jangan lupa untuk selalu berdoa agar kita semua senantiasa diberikan kesehatan serta terhindar dari berbagai macam penyakit.

Sumber gambar:

https://www.clemson.edu/covid-19.html?utm_source=homepage

instagram @himpsipusat

Sumber bacaan:

instagram @himpsipusat

Maulia Nur Adrianisah

Saya seorang wanita yg bangga memiliki profesi utama menjadi ibu rumah tangga. Juga seorang istri dari sesosok laki-laki yg senang mengajar dan menulis. Namun lebih terlihat cahayanya ketika menulis, lalu tanpa disadari saya pun mengikuti jejaknya. Semoga apapun yg kami tuliskan, bermanfaat bagi banyak orang, khususnya kami sendiri sebagai manusia yg masih perlu banyak belajar.
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *