Health

Cegah Meningkatnya Kasus Bunuh Diri dengan 3 Langkah Kampanye Aksi 40 Detik Ini

World Mental Health Day atau Hari Kesehatan Jiwa Sedunia diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Peringatan ini pertama kali digagas oleh Badan Kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau World Health Organization (WHO) tentunya dalam rangka meningkatkan kepedulian publik akan kesehatan jiwa. Kesehatan jiwa selama ini memang dianggap tidak lebih penting daripada kesehatan fisik, padahal keduanya sama-sama wajib dijaga.

Seringkali pemicu banyaknya orang yang memutuskan untuk melakukan bunuh diri adalah penyakit jiwa atau mental yang tidak sehat. Seperti yang dilansir dari data WHO, setiap 40 detik setidaknya ada 1 orang bunuh diri di dunia. Inilah yang kemudian menjadi fokus utama Hari Kesehatan Jiwa tahun 2019 ini yaitu Preventing Suicide yang artinya Pencegahan Bunuh Diri. WHO juga mengajak kita semua untuk melakukan ’40 Seconds of Action’  atau Aksi 40 Detik.

 

Kampanye Aksi 40 Detik

Aksi 40 detik merupakan salah satu langkah kecil yang bisa kita lakukan untuk mencegah meningkatnya angka bunuh diri yang semakin hari semakin bertambah. Kampanye ini juga bertujuan agar kita tak lagi meremehkan orang-orang yang memiliki keinginan untuk bunuh diri. 

 

Nah, mommies pasti penasaran gimana sih caranya ikut kampanye Aksi 40 Detik ini?Simak langkah sederhana namun bermakna berikut ini :

  • Sisihkan 40 detik untuk ikut menyebarkan informasi tentang kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri di akun media sosial pribadi mommies, bisa via Instagram Feed, Instagram Story, Twitter, Facebook, Whatsapp Story dan sebagainya.
  • Jika kamu kenal orang yang sedang berjuang melawan keinginan untuk bunuh diri, maka sejenak luangkan 40 detikmu untuk berbicara dari hati ke hati dengan mereka. Bisa dimulai dengan menanyakan kabar, mendengarkan curhat mereka dan sebagainya. 
  • Apabila kamu adalah seorang Influencer, dukung aksi ini dengan cara membuat konten terkait kesehatan jiwa atau pencegahan bunuh diri dengan durasi 40 detik atau lebih. Kemudian sebarkan seluas-luasnya.

Mudah kan mom? Yuk dukung ‘Aksi 40 Detik’ sebagai bentuk kepedulian kita terhadap kesehatan jiwa sesama manusia dan  mencegah meningkatnya kasus bunuh diri. 

 

Sumber referensi : 

https://www.hipwee.com/feature/hari-kesehatan-jiwa/

https://www.who.int/news-room/events/detail/2019/10/10/default-calendar/world-mental-health-day-2019-focus-on-suicide-prevention

https://m.youtube.com/watch?v=Le7n6i0dpTI#

 

Sumber Gambar :

hipwee.com

dailybayonet.com

 

Aprilia Tika

Seorang ibu dari tiga anak yang menyukai dunia kepenulisan dan kerja sosial. Selain bertugas menjadi pendamping hidup seorang prajurit abdi negara, beberapa tahun terakhir ini ia pun mulai mengabdikan diri dengan berkontribusi di berbagai komunitas dan organisasi. Motto hidupnya selama ini adalah 'Never put off till tomorrow what you can do today'
Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *