Mommies Daily

Cara Mengolah Susu Kedelai Untuk Memperlancar ASI

Kedelai adalah sumber protein nabati kaya akan nutrisi. Begitupun dengan olahannya yakni susu kedelai. Meski diubah menjadi susu, hal ini tidak mengubah sifat kedelai yang penuh nutrisi tersebut. Untuk ibu hamil yang alergi terhadap susu sapi, susu kedelai bisa menjadi alternatif untuk menambah kalsium serta menjadi solusi ASI lancar yang enak dan aman dikonsumsi.

Apa saja manfaat susu kedelai dalam meningkatkan produksi ASI?

1. Penghasil Energi
Susu kedelai mengandung karbohidrat dan lemak yang akan diolah di dalam tubuh menjadi energi. Karbohidrat dan lemak yang terkandung dalam susu kedelai membantu ibu menyusui agar tetap fit saat menyusui sekaligus beraktivitas. Tak hanya pada ibu hamil, bayi pun membutuhkan energi untuk menjaga metabolisme tubuhnya.Begitu juga bayi pun membutuhkan energi untuk metabolisme tubuhnya.

2. Meningkatkan Produksi ASI
Susu kedelai bisa menjadi alternatif solusi ASI lancar ibu menyusui. Vitamin E yang terkandung dalam susu kedelai tidak hanya baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit tapi juga meningkatkan produksi hormon phytoestrogen (hormon estrogen yang diproduksi alami oleh tubuh dan bisa membantu kelenjar susu untuk memproduksi ASI lebih banyak).

3. Perkembangan Otak Bayi
Protein tinggi yang terdapat dalam susu kedelai memiliki peran penting untuk perkembangan otak bayi. Maka, bagi ibu yang ingin memiliki anak cerdas, konsumsi susu kedelai bisa menjadi salah satu upayanya, lho, Moms. Mengonsumsi susu kedelai menjadi solusi ASI lancar yang lengkap, bukan, Moms?

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Selain baik untuk perkembangan otak bayi, protein tinggi juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar busui dan bayinya terhindar dari penyakit.

5. Pertumbuhan Tulang dan Gigi
Kalsium, magnesium, dan vitamin D yang ada dalam susu kedelai bersinergi positif dalam membantu pertumbuhan tulang dan gigi si kecil.

6. Mencegah Terjadinya Penyakit Kuning
Selain menyerap kalsium, fungsi vitamin D dalam susu kedelai juga bisa membantu mencegah terjadinya penyakit kuning pada bayi.

Lalu, bagaimana cara mengolahnya?

Bahan:
• 100 gram kacang kedelai
• 900 ml air
• 1 lembar daun pandan
• Sejumput garam
• Secukupnya gula atau sesuai selera

Cara memasak:

• Kacang kedelai direndam selama semalam, boleh di kulkas atau di dalam ruangan.
• Kulit yang menempel dibuang hingga bersih untuk mencegah susu langu.
• Kedelai yang sudah terkelupas kulitnya dicuci bersih menggunakan air matang.
Blend kacang kedelai dengan tambahan air, saring susu kedelai dengan saringan kain beberapa kali agar tidak ada ampas yang tertinggal.
• Rebus susu kedelai dengan api sedang, tambahkan daun pandan, garam, dan gula.
• Sajikan selagi hangat atau masukkan ke dalam kulkas.

Resep sederhana tapi manfaatnya luar biasa dan bisa menjadi solusi ASI lancar, Moms. Selamat mencoba!
Semoga bermanfaat.

Ziana Walida

Ziana Walida

Fulltime mother & fulltime learner💕
Follow Me:

Related Posts