Ibu & Anak

Cara Efektif Agar Anak Gemar Membaca

Moms pasti akrab dengan istilah kutu buku. Yup..apa sih yang terbayang ketika mendengar kata kutu buku? Cupu? Kaca mata tebal?  Anti sosial?

Oh…no no no

Di era milenial ini, gambaran kutu buku seperti di atas sepertinya harus dilenyapkan karena akan berdampak pada minat membaca anak. Anak yang awalnya gemar membaca, akan lebih memilih bermain gadget karena merasa akan lebih terlihat keren. Padahal, gadget ini mampu memberikan pengaruh yang kurang baik bagi perkembangan anak, bahkan dapat menyebabkan kecanduan jika dalam penggunaannya tanpa pengawasan orang tua.

Anak yang gemar membaca  akan memiliki wawasan yang luas. Tidak hanya itu, ia juga akan memiliki imajinasi dan kreativitas yang sangat baik karena terlatih untuk membayangkan isi cerita dari buku yang ia baca. Anak yang gemar membaca tentu berpotensi memiliki kecerdasan dan daya konsentrasi yang tinggi, serta prestasi akademik yang baik. Hayooo…adakah diantara moms yang tidak ingin anaknya gemar membaca? Kami yakin pasti moms semua ingin si kecil gemar membaca.

Menumbuhkan minat membaca pada anak sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Hendaknya orang tua memfasilitasi, memotivasi, dan menciptakan suasana membaca yang menyenangkan bagi anak agar anak nyaman dengan kegiatan membaca, yang akhirnya akan cinta membaca. Berikut cara efektif agar anak gemar membaca :

  • Menyediakan buku bacaan

Hal utama yang harus dilakukan agar anak gemar membaca adalah menyediakan buku bacaan. Oleh karena anak cenderung menilai sesuatu mulai dari tampak luar, maka sediakanlah buku bacaan yang mengandung isi dan gambar yang menarik. Jangan lupa sesuaikan jenis bacaan dengan usia anak ya, moms.

  • Meletakan buku bacaan di tempat yang mudah dijangkau oleh anak

Meletakan buku bacaan di tempat yang mudah dijangkau oleh anak merupakan salah satu upaya menumbuhkan minat membaca anak. Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang apapun yang ia temui. Jika ia sering melihat buku terpampang di depan matanya, maka akan muncul rasa ingin membacanya dan lambat laun akan menjadikan kegiatan membaca sebagai kebutuhan.

  • Melibatkan anak dalam memilih buku bacaan

Sesekali moms bisa melibatkan anak dalam pemilihan buku yang hendak dimiliki atau dibacanya. Dengan begitu, anak merasa dihargai, sehingga kegiatan membaca akan disukai olehnya.

  • Membacakan anak buku cerita sebelum tidur

Selain mempererat bonding antara orang tua dan anak, membacakan buku sebelum tidur juga mampu meningkatkan minat membaca si anak. Ia akan menilai bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan dan seru. Terlebih lagi jika moms dan dads membacakan cerita dengan ekspresi yang beragam, penuh kehangatan, dan canda tawa.

  • Memberikan contoh

Di kala waktu senggang, sempatkanlah membaca buku. Secara tidak langsung, moms telah memberi contoh apa yang sebaiknya dilakukan ketika waktu senggang. Percayalah bahwa anak adalah peniru yang ulung, cepat atau lambat anak pasti meniru kebiasaan baik tersebut.

  • Membaca buku bersama

Kegiatan membaca buku bersama akan menumbuhkan rasa cinta akan buku. Anak akan merasa kedekatan yang luar biasa ketika membaca buku bersama. Sesekali, mintalah anak untuk membahas isi dari buku yang telah dibaca bersama, bagaimana perasaannya, apa saja pendapatnya, dan lain sebagainya. Dengan begitu, moms akan mengetahui sudah sejauh mana pemahaman dan penalaran anak akan isi dari buku yang dibacanya, serta minatnya terhadap kegiatan tersebut.

  • Mengajak anak ke perpustakaan, toko buku atau pameran buku

Mengajak anak ke perpustakaan dan ke toko buku dapat menjadi opsi destinasi saat weekend nanti. Selain untuk refreshing, kegiatan ini juga sarat akan edukasi.

 

Demikian tips dari kami. Semoga bermanfaat 😊

 

Miranti Verdiana Ranu Muindro

Miranti Verdiana Ranu Muindro

Hello, I’m Mira and I’m One Happy Housewife! Allah has blessed me with an amazing husband and a wonderful son. I am half Javanese and half Sundanese. I love writing, organizing, home decorating, playing with my son, and planning out and making lists for everything! I am lucky enough to be a housewife and stay-at-home mom and do what I love everyday.

Related Posts