Menyusui

Cara Alami Atasi Batuk dan Flu Pada Ibu Menyusui

Menyusui terkadang menjadi kegiatan yang tidak mudah dan melelahkan. Aktivitas dalam mengatur rumah tangga dan menyusui kadang kala membuat daya tahan tubuh Moms menurun. Jika sudah seperti itu, berbagai keluhan pun mudah datang, batuk dan flu misalnya. Kalau flu sudah menyerang, pasti sangat tidak nyaman dan khawatir akan menular pada si Kecil. Konsumsi obat flu juga tidak bias sembarangan karena beberapa kandungan obat flu tidak aman bagi ibu menyusui.

Jika sudah begitu, tidak ada salahnya mencoba beberapa obat alami untuk mengatasi batuk dan flu pada ibu menyusui. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Perbanyak Minum Air Hangat
    Sekadar minum air putih hangat atau susu hangat sudah cukup baik. Karena uap panas dari minuman hangat bias melegakan hidung tersumbat dan melegakan tenggorokan.

  2. Wedang Jahe
    Jahe mengandung senyawa-senyawa yang dapat membantu meringankan gejala flu ataupun demam. Selainitu, asam amino dan mineral dalam wedang jahe juga bias melancarkan aliran darah.

  3. Probiotik
    Probiotik sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Probiotik yang sering kita jumpai ada pada yoghurt. Ibu menyusui yang sedang flu bias mengonsumsi yoghurt sebagai “immune booster” saat flu.

  4. Vitamin C
    Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C untuk memulihkan flu dan batuk dengan segera.

  5. Madu
    Konsumsi madu setiap pagi untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar segera sembuh dari flu dan batuk selama menyusui.

  6. Teh
    Teh juga bias meningkatkan daya tahan tubuh karena kaya akan antioksi dan theanine, flavonoid, dan katekin. Konsumsi teh hijau atau teh hitam saat flu juga baik untuk  proses pemulihan flu. 

  7. Jeruk Nipis atau Lemon
    Perasan 1 butir jeruk nipis atau lemon dicampur 2 sdt madu dalam 1 cangkir air panas dan diminum 3-4 kali sehari bias menjadi obat batuk alami yang dapat dibuat sendiri dan efektif untuk mengencerkan dahak.

Jika Moms ibu menyusui danterserang flu tapi takut minum obat karena khawatir memengaruhi produksi ASI, Moms bias coba beberapa obat herbal di atas.

Mencegah Serangan Flu dan Batuk

  • Istirahat yang cukup (tidur maksimal 7 sampai 8 jam per hari) agar badan tetap fit. 
  • Perbanyak konsumsi buah, sayur, dan makanan bergizi. 
  • Jaga suhu tubuh agar tetap hangat atau  normal ketika musim dingin seperti di musim hujan ini. Bisa dengan cara apa pun sesuai kondisi tubuh kita, karena kita yang paling mengerti bahasa tubuh kita. 
  • Mandi air hangat setiap sebelum tidur dan menggunakan aromatherapy di ruangan tidur untuk memperbaiki kualitas tidur sehingga tubuh menjadi lebih segar dan relaks di pagi harinya. 

Semoga bermanfaat.

Ziana Walida

Ziana Walida

Fulltime mother & fulltime learner💕
Follow Me:

Related Posts