Ibu & Anak Mommies Info Mommies News Parenting

Bocah 5 Tahun Tewas Terjepit Komidi Putar di Situbondo. Simak Poin Penting Mengajak Anak Bermain di Taman Hiburan!

 

Beberapa hari lalu insiden mengenaskan terjadi pada seorang anak berusia 5 tahun yang sedang bermain di Taman Hiburan Rakyat (THR) di Desa Seletreng, Kecamatan Kapongan, Situbondo. Bocah tersebut kehilangan nyawanya setelah terjepit di wahana komidi putar atau bianglala yang dinaikinya. Sebelumnya telah dilarikan ke puskesmas, tapi karena luka yang cukup parah selang kurang lebih 15 menit korban meninggal dunia.

Dilansir dari detiknews, peristiwa memilukan itu terjadi ketika Cika menaiki komidi putar. Wahana itu terus beputar hingga ‘rantang’ yang dinaikinya bergeser ke atas. Saat itu juga wahana tersebut berhenti untuk menaikkan penumpang lain yang hendak menaikinya. Kesempatan ini digunakan Cika untuk mengeluarkan kepalanya melongok ke bawah dan melambaikan tangan pada orang tuanya di bawah.

Operator bianglala yang tak tahu bahwa Cika melongokan kepalanya lantas memutar kembali permainannya. Sayang sekali, korban tak sempat lagi menarik kepalanya yang akhirnya terjepit tiang pembatas wahana permainan. Korban lalu dievakuasi ke puskesmas terdekat, namun nyawanya tak terselamatkan.

Mengajak anak bermain di wahana bermain memang bermanfaat sekali bagi anak. Karena ia dapat bereksplorasi dengan permainan yang tidak ia jumpai ketika di dalam rumah. Selain itu, bertemu dengan teman sebaya juga dapat mengembangkan emosi sosialnya. Jadi, tidak hanya mendapat kesenangan saja, bermain di wahana permainan juga dapat membuat si Kecil berkembang. Berikut beberapa poin penting saat mengajak anak bermain di taman hiburan yang harus Mommies perhatikan:

1. Keamanan
Faktor keamanan ini terpenting saat memilih permainan. Selalu periksa komponen yang ada dalam permainan tersebut. Jika terlihat kurang aman dan terdengar suara-suara aneh saat digerakkan sebaiknya hindari walau anak nangis meminta untuk menaikinya.

2. Memberikan Edukasi pada si Kecil tentang Bahaya
Edukasi ini penting, anak yang selalu diberitahu orang tua tentang bahaya saat naik wahana di tempat wisata akan lebih hati-hati. Misalnya beritahu si Kecil untuk tidak menjulurkan kepala, tangan, atau kaki saat menaiki wahana untuk mencegah cedera/bahaya lainnya.

3. Pilih Permainan Yang Sesuai dengan Usia Anak
Tingkatan usia anak mempengaruhi kemampuannya, maka Mommies bisa pilih permainan yang memungkinkan dapat mengembangkan eksplorasi si kecil. Selain itu, ketika si kecil bermain di taman hiburan dan hendak menaiki wahana yang sesuai dengan usianya Mommies juga dapat memastikan bahwa ia berada di tempat yang aman.

4. Menentukan Tempat Kumpul
Inilah poin penting lainnya saat mengajak anak bermain di Taman Hiburan. Ketika sampai di Taman Hiburan, pahami sekitar lalu tentukan tempat kumpul saat Mommies terpisah dengan anak atau anggota keluarga lainnya.

5. Membawa Bekal dan Baju Ganti
Bekal ini penting untuk tetap menjaga pola makan si Kecil dan mencegah agar tidak terjadi keracunan makanan, karena jajanan di Taman Hiburan tak dapat dijamin keamanannya. Sedangkan baju ganti juga penting saat dibutuhkan ketika si Kecil berkeringat atau terkena air di wahana air. Atau bisa juga Mommies membawa payung dan jaket untuk jaga-jaga jika turun hujan.

Semoga 5 poin di atas dapat dijadikan sebagai panduan saat hendak mengajak anak bermain di taman hiburan. Selamat berakhir pekan, semoga liburan Mommies ke taman hiburan bersama si Kecil berjalan lancar dan berakhir senang.

Sumber:
https://m.detik.com/news/berita/d-4801193/seorang-bocah-tewas-terjepit-komidi-putar-di-situbondo.
https://www.radarmadura.id/lifestyle/kesehatan/8-tips-mengajak-anak-bermain-di-taman-hiburan/.
http://www.australasia-music.com/2019/01/29/hal-yang-perlu-diperhatikan-saat-mengajak-anak-ke-wahana-mainan-outdoor-komplit/.

Ziana Walida

Fulltime mother & fulltime learnerđź’•
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *