Mommies Daily

Resep Mpasi Pisang – Banana Oat Muffin for Toddler

Assalammualaikum mommies…

Kali ini topik MPASI yang akan saya bahas ialah tentang oat. Banyak sekali diluar sana para penjual bubur bayi yang siap saji menyajikan olahan menu oat yang dipadukan dengan buah buahan maupun protein hewani seperti ayam, sapi, ataupun ikan. Kira-kira amankah Oat dimakan oleh anak anak kita?

Oat alias Haver (Avena sativa L­­) merupakan salah satu jenis daris serelia yang cukup penting di daerah subtropis yang diintroduksikan ke Indonesia pada jaman penjajahan Belanda yang dikenal sebagai havermout. Oat dengan gandum berbeda ya mommies..selama ini banyak yang mengira bahwa oat adalah gandum, Oat adalah sejenis tanaman biji bijian yang bersifat agak liar tetapi memiliki kandungan gizi seperti lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, protein dan serat yang lebih tinggi dari gandum.

Serat yang terkandung pada oat adalah Beta Glucan ialah sumber serat larut yang unik yang hanya terdapat pada serelia yang mampu meningkatkan kinerja sel darah putih, menekan penyakit sekaligus antivirus yang bagus untuk bayi kita ya mommies…

Selain serat yang bagus oat juga mengandung Vitamin B1 yang membantu proses metabolisme karbohidar dan juga B12 sebagai pembentuk sel darah merah atau eritrosit.

Oat memiliki beberapa keistimewaan untuk tubuh baby kita ya mommies selain mampu menjadi antivirus, pembentuk sel darah merah, meningkatkan konsentrasi pada anak, bagus untuk sistem pencernaan dan mencegah obesitas pada bayi, serta kanker usus, Oat ternyata berfungsi melindungi sistem pembuluh darah dan jantung pada baby karena mengandung zat avenanthramides. Zat Avenanthramides mampu memproduksi molekul polifenol yang mampu mencegah terjadinta pembekuan pada arteri bayi maupun dewasa. Wow sekali ya mommies..bahkan dokter ahli Jantung dan Pembuluh darah sangat menyarankan untuk mengkonsumsi oat di pagi hari karena memiliki keistimewaan menjaga kesehatan jantung dan sistem pembuluh darah untuk segala usia.

Tetapi, banyak sekali masyarakat di Indonesia ini yang sangat kurang nyaman bahkan cenderung tidak tertarik dan doyan untuk mengkonsumsi oat yang biasanya dibuat bubur.

Nah selain dibuat bubur oat juga bisa diolah menjadi cake yang bisa dikonsumsi balita maupun dewasa.

Kali ini saya akan share muffin yang saya buat berbahan dasar oat dan pisang dan ini benar benar sugar free sehingga aman untuk baby dibawah 12 m+ dan juga penderita diabetes

Banana Oat Muffin

Bahan :

  • 2 buah pisang raja/ambon
  • 4 sdm quacker oat biru, blender halus, sisihkan
  • 2 butir telur ayam kampung
  • 50 ml Susu Formula / Susu UHT / ASI
  • Kismis secukupnya
  • Keju untuk taburan secukupnya

Cara membuat :

  1. Blender pisang dan susu hingga halus.
  2. Masukkan oat, telur blender hingga merata.
  3. Masukkan kismis pada adonan, kemudian aduk merata menggunakan spatula
  4. Tuangkan pada cup muffin atau cup alumunium foil
  5. Taburi dengan keju diatas adonan
  6. Pangggang dalam oven yang telah dipanaskan pada suhu 2000C selama 5 menit. Kemudian panggang adonan muffin kurang lebih 20 menit dengan suhu 1500C.

Selamat menikmati ya mommies

Marga Pertiwi

Marga Pristanti Pertiwi

Marga Pristanti Pertiwi

I am a mother of double T who has a hobby of crocheting and cooking tries to give the best for her little family and wants to share the taste of kitchen happiness through writing ❤
Follow Me:

Related Posts