Mommies Info Mommies News

Awas ! Istri Tak Mendapat Support Suami, Anak pun Jadi Pelampiasan

Hai Mommies..

Kali ini pemberitaan dikejutkan dari perilaku kejam seoarang ibu kepada anaknya yang masih berusia 2 tahun berisial ZNL. Sang ibu tega mencekoki anak kandungnya dengan banyak air dari galon yang berukuran 19 liter. Berdasarkan reka adegan yang dilakukan oleh pihak kepolisian Kebon Jeruk, tersangka memaksa anaknya meminum banyak  air galon dengan menggunakan gelas plastik. Tersangka mencekoki korban dengan posisi menutup hidungnya sehingga korban kesusahan bernafas. Setelah menyadari anaknya kejang-kejang akibat perbuatannya, tersangka membawa anaknya ke rumah sakit Bina Mandiri. Namun, nyawa anak tersebut akhirnya tidak terselamatkan.

Melihat kondisi yang tidak wajar pada kematian korban, pihak rumah sakit melaporkannya ke pihak kepolisian. Kemudian pihak kepolisian melakukan penyidikan terhadap kasus tersebut dan menetapkan ibu korban sebagai tersangka.

Setelah ditelusuri oleh pihak kepolisian, motif dari perilaku kejam tersangka tersebut adalah tekanan psikis dari suaminya. Suami tersangka mengancam akan menceraikan tersangka apabila anaknya ZNL tidak bisa gemuk seperti kembarannya. Memang ZNL merupakan anak kembar dan kembarannya memiliki postur tubuh yang lebih gemuk. Hal inilah yang membuat tersangka merasa tertekan.

Selama ini suami tersangka meminta kepada tersangka untuk tidak membeda-bedakan anaknya. Karena sebelumnya ZNL sempat diasuh oleh mertua tersangka. Mertua tersangka merasa khawatir apabila tersangka tidak sanggup merawat anak kembarnya. Namun, setelah berusia 2 tahun ZNL kembali dirawat oleh ibunya. Tapi sayang sekali nasib ZNL berakhir tragis. Drepesi sang ibu yang disebabkan oleh tekanan suaminya menyebabkan ZNL berpulang dengan cara yang tidak wajar.

Dari kejadian ini kita dapat melihat bahwa suami sangat besar pengaruhnya terhadap kesehatan mental istri dan pengasuhan seorang ibu terhadap anak. Berbagai penelitian pun  telah menunjukkan bahwa dukungan yang positif dari suami kepada istri dapat mempengaruhi perilaku pengasuhan istri terhadap anak-anaknya. Orang tua yang memiliki hubungan yang harmonis membuktikan bahwa mereka lebih cenderung memiliki pola asuh yang baik dan berhasil membentuk kepribadian anak menjadi lebih baik. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa pasangan orang tua yang bahagia memiliki cara yang halus dalam mendisiplinkan anak-anak mereka tanpa memarahi dan memaki.

Sedangkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of East Anglia dan Thomas Coram Research Unit menunjukkan bahwa orang tua yang memiliki ketidakpuasan dengan pasangan cenderung memaki dan memarahi anak-anak mereka sebagai pelampiasan. Sehingga seringkali anak-anak mereka mendapatkan perlakuan buruk yang tidak sepatutnya mereka terima dari orang tuanya.

Telah banyak kasus yang terjadi akibat ibu yang depresi karena memiliki masalah dengan suami hingga akhirnya anaklah yang menjadi korban. Oleh karena itu, sudah sepatutnya suami memberikan dukungan yang positif terhadap istri dalam mengasuh anak. Karena mengasuh anak bukan hanya tugas istri, namun juga merupakan tugas suami. Kunci dari anak dan keluarga yang bahagia adalah ibu yang bahagia. Karena jika ibu bahagia ia akan senang hati melayani suami dan merawat anak-anak mereka dengan baik.

Sumber :

Sumber Gambar :

Ayu Putri

Seorang ibu rumah tangga yang berusaha menjadi bermanfaat untuk sesama.
Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *