Health Mommies News

Artis Sinetron Cecep Reza Meninggal Dunia di Usia 31 Tahun, Diduga Serangan Jantung 

Cecep Reza, seorang aktor yang mulai terkenal saat membawakan peran sebagai Bombom di sinetron Bidadari, kini telah menghadap Sang Maha Pencipta. Cecep Reza ditemukan dalam keadaan sudah tidak bernyawa pada hari Selasa (19/11/2019) saat sang istri, Reta, mencoba membangunkan Cecep dari tidurnya.

“Dikira Reta (Cecep Reza) itu tidur, makanya langsung dibangunin. Ternyata tahu-tahunya enggak ada (sudah meninggal dunia), ya kita syok semua ya, begitu saja,” tutur Tuti, ibu mertua Cecep.

Cecep Reza bermain di Sinetron Bidadari sebagai Bombom

Diketahui, baru satu minggu yang lalu Cecep melakukan operasi pemasangan ring pada jantungnya. Pihak keluarga pun meyakini bahwa pemeran Bombom dalam sinetron Bidadari itu meninggal karena serangan jantung. Cecep Reza akan dimakamkan di TPU Layur, Penggilingan, Jakarta Timur pada Rabu (20/11/2019) pukul 09.00 WIB.

Serangan jantung yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner, kini tak hanya menyerang pada generasi usia lanjut. Penyakit ini bahkan telah menyerang mereka yang masih berada dalam usia produktif. 

Beberapa gejala yang muncul diantaranya adalah nyeri dada. Bagian ini biasanya terasa seperti ditekan atau diremas pada dada sebelah kiri. Selanjutnya adalah rasa tidak nyaman di bagian tubuh atas. Merasakan sakit pada salah satu atau kedua lengan, punggung, bahu, leher, rahang atau bagian atas perut tepatnya di atas pusar. Rasa tidak nyaman tersebut berlangsung lebih dari beberapa menit atau hilang dan kembali lagi. Kadang disertai dengan rasa gelisah dan detak jantung cepat.

Gejala serangan jantung lainnya adalah sesak napas. Biasanya jika ini terjadi maka tubuh akan mengeluarkan keringat dingin, kepala terasa pusing dan tubuh terasa lemas. Pada beberapa orang muncul gejala lainnya seperti batuk, mual, muntah sering terjadi pada wanita.

Penyebab Jantung Koroner

Penyakit ini biasanya disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Selain itu ada juga faktor keturunan dimana ada keluarga yang menderita penyakit jantung.

Pada kondisi jantung koroner, penumpukan plak terbentuk di arteri. Kemudian pada suatu saat plak ini akan robek dan terlepas. Bila robekan atau bongkahan plak yang terlepas ini cukup besar dan terbawa aliran darah ke arteri koroner, plak ini bisa mengakibatkan sumbatan. Arteri koroner membawa oksigen untuk otot-otot jantung. Bila aliran arteri ini tersumbat, oksigen tidak dapat mencapai otot jantung dan otot jantung pun dapat mati bila dibiarkan lama tanpa oksigen.

Pentingnya Pola Hidup Sehat

Serangan jantung bisa dicegah dengan penerapan pola hidup sehat. Pola hidup sehat juga dapat membantu pasien penyakit jantung dalam proses penyembuhan diantaranya adalah :

Pertama, berhenti merokok. Rokok adalah faktor risiko utama penyakit jantung, terutama penyakit jantung koroner.

Kedua, rutin memeriksakan diri. Lakukan pemeriksaan rutin terkait kadar kolesterol, gula darah dan tekanan darah.

Ketiga, latihan atau olahraga rutin. Selain membantu menjaga kesehatan, latihan rutin selama 30-60 menit sehari dapat membantu mengontrol tekanan darah, serta kadar kolesterol dan gula darah.

Penerapan pola hidup sehat dengan perbanyak makan sayur dan buah.

Keempat, konsumsi makanan sehat. Perbanyak konsumsi buah, sayuran, gandum, dan lemak omega 3. Selain itu, batasi konsumsi daging merah, serta hindari makanan tinggi gula, lemak, kolesterol dan garam.

Kelima, jaga berat badan ideal. Berat badan berlebih atau obesitas, dapat meningkatkan risiko terserang penyakit jantung.

Keenam, kelola stres dengan baik. Stres dalam jangka panjang dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Oleh karena itu, sebisa mungkin kurangi stres dengan menjalani aktivitas fisik. Sebagai contoh, lakukan latihan yang melibatkan teknik pernapasan dan relaksasi otot, seperti yoga. Konsultasikan dengan dokter bila Anda sering merasa bingung, tertekan dan marah tiap kali menghadapi masalah.

Terakhir, menjaga kebersihan tubuh. Rutin mencuci tangan, menyikat gigi,dan hindari kontak dengan orang yang sedang terserang penyakit infeksi seperti flu. Dengan menerapkan pola hidup sehat, kita bisa terhindar dari penyakit jantung koroner yang bisa menyebabkan serangan jantung.

 

Sumber :

https://www.alodokter.com/penyakit-jantung/pencegahan

 

https://www.tribunnews.com/seleb/2019/11/19/cecep-reza-bombom-meninggal-dunia-sempat-pamit-pasang-ring-jantung

 

https://www.google.com/amp/s/m.kapanlagi.com/amp/showbiz/selebriti/kabar-duka-cecep-reza-bombom-meninggal-dunia-di-usia-31-tahun-c079d8.html

 

https://www.google.com/amp/s/kaltim.tribunnews.com/amp/2019/11/19/penyebab-cecep-reza-meninggal-dunia-pemeran-bombom-di-sinetron-bidadari-sempat-lakukan-hal-ini

https://www.kupastuntas.co/2018/01/26/8-makanan-sehat-untuk-jantung/

Aprilia Tika

Seorang ibu dari tiga anak yang menyukai dunia kepenulisan dan kerja sosial. Selain bertugas menjadi pendamping hidup seorang prajurit abdi negara, beberapa tahun terakhir ini ia pun mulai mengabdikan diri dengan berkontribusi di berbagai komunitas dan organisasi. Motto hidupnya selama ini adalah 'Never put off till tomorrow what you can do today'
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *