Mommies Daily

Antisipasi Kerusuhan Demo, Berikut 5 Hal yang Wajib Anda Lakukan

Maraknya demonstrasi mahasiswa di berbagai kota besar di Indonesia akhir-akhir ini memang membuat was-was berbagai pihak. Tak terkecuali para ibu, baik yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga maupun ibu yang bekerja di luar rumah. Kecemasan mengingat anggota keluarga di rumah atau di kantor tentu menjadi beban tersendiri.

Nah, supaya mommies bisa selalu siaga dalam keadaan genting ini, berikut Mommiesharing berikan lima tips yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kondisi darurat.

1. Simpan nomor penting
Hal pertama yang harus mommies lakukan untuk mengantisipasi kondisi darurat adalah menyimpan nomor penting. Nomor-nomor yang disimpan bukan hanya nomor dari keluarga inti maupun saudara saja, tapi juga nomor pelayanan publik seperti PLN, PDAM, kepolisian, hingga pemadam kebakaran. Menyimpan nomor pelayanan publik di kala genting jadi hal yang sangat krusial untuk mengantisipasi kejadian tak terduga selama masa demonstrasi.

2. Simpan ASIP dengan aman
Bagi mommies yang bekerja, pastikan untuk menyimpan ASIP di tempat yang aman, terutama dalam perjalanan pulang kantor menuju ke rumah. Hal ini disebabkan beberapa ruas jalan di tempat demonstrasi pasti akan ditutup dan dialihkan, sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan. Karena itu penting bagi mommies untuk mengetahui cara penyimpanan ASIP yang baik agar tetap awet bila waktu tempuh untuk pulang ke rumah semakin lama karena terjadi kemacetan.

3. Hindari jalan protokol
Bila memungkinkan, saat harus keluar rumah hindari dulu jalan protokol yang menjadi lokasi terdampak demonstrasi. Hal ini dilakukan supaya mommies dan keluarga bisa tetap aman dan mencegah terkena dampak yang tidak diinginkan.

4. Pantau update berita terbaru
Pada waktu demonstrasi seperti ini penting bagi mommies untuk memantau berita terbaru. Bukan hanya membantu mommies mendapatkan informasi mengenai kondisi terkini, tapi juga memberikan informasi mengenai lokasi dan jalan yang berpotensi terdampak demonstrasi dan sebaiknya dihindari.

5. Jaga komunikasi
Hal terakhir yang paling penting untuk mommies lakukan selama masa demonstrasi ini adalah terus menjaga komunikasi dengan keluarga, baik di rumah maupun luar rumah. Diskusikan dengan suami untuk selalu berkabar mengenai kondisi masing-masing, dan memberitahu bila akan pulang atau pergi dari kantor. Jangan lupa juga simpan nomor kolega yang bisa dihubungi bila salah satu tidak bisa dikontak.

Nah, itulah lima hal yang bisa mommies lakukan untuk bersiaga menghadapi kondisi darurat semasa demonstrasi ini. Karena bagaimanapun juga, sudah menjadi tanggung jawab seorang ibu untuk memastikan seluruh keluarganya baik-baik saja, dalam segala kondisi dan situasi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *