Mommies Daily Mommies News Parenting

Anak Menangis Sebab Ibu Kepergok Selingkuh : Inilah 5 Dampak Perselingkuhan pada Psikologis Anak

Hai Mommies…

Pemberitaan mengenai kasus perselingkuhan sepertinya masih marak terjadi. Seperti pemberitaan yang sedang viral saat ini yaitu beredarnya video seorang wanita yang histeris karena ketahuan berselingkuh.

Berdasarkan penelusuran dari Tribunnews.com (28/9/2019), kejadian tersebut terjadi di Tulungagung, Jawa Timur. Wanita yang dipaksa masuk ke dalam mobil oleh beberapa laki-laki yang diduga keluarganya tersebut berteriak histeris. Wanita tersebut dipergoki tengah menemui selingkuhannya. Ternyata mereka adalah pasangan selingkuh lama yang kini bertemu kembali. Pasangan tersebut sebelumnya juga sempat kepergok sedang berselingkuh tetapi suami masih mau memaafkan, namun ternyata hubungan mereka masih berlanjut hingga sekarang.

Yang membuat hati terenyuh yaitu ketika sang anak menangis dan memanggil “ibu..ibu…”. Anak yang tak berdosa tersebut tentu merasa sedih melihat kejadian yang dialami oleh orang tuanya. Bagaimanapun juga, akhirnya anak mendapatkan dampak dari perilaku ibunya.

Sedih ya Mommies mendengar berita yang seperti itu jika melihat kondisi sang anak. Kasus perselingkuhan yang terungkap secara tidak langsung akan memberikan dampak yang buruk pada psikologis anak.

Menurut Ana Nogales, seorang psikolog klinis sekaligus penulis buku perselingkuhan menjelaskan bahwa  terdapat  beberapa dampak psikologis yang diterima anak ketika orang tua berselingkuh.

  1. Anak sulit percaya dengan orang lain

Anak yang mendapati orang tuanya berselingkuh akan kehilangan kepercayaan terhadap orang lain. Anak akan memiliki anggapan bahwa orang yang mereka cintai pun dapat menyakitinya. Hal tersebut dikhawatirkan akan membuat anak tidak mempercayai komitmen pernikahan ketika dewasa nanti.

  1. Anak mengalami beban mental

Ketika anak mengetahui perselingkuhan salah satu orang tuanya dan menyuruh mereka untuk merahasiakannya akan menimbulkan beban mental pada diri anak. Rasa bersalah pada keluarga dapat memicu depresi dan menimbulkan kecemasan pada anak.

  1. Anak kesusahan untuk belajar tentang mencintai

Anak yang mengetahui kasus perselingkuhan di keluarganya akan kesusahan untuk memahami bagaimana cara mencintai yang benar. Mereka bisa jadi beranggapan bahwa pernikah bukanlah sesuatu yang sakral dan kesetiaan bukanlah hal yang penting.

  1. Menimbulkan rasa benci kepada orang tua

Anak akan merasa dicurangi oleh orang tua yang berselingkuh. Hal tersebut menyebabkan emosi anak menjadi terbelah antara merasa benci namun juga merindukan kebersamaan dari keluarga.

  1. Anak mengalami gangguan perilaku

Perasaan sedih, bingung dan marah dalam menghadapi orang tua yang berselingkuh, memungkinkan anak untuk melakukan pelampiasan dari rasa sakit yang diterimanya. Anak bisa jadi akan melakukan aktivitas yang dapat membahayakan dirinya untuk mengalihkan rasa sedih mereka.

Mommies, ternyata berat sekali ya dampak psikologis yang diterima oleh anak dari perselingkuhan orang tuanya. Semoga keluarga kita dijauhkan dari kasus yang dapat merobohkan bahtera rumah tangga yang kita bangun ya Mommies.

Sumber :

Sumber Gambar:

Sumber Video :

  • https://www.youtube.com/watch?v=QcSKq4xm3iU

Ayu Putri

Seorang ibu rumah tangga yang berusaha menjadi bermanfaat untuk sesama.
Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *