Parenting

Tips Agar Anak Tetap Bugar Saat Berpuasa

 

Alhamdulillah..

Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Seluruh umat muslim menyambutnya dengan penuh kebahagiaan dan suka cita. Ramadhan adalah bulan suci dimana kita diwajibkan menahan lapar dan dahaga juga amarah selama satu bulan penuh. Untuk menjalaninya, diperlukan tubuh yang sehat dan bugar agar nikmat dan hikmah puasa bisa kita rasakan secara optimal. Biasanya nih, hari-hari terakhir menjelang puasa kayak gini, para moms udah ribet mempersiapkan bahan-bahan makanan dan bikin jadwal menu sahur dan berbuka puasa. Good Job moms..!!

Nah, ada lagi nih yang tak kalah penting moms yaitu mempersiapkan fisik dan mental sang buah hati dalam menjalankan ibadah puasa.

Kebahagiaan Ramadhan yang sudah ditunggu-tunggu umat muslim juga memberikan pengalaman tersendiri bagi anak. Dari mulai semangat ingin ikut berpuasa, selalu ingin terlibat saat sahur dan berbuka, dan masih banyak lagi kegiatan spesial lainnya. Membiasakan anak-anak untuk ikut berpuasa sangat disarankan. Karena ia akan memahami makna puasa sedari kecil dan menjalankannya sebagai kewajiban umat Muslim sampai usianya dewasa nanti.

Berikut ini adalah beberapa tips agar anak tetap bugar selama menjalani ibadah puasa seperti yang dilansir dari MeetDoctor.com :

• Saat sahur, pilihlah makanan yang kaya akan serat, seperti buah dan sayur-sayuran. Tak hanya itu, anak juga membutuhkan makanan yang memiliki indeks glikemik rendah. Makanan jenis ini dapat mempertahankan kadar gula darah stabil lebih lama dalam darah. Sebut saja, karbohidrat kompleks seperti beras merah, roti gandum, kacang-kacangan, buah dan sayuran.

• Biasakan anak minum air putih mencukupi kebutuhan mineral sesuai usianya. Hal ini bertujuan untuk terhindar dari dehidrasi. Sebisa mungkin akhiri sahur dengan minum air hangat supaya tidak mudah haus.

• Saat sahur, usahakan agar anak tidak makan berlebihan agar ia tidak kembung dan terlalu kenyang.

• Hindari makanan pedas dan minuman bersoda sebab bisa menaikkan kadar asam lambung dan menyebabkan sakit maag. Moms juga sebaiknya melarang anak tidak mengonsumsi makanan yang terlalu asin dan mengandung bumbu penyedap rasa karena dapat meningkatkan rasa haus.

• Saat berbuka puasa, awali dengan makanan manis dengan porsi yang pas supaya proses berkurangnya glukosa saat puasa bisa terpenuhi. Misalnya, sebutir kurma atau teh manis hangat.

Demikian beberapa tips agar anak bisa tetap bugar menjalani ibadah puasa. Jangan lupa moms untuk tetap menyemangati sang buah hatinya ya.. Bolehlah moms berikan reward jika anak mampu berpuasa sebulan penuh tapi jangan dipaksakan jika sang anak belum mencapai usia baligh.
Semoga bermanfaat. Terimakasih.

 

Sumber :

meetdoctor.com

fimela.com

Aprilia Tika Primasanti

Aprilia Tika Primasanti

Seorang ibu yang bersemangat belajar untuk menjadikan hidupnya bahagia dengan membersamai keluarga dan semaksimal mungkin ingin bermanfaat dan membawa perubahan menuju lebih baik.

Related Posts