Parenting

Tips Agar Anak Bersemangat Bangun Sahur

Mengajari anak berpuasa sejak dini ialah hal yang perlu kita lakukan ya moms. Selain mempelajari dan mengaplikasikan langsung salah satu rukun Islam, puasa juga melatih fisiknya agar tetap sehat. Yang harus kita ingat adalah jangan pernah memaksa anak harus penuh puasanya, akan tetapi kita sebagai orangtua, kita wajib memotivasi dan memberikan semangat positif kepada si buah hati.

Buatlah kegiatan ibadah puasa ini menjadi hal yang menyenangkan bagi anak misalnya seru-seruan bikin takjil bersama, sholat tarawih di masjid-masjid yang belum pernah ia kunjungi (safari masjid), tadarus atau mengaji bersama teman-teman di surau dan banyak lagi kegiatan asyik lainnya.

Eits, tapi giliran momen sahur biasanya anak-anak susah banget dibangunin alias masih males-malesan nih.

Nah, berikut ini ada beberapa tips agar anak bisa melaksanakan kegiatan sahur dengan penuh semangat dan menyenangkan, diantaranya adalah

1. Tidur Lebih Awal
Ajaklah ia untuk tidur lebih awal supaya tubuhnya lebih fit dan segar saat dibangunkan untuk sahur.

2. Ajari Tentang Keutamaan Sahur
Sampaikan padanya tentang hal-hal utama dari kegiatan sahur dengan bahasa yang mudah ia pahami. Misalnya, “jika kita sahur maka kita dapat banyak pahala.”, “sahur bisa bikin kita tambah sehat lho” dan lain sebagainya.

3. Hidangkan Menu Favorit Anak
Supaya anak tambah semangat dan bergairah, penting nih moms untuk menyiapkan menu kesukaannya. Kita bisa menyusun daftar menu sahur dan berkreasi dengan makanan kesukaannya lengkap dengan nutrisi dan gizi seimbang.

4. Beri Apresiasi dan Reward
Saat anak berhasil menjalani tantangan sahur dengan baik dan penuh semangat, pujilah ia. Bila perlu, beri ia reward atau hadiah atas perjuangannya melawan malas dan kantuk yang melanda saat sahur.

Semoga bermanfaat.
Terimakasih.

Sumber :
m.fimela.com

Aprilia Tika Primasanti

Aprilia Tika Primasanti

Seorang ibu yang bersemangat belajar untuk menjadikan hidupnya bahagia dengan membersamai keluarga dan semaksimal mungkin ingin bermanfaat dan membawa perubahan menuju lebih baik.

Related Posts