Mommies Creative

9 Ide Bermain dengan Sedotan

Bermain sudah fitrahnya anak-anak, terlebih lagi untuk anak usia di bawah 7 tahun. Untuk bermain, anak sebenarnya tidak membutuhkan mainan mahal atau jalan-jalan ke wahana hiburan yang merogoh kocek besar. Dengan permainan sederhana pun, anak dapat merasa bahagia. Bisa dikatakan, anak-anak dapat bahagia hanya dengan hal yang ‘receh’. Yang anak butuhkan hanya waktu moms untuk menemaninya bermain, maka bermain di rumah pun tidak masalah baginya.

Bermain di rumah tidak selamanya membosankan lho, moms. Moms bisa ciptakan suasana yang hangat dan menyenangkan dengan permainan sederhana, namun sarat akan edukasi. Medianya pun tidak perlu yang sulit, cukup dengan benda-benda yang biasa ditemui atau memang selalu tersedia di rumah.

Kali ini mommiesharing akan merangkum ide bermain dengan menggunakan sedotan. Kenapa sedotan?
Yes! Karena mudah didapat, harganya murah, dan banyak yang dapat dikreasikan dengan sedotan. Selain itu, sedotan bisa digunakan berulang kali dengan permainan yang berbeda.

1. Meronce

Moms bisa gunakan sedotan yang sudah digunting dan seutas tali. Instruksikan anak untuk memasukan tali ke dalam sedotan. Bukan hal yang mudah untuk anak karena ia harus belajar fokus untuk memasukan tali ke dalam lubang sedotan dan mengontrol tekanan jari terhadap sedotan agar lubang sedotan tidak menyempit secara bersamaan. Kegiatan meronce dapat melatih daya konsentrasi anak, kesabaran serta untuk stimulasi motoriknya.

2. Belajar berhitung

Selain untuk meronce, sedotan juga dapat digunakan sebagai alat hitung lho, moms. Moms bisa gunakan gelas atau bagian tengah tisu gulung sebagai wadahnya. Tulislah angka pada wadah tersebut. Kemudian instruksikan anak memasukan sedotan ke dalam wadah tersebut sesuai dengan angka yang tertera pada wadah.

3. Mengenal konsep Panjang-Pendek

Moms bisa siapkan berbagai ukuran sedotan untuk mengenalkan konsep panjang-pendek. Tunjukkan ke anak yang mana sedotan pendek dan yang mana sedotan panjang. Kemudian moms bisa menguji pemahaman anak dengan menunjukkan 2-3 sedotan dengan ukuran yang berbeda. Instruksikan anak untuk menunjuk sedotan mana yang paling panjang atau paling pendek. Selanjutnya, moms bisa instruksikan anak untuk mengurutkan sedotan berdasarkan ukurannya.

4. Menyortir warna

Sedotan yang sering kita temui memiliki banyak sekali variasi warna. Moms, bisa manfaatkansedotan warna-warni untuk mengasah sensorik halus anak, kordinasi tangan dan mata serta kemampuan kognitifnya. Salah satunya adalah dengan belajar menyortir warna. Contoh sederhananya, moms bisa menggunakan gelas yang dibungkus dengan kertas origami yang berbeda-beda warnanya. Kemudian, instruksikan anak untuk memasukan sedotan ke dalam gelas berdasarkan kesamaan warnanya.

5. Belajar meniup

Mungkin sedotan sudah dikenal oleh anak sebagai alat hisap. Yuk kita kenalkan meniup dengan menggunakan sedotan karena meniup sangat penting untuk menstimulasi pernafasan, gerak bibir, dan kekuatan otot pipi anak. Meniup tampak sangat mudah bagi orang dewasa, namun tidak untuk balita. Butuh waktu agar anak benar-benar mampu untuk meniup dengan benar. Untuk belajar meniup, moms bisa menggunakan benda lain yg ringan seperti pompom, bola pingpong atau bulu sebagai media. Kemudian instruksikan anak untuk meniup dengan sedotan hingga membuat benda tersebut terbang atau berpindah. Sebelum moms menginstruksikan, sebaiknya contohkan terlebih dahulu ya moms 😊

6. Membuat menara sedotan

Sebelum mulai, moms bisa siapkan sedotan yang sudah digunting, spons dan tusuk gigi sebagai alat bantu. Tancapkan tusuk gigi di atas spons kemudian moms instruksikan anak untuk menumpuk sedotan dengan bantuan tusuk gigi tersebut.

7. Memperkenalkan beragam bentuk

Untuk memperkenalkan bentuk, moms bisa print atau menggambar beberapa bentuk geometri pada selembar kertas. Kemudian instruksikan anak meniru salah satu bentuk yang ada pada gambar dengan menggunakan sedotan.

8. Membuat rantai sedotan

Sebelum memulai, moms bisa menggunting sedikit di salah satu ujung sedotan dengan cara sejajar. Kemudian moms bisa instruksikan anak untuk menggabungkan 3-4 sedotan menjadi satu dengan cara memasukan ujung sedotan satu ke sedotan lainnya. Lakukan hal yang sama hingga menghasilkan rantai sedotan.

9. Membuat kembang api

Untuk membuat kembang api moms bisa siapkan pewarna makanan sebagai cat warnanya dan kertas sebagai media. Gabungkan 6-7 sedotan dengan karet atau selotip hingga terbentuk seperti bunga. Kemudian instruksikan anak untuk mencelupkan sedotan ke wadah cat dan mencapnya di atas kertas. Ajarkan pula anak untuk memutar sedotannya agar kembang api yang terbentuk tampak lebih dramatis.

Perlu diingat, bahwa sedotan berbahan plastik ini bisa digunakan berulang untuk bermain ya, moms. Usahakan, jangan langsung dibuang. Tetap kreasikan sisa sedotan yang ada untuk ide bermain yang lainnya agar meminimalisasi sampah plastik rumah tangga😉

Miranti Verdiana Ranu Muindro

Miranti Verdiana Ranu Muindro

Hello, I’m Mira and I’m One Happy Housewife! Allah has blessed me with an amazing husband and a wonderful son. I am half Javanese and half Sundanese. I love writing, organizing, home decorating, playing with my son, and planning out and making lists for everything! I am lucky enough to be a housewife and stay-at-home mom and do what I love everyday.

Related Posts