Mommies Info

8 Tips Mengurangi Kecemasan Menghadapi Pandemi Covid-19

8 Tips Mengurangi Kecemasan Menghadapi Pandemi Covid-19 – Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi di berbagai negara hingga kini belum kunjung berhenti. Hal ini mengakibatkan banyak sekali dampak negatif pada manusia. Merosotnya perekonomian, berubahnya pola hidup hingga gangguan kesehatan jiwa pun kini mulai dirasakan oleh beberapa kalangan masyarakat.

 

Salah satu gangguan kesehatan jiwa ringan yang banyak dialami oleh banyak masyarakat pada saat ini yaitu gangguang kecemasan. Kecemasan merupakan suatu keadaan emosional yang dirasakan oleh individu sebagai reaksi antisipasi atas keadaan yang tidak menyenangkan. Kecemasan biasanya dapat hilang dengan sendirinya ketika suatu hal yang membuatnya khawatir hilang (Sutejo. 2018).

 

Kecemasan dapat muncul karena dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya yaitu adanya tuntutan, persaingan dan juga bencana yang dialami oleh kehidupan. Di mana pada saat ini kita sedang dihadapkan dengan bencana pandemi Covid-19.

Kecemasan terhadap pandemi covid-19

Gejala-gejala yang dapat mengindikasi bahwa Anda pada saat ini mengalami kecemasan terhadap Covid-19 yaitu:

 

  • Keluar rumah menggunakan Alat Perlindungan Diri (APD) yang berlebihan.
  • Melakukan panic-buying
  • Timbulnya gejala mirip Corona, yaitu merasa batuk-batuk, demam, sakit tenggorokan, sesak nafas bila bertemu banyak orang. Namun, gejala tersebut tidak bertahan lama.
  • Takut keluar rumah
  • Menelfon anggota keluarga yang berada di luar rumah agar segera pulang secara terus menerus.

 

Baca juga : 5 Tips Tetap Sehat Jiwa di Tengah Pandemi Covid-19

Jika Anda mengalami satu atau bahkan semua  gejala kecemasan di atas, maka Anda dapat mengikuti tips-tips berikut untuk mengurangi kecemasan yang sedang Anda alami dalam mengahadapi pandemi Covid-19:

1. Meningkatkan religiusitas

Bukanlah rahasia lagi apabila dengan mendekatkan diri kita kepada Tuhan dapat membuat hati kita menjadi tenang. Lebih tingkatkan ibadah Anda dan berharap pertolongan dari Yang Maha Kuasa.

 

2. Menerima kenyataan yang sedang dihadapi

Menerima realita bahwa pandemi Covid-19 ini memang sedang kita alami dan kitalah yang memang harus bertanggung jawab melawannya. Perasaan menerima akan dapat membuat kita bangkit dan berpikir pada solusi sehingga perilaku kita akan berubah dan menekan rasa cemas.

 

3. Temukan hal-hal positif yang dapat dilakukan

Temukanlah kegiatan-kegitan positif yang dapat mengalihkan pikiran Anda dari Corona. Seperti melakukan hobi Anda jika memang dapat dilakukan di rumah. Dengan melakukan hal-hal yang membuat Anda senang dapat bermanfaat untuk mengurangi kecemasan.

 

4. Berfokuslah pada apa yang bisa Anda kendalikan

Jika seseorang hanya berfokus pada titik kesulitan maka kecemasanlah yang akan muncul karena pikiran kita terfokus pada suatu hal yang tidak dapat diselesaikan. Oleh karena itu, mulailah berfokus pada apa yang dapat Anda kendalikan saja.

5. Membatasi informasi yang dapat menyebabkan kecemasan

Mulai bijaklah memilah bacaan dan informasi yang Anda terima. Kurangilah membaca dan mendengarkan informasi yang dapat membuat Anda cemas. Mendapatkan berita mengenai Covid-19 memanglah penting, namun membatasi informasi juga cukup penting untuk mengurangi kecemasan yang Anda rasakan. .

 

6. Membuat gratitude list harian

Mencatat hal-hal positif yang dapat kita syukuri pada hari ini adalah salah satu cara untuk mengalihkan pikiran kita dari kepanatan pikiran yang menyebabkan kecemasan. Temukanlah hal-hal yang masih patut Anda syukuri pada saat ini.

 

7. Bercerita kepada keluarga atau teman mengenai apa yang dirasakan

Menceritakan perasaan yang sedang Anda rasakan dapat membuat hati Anda lebih lega. Beban yang Anda pendam sendirian selama ini akhirnya dapat tersalurkan dengan bercerita.

 

8. Melakukan relaksasi

Cobalah untuk melakulan relaksasi. Caranya sangat mudah yaitu ambilah posisi ternyaman Anda, bisa dengan duduk dan menyilangkan kedua kaki kemudian aturlah pernapasan Anda. Mulai dengan tarik nafas perlahan, tahan sebentar dan kemudian hembuskan melalui mulut secara perlahan. Ulangilah proses ini minimal 3 kali hingga Anda merasa lebih tenang.

 

Jika keluhan kecemasan Anda terasa berat hingga mengganggu aktivitas sehari-hari dan terus berlanjut hingga lebih dari 2 minggu, sebaiknya Anda meminta bantuan kepada profesional yaitu psikolog atau psikiater untuk membantu mengurangi kecemasan Anda. Tetaplah bersemangat dan yakin bahwa pandemi Covid-19 ini pasti berlalu.

 

 

Sumber :

 

Sumber Gambar :

 

Ayu Putri

Seorang ibu rumah tangga yang berusaha menjadi bermanfaat untuk sesama.
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *