Health Lifestyle

8 Hal yang Perlu Disiapkan Ibu untuk Menghadapi New Normal

Covid-19 telah mengubah cara hidup kita. Mau tidak mau kita harus menjadi manusia yang waspada menjaga kesehatan dan menjaga jarak dengan orang lain. Segala upaya telah kita lakukan untuk melawan Covid-19. Sudah 3 bulan lebih kita berusaha untuk mematuhi protokol kesehatan namun sepertinya pandemi masih belum berlalu di negeri ini. Namun, baru-baru ini pemerintah telah membuat keputusan bahwa sebentar lagi kita akan hidup di era baru yaitu era new normal. Oleh karena itu kita perlu persiapan untuk menghadapi new normal ini.

 

Dikutip dari Kompas.com (18/5/2020) Achmad Yurianto sebagai Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 menjelaskan bahwa new normal merupakan sebuah tatanan kehidupan baru dengan terjadinya perubahan budaya yang menitik beratkan pada pola hidup sehat, seperti menggunakan masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak, dll.

hal yang perlu disiapkan ibu untuk menghadapi new normal

Di era new normal nanti pemerintah mengharapkan masyarakat dapat hidup berdampingan dengan Covid-19. Tujuan pemerintah sendiri menetapkan new normal yaitu agar masyarakat dapat kembali produktif. Oleh karena itu, pemerintah berusaha menyiapkan tatanan kehidupan baru agar masyarakat dapat kembali hidup secara normal.

 

Baca juga : 8 Tips Mengurangi Kecemasan Menghadapi Pandemi Covid-19

 

Namun, apa yang perlu kita siapkan sebagai Ibu untuk menghadapi new normal

 

Karena pada era new nomal kantor-kantor akan kembali aktif seperti sedia kala. Anak-anak juga mungkin akan kembali belajar di sekolah. Namun, virus Covid-19 masih tetap ada dan membuat kita cemas. Oleh karena itu, Mommiesharing.com merangkum beberapa hal yang perlu disiapkan ibu untuk berusaha melindungi anggota keluarga agar tidak tertular Covid-19 di era new normal.

 

  1. Alat Perlindungan Diri

 

Alat Perlindungan Diri (APD) tentu kini menjadi hal wajib untuk kita kenakan ketika berada di luar rumah. Masker adalah APD yang paling utama menjadi hal yang perlu disiapkan ibu untuk menghadapi new normal. Ibu perlu membuat persediaan masker yang cukup untuk seluruh anggota keluarga. Selain masker APD tambahan yang perlu dikenakan yaitu face shield.

 

  1. Tisu basah/ tisu kering dan hand sanitizer

 

Ketika berada di tempat umum Anda akan memerlukan ini. Misalkan saja Anda harus membuka pintu, memencet tombol lift atau menggunakan ATM. Tentu benda-benda tersebut merupakan benda yang banyak disentuh oleh orang lain juga. Untuk menghindari penularan virus melalui benda-benda tersebut Anda dapat menyentuh benda-benda tersebut dengan melapisi telapak tangan Anda dengan tisu. Namun, jangan lupa membuang bekas tisu tersebut di tempat sampah.

 

Hand sanitizer juga barang yang perlu disiapkan untuk di bawa ketika beraktivitas di luar rumah. Ketika tidak menemukan air dan sabun untuk mencuci tangan kita dapat menggunakan hand sanitizer sebagai alternatif.

 

  1. Suplemen dan multivitamin untuk menjaga kekebalan tubuh

 

Suplemen dan multivitamin kini wajib masuk ke dalam daftar belanja Ibu. Suplememen dan multivitamin wajib tersedia di rumah untuk dikonsumsi oleh anggota keluarga. Kita perlu mengonsumsi suplemen makanan dan multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh kita dan anggota keluarga agar tidak mudah tertular virus.

  1. Bekal makanan dari rumah

 

Membawa bekal dari rumah saat ini mungkin akan jauh lebih baik dari pada harus mengantri untuk membeli makanan yang tentunya membuat kita berada dalam kumpulan beberapa orang. Selain itu, dengan membekali suami dan anak-anak dengan makanan yang kita bawakan dapat mengontrol anggota keluarga kita dari mengonsumsi makanan yang kurang sehat ataupun kurang higienis.

  1. Alat makan pribadi

 

Jika tidak dapat membawakan bekal dari rumah, maka Mommies perlu menyiapkan alat makan pribadi untuk dibawa oleh anggota keluarga yang akan keluar rumah, yang memungkinkan mereka untuk membeli makan di luar. Alat makan pribadi yang perlu Mommies siapkan yaitu sendok, garpu dan sedotan steinlis. Alat makan tersebut sebaiknya Mommies kemas dalam wadah yang praktis agar mudah dibawa.

 

  1. Peralatan ibadah

 

Peralatan ibadah juga menjadi hal yang perlu disiapkan Ibu untuk menghadapi new normal. Mungkin selama ini ketika berada di tempat kerja atau di tempat umum, Anda terbiasa memakai peralatan ibadah seperti mukena yang disediakan oleh fasilitas umum tersebut. Di era new normal ini, tentunya Mommies perlu untuk membawa sendiri perlatan tersebut untuk mencegah tertular dari virus karena pemakaian bersama.

 

  1. Helm dan jaket

 

Jika Mommies dan anggota keluarga yang lain terbiasa menggunakan jasa tukang ojek atau jasa antar jemput anak sekolah yang menggunakan sepeda motor, maka Mommies wajib menyediakan helm pribadi dan jaket untuk mencegah penularan virus karena pemakaian bersama.

 

Dengan menyiapakn hal-hal di atas, dapat menjadi usaha kita untuk menjaga diri agar tidak tertular Covid-19 di era  new normal. Bagaimana Mommies, dari 8 hal di atas apa saja yang sudah Mommies siapkan?.

 

Sumber :

Sumber Gambar :

Ayu Putri

Seorang ibu rumah tangga yang berusaha menjadi bermanfaat untuk sesama.
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *