Lifestyle Mommies Info

7 Tahap Bijak Kelola THR

Menjelang hari raya, cairnya THR pasti jadi momen yang dinanti-nanti. Moms sudah punya barang incaran untuk dibeli? Eits…tunggu dulu. Agar THR tidak habis begitu saja, moms perlu bijak dalam pemakaiannya.

Kali ini Mommiesharing akan berbagi tips agar THR dapat dialokasikan dan dianggarkan dengan tepat. Ada beberapa poin yang harus moms perhatikan dalam mengelola THR. Berikut tahap-tahap yang Mommiesharing rekomendasikan :

1. Kebutuhan Hari Raya

Jika dari namanya ‘Tunjangan Hari Raya’, maka utamakan pemakaian THR untuk kebutuhan hari raya. Sebelum moms menggunakannya untuk membeli kebutuhan hari raya sebaiknya moms membuat daftar kebutuhan hari raya terlebih dahulu, seperti zakat fitrah, masak hidangan hari raya, baju baru, tiket mudik, dana untuk berbagi dengan sanak saudara, dan lain sebagainya. Kemudian buatlah kategori di setiap poin yang telah terdaftar, seperti kebutuhan penting -mendesak, kebutuhan tidak penting-mendesak, kebutuhan penting-tidak mendesak, dan kebutuhan tidak penting-tidak mendesak. Akan tetapi, usahakan kebutuhan hari raya ini tidak menghabiskan lebih dari 70% THR ya, moms karena masih banyak pos berikutnya harus diisi 😉

2. Membayar Hutang

Jika moms memiliki hutang, inilah saatnya untuk melunasi hutang moms. Jangan tunda lunasi hutang agar hidup bisa lebih tenang. Finansial keluarga pun akan lebih sehat tanpa hutang.

3. Zakat/Infaq/Sodaqoh

Poin ketiga ini sering kali terlewatkan. Jika dana THR masih lebih, gunakanlah untuk berzakat/infaq/sodaqoh karena sejatinya rezeki yang kita terima sebagian adalah milik mereka yang tidak mampu.

4. Tabungan/Investasi

Meskipun THR dibagikan untuk pendanaan kebutuhan hari raya, bukan berarti dihabiskan untuk kebutuhan hari raya. Moms harus memanfaatkan setidaknya 20% dari THR untuk menambah pundi-pundi moms atau berinvestasi

5. Kebutuhan Idul Adha

Hari raya yang jatuh beberapa bulan setelah hari raya idul fitri ini tidak lagi mendapat pendanaan THR. Untuk itu, moms perlu bijak membagi uang THR yang cair sebelum hari raya idul fitri untuk kebutuhan di hari raya idul adha, seperti untuk berqurban, masak hidangan hari raya, open house, kunjungan ke rumah kerabat, dan lain sebagainya.

6. Dana Darurat

Jika moms tidak memiliki hutang, maka beban moms lebih ringan dan moms bisa gunakan lebiha  dana tersebut untuk disimpan sebagai dana darurat. Dana darurat ini hanya dapat digunakan jika memang dalam keadaan yang darurat atau genting, misalnya untuk biaya perbaikan kendaraan yang kecelakaan atau mogok, orang tua/saudara meninggal dunia yang harus mengeluarkan dana ekstra untuk mobil jenazah dan pemakaman, biaya berobat untuk anggota keluarga yang sakit, dan lain sebagainya.

7. Liburan

Apabila semua pos di atas telah terisi dan THR masih bersisa, saatnya melepas lelah dan menikmati hasil kerja keras moms dan dads selama setahun. Yup…moms bisa alokasikan sana tersebut untuk berlibur. Yeay!

Jika moms dapat mengalokasikan dana THR sesuai dengan tahapan di atas, artinya moms sudah peduli terhadap masa depan finansial keluarga moms. Mulai sekarang, yuk kencangkan ikat pinggang dan kelola keuangan dengan sebaik-baiknya sebagai antisipasi perekonomian yang tak kunjung pulih. Ketahui dan pahami prioritas keluarga. Dan mulailah berinvestasi demi masa depan yang lebih cerah. Ingin masa tua yang tenang dan bahagia kan?!😉

Miranti Verdiana Ranu Muindro

Miranti Verdiana Ranu Muindro

Hello, I’m Mira and I’m One Happy Housewife! Allah has blessed me with an amazing husband and a wonderful son. I am half Javanese and half Sundanese. I love writing, organizing, home decorating, playing with my son, and planning out and making lists for everything! I am lucky enough to be a housewife and stay-at-home mom and do what I love everyday.

Related Posts