Kehamilan

7 Cara Mengatasi Keluhan Pasca Melahirkan

Bagi para ibu yang baru melahirkan anak pertamanya mungkin terkadang bingung ya dengan perubahan yang terjadi pada dirinya. Keluhan-keluhan yang muncul pasca melahirkan ini tak jarang membuat khawatir. Berikut beberapa keluhan yang biasanya menjangkiti para kawula mamud:

  1. Perut buncit

Ini nih keluhan yang pasti dihadapi dan merusak keindahan perut ibu baru. Rahim yang mengembang perlahan selama 9 bulan ternyata juga membutuhkan waktu yang hampir sama untuk kembali kempis moms. Etapiii, kempisnya bisa lebih cepat jika berat badan ibu selama hamil kurang dari 13 kg.

Kalo orang dulu bilang suruh pake gurita sama stagen biar kempis perutnya. Tapi ternyata pemakaiannya gak baik loh buat ibu nifas. Sebab, bisa menekan rahim dan menghalangi keluarnya darah. Kalo dipake gak terlalu rapet sih oke-oke aja kok. Entar dirapetin pas udah selesai nifas ya. Sebenernya pemakaiannya gak ngaruh banyak juga sih karena bersifat pasif. Enak aja pakenya bikin lemak perut gak gerak-gerak disko hehehe. Fungsi stagen juga bisa membantu postur tubuh yaitu tulang belakang jadi lebih tegak. Siiip lah.

Temen saya nih pake stagen selama 2 bulan tetep aja perutnya gak kempis sampek sekarang masih kayak hamil 3 bulan. Malah dia suruh saya pake sampek setahun,  kayak sodaranya biar perutnya kempis.  Duuh… Gak nahan ya kalo selama itu. Udah gerah, gatel lagi.

Tenaaaang… Ada solusinya nih moms. Senam kegel aja. Senam ini bisa dilakukan untuk mempercepat kembalinya perut yang rata. Ada 3 gerakan senam kegel yang bisa dilakukan di rumah.

  1. Kaki bengkak dan nyeri pada otot-otot kaki

Setelah melahirkan, ada beberapa ibu baru yang kakinya bengkak.  Keluhan ini muncul karena penumpukan cairan (hormon) di dalam tubuh dan rahim yang membesar sehingga menekan darah ke bawah.  Bisa juga karena mengejan yang mengakibatkan otot-otot berkontraksi ke segala arah sehingga cairan menumpuk di satu tempat.

Cara mengatasinya yaitu taruh bantal di bawah kaki dan jangan berdiri terlalu lama. Bisa juga pakai bobok “param” untuk kaki loh. Ada produk jamu tertentu yang menyediakan paket lengkap untuk ibu setelah bersalin. Rasanya kayak spa kaki, hmm…

  1. Sakit kepala dan sakit punggung bagian bawah

Mamud sering sakit kepala pasca melahirkan? Fluktuasi hormon mungkin penyebabnya. Fluktuasi hormon yaitu perubahan hormon dari hamil, melahirkan dan menyusui. Keadaan ini bisa tambah parah loh jika ibu baru stres, kelelahan, kurang tidur atau kurang nutrisi. Makanya perbanyak relaksasi dan konsumsi makanan bergizi yes.

Kalo kata orang dulu sih jangan tidur pagi hari. Padahal saat itu lagi ngantuk-ngantuknya yak. Secara semalem abis begadang nenenin debay, paginya mata udah kurang dari 5 watt aja. Ibu baru bisa pake cara tradisional kayak “pilis” ya. Jadi pakenya itu jamu dikasih air trus ditempel di kening. Huh, rileks beud rasanya.

Kalo sakit punggung disebabkan karena persendian punggung dan pinggul harus menahan berat badan tubuh yang naik selama kehamilan. Setelah melahirkan, terkadang masih menyisakan rasa sakit pada punggung bagian bawah. Untuk mengatasinya moms bisa melakukan olahraga ringan dan jaga postur tubuh agar tetap tegak selama menyusui. Mkms juga bisa melakukan pijatan ringan pada daerah yang sakit atau mandi air hangat untuk relaksasi.

  1. Sering buang angin

Ups, wajar aja kok kalo ibu baru lebih sering buang angin. Sebabnya nih karena terlalu banyak menelan udara. So, hindari makan makanan yang bisa membuat buang gas lebih sering yak kayak kacang-kacangan. Bisa juga pake bobok “param” yang adem di perut. Mantap euy!

  1. Hipotermia

Suhu tubuh turun drastis (di bawah 35 derajat) disertai dengan tubuh yang menggigil. Hal ini bisa disebabkan karena kecapekan, adanya infeksi atau penyakit tertentu. Solusinya nih segera periksakan diri ke ahli medis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Sweating Postpartum

Wuidiiihh keren yak namanya. Ibu muda yang banyak berkeringat terutama di malam hari kemungkinan mengalami hal ini. Keringat bisa bercucuran deras kayak habis lari marathon. Sebabnya nih karena tubuh ibu lagi melepaskan hormon selama kehamilan. Katanya sih keluhan ini bisa hilang dengan sendirinya 6 minggu setelah melahirkan.  So,  yang sabar aja ya moms. Ada solusinya kok.  Banyakin minum air putih ya moms, supaya air sisa metabolisme bisa keluar lewat air seni instead of keringat. Trus pake handuk di bawah bantal biar gak lepek.

  1. Inkontinensia urin

Waduh, apaan lagi tuh. Inkontinensia urin adalah keadaan dimana seseorang tidak bisa menahan buang air kecil atau buang air kecil lebih sering dari normalnya (4-8x sehari). Bahasa kerennya: beser hehehe. Buat ibu baru yang lahiran normal keluhan ini lebih sering muncul karena otot-otot panggul yang melemah selepas melahirkan. Keluhan ini akan hilang dengan sendirinya setelah min. 3 bulan.  Senam kegel juga bisa membantu mengurangi keluhan ini.

Selain beberapa keluhan di atas, ada banyak keluhan lain sih. Yang penting moms jangan panik dan terus belajar mengatasi keluhan itu dengan konsultasi pada ahlinya atau yang sudah berpengalaman.

Happy baby month ya moms. Semoga keluhan-keluhan pasca melahirkannya bisa segera teratasi dan moms sehat kembali.

Oleh: Meganindy

(Penulis Buku “Sabar Menanti Buah Hati”, Blogger “www.meganindya.blogspot.com”)

 

Lamtiyah Ikha Indriyana

Lamtiyah Ikha Indriyana

Ibu satu anak yang masih belajar dan berusaha mengelola waktu, tenaga dan pikiran demi menjadi ibu dan istri terbaik untuk keluarga

Related Posts