Parenting

6 Tips Puasa Lancar untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Tak terasa sepekan ke depan telah memasuki bulan Ramadhan, bulan suci umat muslim yang di dalamnya terdapat kewajiban berpuasa sebulan penuh. Umat muslim yang sudah baligh (mencapai kedewasaan) diwajibkan berpuasa sebulan penuh. Namun, pada kondisi tertentu, Islam memberikan keringanan untuk boleh tidak berpuasa, seperti ibu hamil & menyusui misalnya. Jika ibu hamil & menyusui tidak mampu berpuasa karena khawatir akan janin & bayinya, maka mereka boleh tidak berpuasa dan menggantinya di lain waktu. Akan tetapi, jika dirasa mampu menjalankan puasa, maka ibu hamil & menyusui tetap boleh berpuasa dengan memperhatikan beberapa tips di bawah ini.

Tips agar lancar berpuasa ketika hamil & menyusui:

1. Berpuasa ketika usia kandungan memasuki trimester kedua & ketiga

Karena pada trimester pertama, janin masih dalam tahap pembentukan organ, otak, saluran pencernaan, dan lain sebagainya. Morning sickness juga kerap terjadi di trimester pertama akan sangat menyulitkan untuk berpuasa. Maka sebaiknya bumil berpuasa saat trimester kedua & ketiga di mana janin sudah terbentuk dan tak ada keluhan morning sickness.

2. Berpuasa saat bayi sudah masuk tahap MPASI bagi busui
Karena bayi yang belum MPASI menggantungkan hidupnya dengan ASI, dan jika berpuasa membuat produksi/kualitas ASI berkurang yang menimbulkan bayi rewel, maka Moms boleh tidak berpuasa. Namun jika tidak ada kekhawatiran bagi busui yang anaknya belum MPASI untuk berpuasa, maka boleh saja berpuasa.

3. Cukupi kebutuhan nutrisi
Untuk memastikan kesehatan ibu dan bayi, kecukupan nutrisi harus dipenuhi. Baik bumil maupun busui harus memenuhi kebutuhan 2.500 kkal/hari yang terdiri dari 50% karbohidrat, 30% protein, dan 20% lemak baik.

4. Banyak minum air putih
Minumlah air putih 8 sampai 10 gelas perhari untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa. Dapat dilakukan secara bertahap saat berbuka, makan malam, sebelum tidur, dan saat sahur. Makan buah dengan kadar air tinggi saat berbuka juga sangat baik.

5. Konsumsi suplemen
Suplemen penambah darah & asam folat baik sekali untuk ibu hamil & menyusui asal dikonsumsi dengan petunjuk dokter. Bisa juga mengonsumsi “Madu For Mama” untuk menunjang produksi ASI serta menjaga kesehatan busui.

6. Berbahagialah
Hal ini penting sekali untuk menghindari stres agar tumbuh kembang si Kecil juga terjamin. Tidurlah yang cukup, olahraga ringan, dan memperbanyak ibadah saat berpuasa. Bumil dan busui yang berpuasa juga boleh sekali untuk minta quality time romantis bersama suami agar rumah tangga harmonis dan semakin bahagia.

Pada dasarnya, wanita hamil dan menyusui aman untuk melakukan ibadah puasa asalkan memperhatikan tips di atas. Namun, jika terjadi keluhan yang tidak biasa, maka perlu konsultasi dengan dokter.

Semoga bermanfaat.

Ziana Walida

Ziana Walida

Fulltime mother & fulltime learnerđź’•
Follow Me:

Related Posts