Kehamilan Program Kehamilan

6 Tips Cepat Hamil Khusus Buat Mommies yang Ingin Segera Punya Momongan

‘Semoga cepat dikaruniai momongan ya..’

Kalimat itu biasanya selalu terucap dari orang-orang yang menghadiri pesta pernikahan kepada kedua mempelai yang sedang melepas masa lajangnya. Karena tujuan menikah selain menyempurnakan separuh agama, juga memiliki keturunan. Maka, kehadiran anggota baru dalam keluarga selalu menjadi dambaan setiap pasangan suami istri.

Kendati demikian, seringkali hal tersebut tidak mudah didapatkan. Ada pasangan yang menikah langsung hamil, ada juga yang harus menunggu bertahun-tahun baru dikaruniai momongan. Jika dilansir dari beberapa sumber, beberapa tips cepat hamil simpulnya adalah:

1. Mengetahui Siklus Haid dan Masa Subur.
Siklus haid adalah rentang jumlah hari dari hari pertama haid menuju hari pertama haid berikutnya. Jika wanita mengetahui siklus haidnya maka ia akan mengetahui kapan terjadinya ovulasi. Misalnya siklus haid 28 hari maka kemungkinan terjadi ovulasi adalah 6 hari (5 hari sebelum ovulasi dan 1 hari saat ovulasi). Karena siklus haid mudah berubah, maka catat selalu siklusnya selama minimal 8 bulan, sehingga akan diketahui siklus haid terpanjang dan terpendek, lalu dapat diketahui masa subur nya.

Tanda masa subur wanita juga bisa dilakukan dengan pengecekan lendir serviks. Jika lendir serviks berwarna jernih dan licin hampir seperti putih telur, maka wanita akan mendekati masa subur. Tiga hari kemudian lendir menyerupai benang, satu dua hari kemudian lendir bertambah banyak dan licin sampe celana dalam basah karenanya. Saat itulah masa subur wanita yang tepat untuk mendukung cepat hamil.

2. Pilih Posisi Seks Yang Tepat
Dari yang saya baca tentang tips cepat hamil, posisi berhubungan intim missionary yaitu posisi suami berada di atas memungkinkan sperma cepat berenang menuju tuba falopi setelah ejakulasi. Berbaring 10-15 menit setelah berhubungan juga baik untuk mempercepat proses pembuahan. Maka jangan langsung ngacir ke kamar mandi ya moms setelah ejakulasi. Lebih baik sebelum melakukan hubungan buanglah air kecil terlebih dahulu agar setelahnya tak buru-buru ingin buang air kecil.

3. Konsumsi Makanan Penyubur Kandungan
Pola makan yang bergizi juga memberikan pengaruh jika ingin cepat punya anak. Bagi wanita, beberapa makanan seperti keju, susu, yoghurt, makanan berkarbohidrat kompleks, buah dan sayuran berwarna cerah, daging ayam, telur, sayuran hijau dan minyak zaitun mampu meningkatkan kesuburan. Dan bagi pria, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang dapat menambah jumlah dan kualitas sperma seperti salmon, tomat, semangka, susu rendah lemak, yoghurt, kacang-kacangan dan oatmeal. Beberapa makanan tersebut banyak mengandung protein yang dapat membuat sperma berenang lebih cepat.

4. Kurangi Olahraga Berlebihan dan Lakukan Yoga
Olahraga berlebihan tidak dianjurkan jika Mommies ingin berhasil dalam melakukan tips cepat hamil karena jika kecapean akan menyebabkan kelenjar bawah otak tidak merangsang sel telur untuk ovulasi. Lebih baik lakukan gerakan yoga, karena gerakan yoga lebih santai dan baik untuk mempersiapkan fisik menyambut kehamilan. Selain itu, menyiapkan mental positif, perasaan tenang, rileks, dan santai juga baik untuk menstimulasi pikiran bawah sadar tentang program hamil yang dijalankan.

5. Konsultasi dengan Dokter
Jika beberapa hal diatas sudah dilakukan tapi selama 1-2 tahun Mommies tak kunjung dikaruniai buah hati padahal rutin melakukan hubungan tanpa alat kontrasepsi, maka ada baiknya konsultasi lebih lanjut ke dokter.

6. Perbanyak Berbuat Baik
Sering-seringlah berdoa dan berbagi lalu minta didoakan agar cepat dikaruniai buah hati. Karena, apalah arti sebuah usaha melakukan tips cepat hamil jika tanpa doa. Kita yang berusaha, tangan Tuhan lah yang menentukan.
Semoga bermanfaat.

Sumber:

  • https://www.alodokter.com/merencanakan-kehamilan
    https://www.instagram.com/p/BtQ2c4fAmwM/?igshid=hy674p8d4yku

Ziana Walida

Fulltime mother & fulltime learner💕
Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *