Menyusui

6 Makanan Pendukung Untuk Ibu Menyusui Selama Berpuasa

Berpuasa adalah ibadah yang wajib dilaksanakan saat bulan Ramadhan bagi setiap umat muslim. Tak terkecuali bagi ibu menyusui yang mana puasa adalah sebuah tantangan tersendiri, karena harus tetap menjaga kualitas & kuantitas ASI.

Menjaga kualitas & kuantitas ASI saat berpuasa, salah satunya adalah memilih asupan makanan yang tepat. Karena makanan yang dimakan busui adalah kunci utama agar busui dapat menjalankan ibadah puasa sekaligus menyusui dengan maksimal.

Lalu, makanan apa saja yang baik untuk mendukung kualitas & kuantitas ASI saat berpuasa ya, Moms? Yuk simak paparan di bawah ini:

1. Jus Kurma

7 butir kurma tanpa biji yang direndam semalaman, lalu dihaluskan bersama susu UHT, dan diminum setelah makan sahur dipercaya & terbukti dapat meningkatkan kuantitas ASI saat berpuasa. Selain itu juga bisa membuat badan tidak lemas selama puasa.

2. Sayuran Hijau
Sayuran hijau seperti daun katuk, daun bayam, daun kelor, brokoli, dll sudah dipercaya sejak jaman nenek moyang mampu melancarkan produksi ASI. Maka bisa dijadikan pilihan sayuran saat bersantap buka ataupun sahur.

3. Madu
Madu sebagai pemanis alami mampu menambah energi selama berpuasa, antioksidan didalamnya juga membantu menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, madu juga bermanfaat dalam stimulasi produksi ASI.

4. Buah-buahan yang banyak mengandung air
Buah yang banyak mengandung air seperti semangka, jeruk, buah naga, dll dapat menambah asupan cairan yang lezat saat buka/sahur sehingga tetap lancar menyusui saat berpuasa tanpa khawatir kekurangan cairan.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti almond, kedelai, kacang hijau, dan semua produk olahannya mampu menambah kuantitas ASI. Selain lezat, juga bergizi dan membuat ASI berkualitas sehingga tak perlu khawatir anak rewel saat busui berpuasa.

6. Air Putih
Air putih kurang lebih 8-10 gelas perhari juga baik. Karena air sangat dibutuhkan tubuh apalagi busui yang membutuhkan cairan lebih. Minum air putih bisa dilakukan secara bertahap, misalnya 2 gelas saat berbuka, 2 gelas saat makan malam, 2 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas setelah makan sahur. Insya Allah, tubuh tetap bugar selama puasa.

Semoga bermanfaat.

Ziana Walida

Ziana Walida

Fulltime mother & fulltime learnerđź’•
Follow Me:

Related Posts