Health Lifestyle Mommies Daily Mommies Info

6 Cara Mengatasi Stres Para Ibu Rumah Tangga

Mommies, apakah pernah mengalami stres? Seringkali seorang ibu merasa stress karena harus menjalani banyak peran. Sumber stres yang dirasakan bisa beragam. Mungkin karena faktor internal terkait pengasuhan anak, padatnya pekerjaan atau kurangnya keterlibatan suami dalam mendidik anak. Bisa juga faktor eksternal seperti tekanan sosial.

Sebelum menuju langkah cara mengatasi stress pada ibu, ada baiknya mengetahui tentang stres. Menurut American Psychological Association, definisi sederhana dari stres adalah respon fisik dan psikologis terhadap suatu perubahan kondisi yang terjadi. Menurut psikolog klinis, Liza M. Djaprie mengungkapkan sejumlah penelitian yang ternyata tingkat stres ibu baik di perkotaan atau pedesaan bisa mencapai 50% lebih tinggi dari para ayah.

Status pekerjaan ibu juga ternyata memengaruhi tingkat stres. Ada sebuah survei di Amerika Serikat yang menunjukkan 50% ibu rumah tangga merasa stress. Survei tersebut juga menyatakan 42% ibu rumah tangga merasa lebih berjuang dibanding 36% ibu yang bekerja. Namun menurut psikolog, Intan Erlita, hasil tersebut tidak bisa dijadikan sebagai patokan, bisa saja berbeda hasilnya di setiap negara atau status sosial.

Stres pada ibu rumah tangga bisa saja terjadi saat berusaha menjadi super mom. Padahal setiap dari perempuan mempunyai keterbatasan. Mommies, bagaimana langkah yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi stres? Simak berikut ini:

1. Menerima perasaan
Saat Mommies merasa kesal, terima perasaan dengan berdialog pada diri sendiri, seperti, “Ya Allah, saya kesal karena …. ”
Jika memang butuh menyalurkan tangisan, maka menangislah. Menangis juga salah satu cara melegakan pikiran.

2. Mengingat kembali hakikat dunia
Saatnya introspeksi di kala sunyi dan tenang secara positif. Dunia merupakan tempat penuh ujian untuk membuktikan iman, maka stres adalah suatu yang wajar. Pastikan Mommies memasang alarm positif yang terkondisikan.

3. Luangkan waktu untuk diskusi
Bercerita pada lingkaran terdekat yang dipercaya bisa mengatasi stres. Jika dirasa masih kurang, perlu mendiskusikan dengan orang yang lebih mengerti atau profesional. Nantinya akan menghasilkan pembelajaran baru yang membuka pikiran.

4. Menulis
Menulis menjadi salah satu solusi mengurai benang kusut di dalam kepala. Menulis juga dikenal sebagai salah satu teknik terapi diri. Menulis ekspresif bisa dilakukan dengan menuangkan segala beban pikiran agar menghasilkan ketenangan.

5. Lakukan me time produktif
Luangkan kesibukan aktivitas harian dengan melakukan me time yang produktif. Me time dengan melakukan hobi atau minat yang positif. Bisa juga meluangkan olahraga ringan sekedar berjalan bersama anak, senam dengan anak dan lainnya. Gerak tubuh akan menghasilkan badan segar dan berdampak pada pikiran yang positif.

Me time produktif

Me time produktif untuk mengatasi stres

6. Tetapkan jadwal harian dengan fleksibel
Mengetahui apa yang akan dilakukan dalam satu hari atau sebagian hari, cukup membuat pikiran lega. Keluarga juga akan terbiasa dengan jadwal harian yang rapi. Namun jangan terlalu memaksakan diri dengan target yang pasti dan harus tercapai. Ada saatnya bersikap lebih fleksibel dan beradaptasi dengan beragam kondisi. Harapannya bisa segera mengatasi kesulitan tanpa stres.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres bagi Mommies. Setiap ibu lebih mengenali kebutuhan dirinya. Pastikan jika stres datang, bukan sekedar meluapkan pada hal yang seolah membebaskan tapi malah menimbulkan masalah baru, seperti menunda pekerjaan dan sebagainya. Stres akan teratasi saat diri sendiri juga mengizinkan untuk melepaskannya.

Sumber:

https://amp.kompas.com/lifestyle/read/2018/12/21/103500220/stres-ibu-juga-pengaruhi-psikologis-anak

https://m.tribunnews.com/amp/lifestyle/2018/09/05/benarkah-ibu-rumah-tangga-punya-tingkat-stres-lebih-tinggi-ketimbang-yang-bekerja

https://dosenpsikologi.com/cara-mengatasi-stres-pada-ibu-rumah-tangga/amp

Mufti, Novie Ocktaviane. 2019. Heal Yourself: Untukmu yang Pernah Terluka. Bandung: Penerbit CV. IDS.

 

Sumber ilustrasi:

– jurnas.com

– minthilltimes.com

April Fatmasari

Seorang istri sekaligus ibu rumah tangga yang masih belajar memaknai universitas kehidupan dengan tulisan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *