Health Mommies Info

5 Tips Tetap Sehat Jiwa di Tengah Pandemi Covid-19

Sejak Indonesia terkonfirmasi positif Corona pada awal bulan Maret lalu, keadaan di negeri ini menjadi berubah. Mulai dari pendidikan, ekonomi, sosial bahkan pola hidup pun menjadi berubah. Pergerakan kita pun menjadi terbatas. Semua kegiatan sebisa mungkin dikerjakan di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus Corona.

Tidak dapat dipungkiri, pandemi Covid-19 ini menyebabkan timbulnya kecemasan pada masyarakat banyak. Pikiran masyarakat terus dihantui dengan pikiran negatif akan tertularnya virus Corona.

Tidak hanya itu, perekonomian yang terus melesu mulai menimbulkan keputus asaan bagi sebagian warga. Banyak masyarakat berbondong-bondong pulang kampung dari ibu kota karena sudah tidak memiliki pendapatan lagi untuk bertahan hidup.

Namun, hal itu menyebabkan munculnya permasalahan baru. Bagaimana tidak? Seluruh rakyat yang dihimbau untuk tetap dirumah saja malah melakukan perpindahan masal yang dapat menyebabkan penularan Covid-19 semakin meluas.

Covid-19
Virus Corona seakan telah membawa dampak masalah yang cukup banyak. Pikiran masyarakat pun terus dipenuhi dengan kecemasan dan ketidakpastian akan kapan berlalunya pandemi ini. Jika dibiarkan kecemasan yang terus berlanjut dapat berubah menjadi stress atau bahkan depresi jika berkepanjangan. Oleh karena itu, mommiesharing.com mencoba untuk berbagi tips agar tetap sehat jiwa di tengah pandemi ini:

1. Batasi informasi

Mendapatkan informasi mengenai virus Corona memang perlu untuk meningkatkan kewaspadaan kita. Namun, bukan berarti semua informasi yang masuk Anda telan begitu saja. Mulailah batasi informasi yang masuk dan sesekali carilah informasi selain virus Corona untuk me-refresh pikiran Anda.

2. Berfokus pada apa yang bisa Anda kendalikan

Melihat orang lain tidak sependapat dengan kita mengenai kewaspadaan terhadap Covid-19 sangatlah mungkin terjadi pada kondisi saat ini. Melihat orang lain di internet, perilaku tetangga bahkan bisa jadi keluarga sendiri, yang kurang menyadari akan pentingnya antisipasi akan bahaya wabah ini dapat menimbulkan emosi negatif pada diri kita.

Mulailah kita berfokus pada apa yang bisa kita kendalikan saja. Apabila kita telah berusaha mengingatkan namun perilaku orang lain tidak menunjukkan perubahan, maka itu bukan menjadi ranah Anda lagi. Anda dapat mulai berfokus melakukan suatu antisipasi yang dapat Anda lakukan. Misalnya seperti meningkatkan kekebalan tubuh, kebersihan badan dan rumah serta mulai menghentikan pikiran negatif kita terhadap orang lain.

3. Melakukan hal yang menyenangkan

Setelah lelah dengan beban pikiran dari masalah yang timbul karena virus Corona ini, Anda dapat mulai menyayangi diri Anda dengan melakukan hal yang disenangi. Walaupun tetap di rumah saja Anda tetap bisa melakukan hal-hal yang membuat Anda rileks. Misalakan melakukan hobi, mengupgrade diri dengan mempelajari sesuatu yang baru dari internet, dan kegiatan lain yang dapat membuat Anda merasa nyaman walaupun hanya di rumah saja.

Baca juga : 8 Ide Aktivitas Anti Bosan Walau di Rumah Saja Agar Tidak Tergiur Keluar dan Terpapar Covid-19

4. Terus berusaha berpikiran positif

Teruslah berusaha berpikir positif bahwa setiap masalah akan mendatangkan hikmah. Begitu juga dengan pandemi ini, ketika semua berlalu akan meninggalkan banyak kebaikan bagi seruluh umat manusia.

Ketika pikiran negatif datang segera lawan dengan mensyukuri apa saja kebaikan yang masih kita miliki. Percayalah bahwa Anda tidaklah sendirian dalam mengahadapi masa sulit ini. Seluruh manusia sedang bersama-sama berjuang melawan Covid-19 dan memiliki harapan masa sulit ini akan segera berlalu.

5. Beribadah dan berdoa

Bukanlah sebuah rahasia jika dengan mendekatkan diri kita kepada Sang Pencipta merupakan suatu hal yang dapat membuat hati kita menjadi nyaman dan tentram. Selain memenuhi kewajiban, dengan beribadah kita dapat mencurahkan semua isi hati kita kepada Pemilik jiwa raga kita. Memanjatkan segala harapan dan doa-doa dapat membantu menghilangkan keputus asaan yang mulai muncul pada diri kita. Doa juga dapat menjadi senjata kita untuk mendapatkan perlindungan dari Allah Yang Maha Kuasa.

Menjaga kesehatan raga merupakan suatu hal yang sangat penting pada kondisi ini. Namun, menjaga kesehatan jiwa juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Jika kita dalam kondisi emosi yang kurang bagus maka sistem imun kita pun ikut menurun. Oleh karena itu, mari kita tetap berusaha berbahagia agar tetap sehat jiwa raga dan mampu mengalahkan pandemi Covid-19.

 

 

 

Sumber :

  • https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/4214085/ikuti-3-cara-ini-untuk-tetap-bisa-positif-di-tengah-pandemi-corona

 

Sumber gambar :

  • https://www.google.com/amp/s/parenting.orami.co.id/magazine/amp/6-cara-menjaga-kesehatan-di-wabah-virus-corona/
  • https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/life/inspiration/amp/johan-muhammad/5-tanda-kalau-kamu-memiliki-kesehatan-mental-yang-baik-c1c2

Ayu Putri

Seorang ibu rumah tangga yang berusaha menjadi bermanfaat untuk sesama.
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *