Mommies Info

5 Tips Agar Tetap Sehat Saat Musim Pancaroba

Menjelang musim kemarau, beberapa wilayah Indonesia yakni di Jogja, Bandung, Cilacap dan di titik-titik wilayah lainnya tengah dilanda cuaca yang lebih dingin dari biasanya. Bahkan di kawasan puncak Dieng, Jawa Tengah, suhunya bisa anjlok hingga minus sembilan derajat celcius.

Fenomena ini menandakan bahwa sedang terjadi musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Biasanya perubahan cuaca semacam ini bisa mempengaruhi imunitas atau daya tahan tubuh. Virus dan bakteri menjadi mudah masuk, umumnya yang sering menyerang pada musim pancaroba adalah virus penyakit infeksi saluran pernapasan.

Dilansir dari Cosmopolitan.co.id, beberapa hal berikut ini merupakan upaya melindungi kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit apalagi di musim pancaroba antara lain adalah :

Penuhi Nutrisi Tubuh
Jika nutrisi tubuh terpenuhi, maka sistem kekebalan tubuh akan bekerja maksimal untuk melawan virus dan bakteri yang masuk. Imbangi dengan terus menerapkan menu gizi seimbang.

Rajin Berolahraga
Meskipun cuaca sering berubah, bukan berarti kita meninggalkan kebiasaan berolahraga ya. Ajak sahabat, keluarga atau buah hati untuk rutin berolahraga walau hanya 30 menit. Yang penting, kamu dan orang-orang tercinta cukup bergerak setiap harinya sehingga tubuh tidak mudah letih. Bila ingin mengajak buah hati berolahraga bukan berarti memaksanya dengan olahraga-olahraga berat dan melelahkan ya. Mommies bisa mengajaknya berjalan di pagi ataupun sore hari selama 20-45 menit saja.

Konsumsi Vitamin atau Suplemen
Olahraga memang dapat membantu menyehatkan tubuh, namun Mommies tetap membutuhkan vitamin atau suplemen yang mampu membantu menjaga daya tahan tubuh. Apalagi di musim pancaroba seperti saat ini, pilih suplemen yang baik untuk menjaga imunitas tubuh. Yang perlu diperhatikan sebelum memberikan suplemen pada anak, pastikan Mommies sudah melakukan konsultasi dengan dokter ya.

Minum yang Cukup
Jangan pernah melupakan pentingnya mengkonsumi air putih yang cukup, terutama saat cuaca tidak menentu seperti saat ini. Selain menghilangkan rasa dahaga dalam tubuh, ternyata manfaat lainnya adalah mampu meningkatkan metabolisme tubuh serta membantu mencegah tubuh terkena infeksi. Jadi, mari ajak keluarga dan orang-orang tercinta untuk rutin mengonsumsi air putih hingga 2,5-3 liter per harinya.

Biasakan Mencuci Tangan
Mencuci tangan merupakan hal yang simpel namun paling sering diabaikan. Padahal tangan menjadi salah satu media penyebaran bakteri dan virus penyakit menular apalagi di musim pancaroba. Selalu biasakan diri mencuci tangan sebelum dan setelah makan, sehabis melakukan aktifitas, hingga sehabis dari toilet. Jangan lupa Mommies ajak juga buah hatinya untuk belajar melindungi diri dari penyakit dengan rajin mencuci tangan sebelum maupun sesudah ia melakukan aktivitas.

Semoga bermanfaat ya Mommies..

sumber foto : https://hellosehat.com/

Aprilia Tika

Seorang ibu dari tiga anak yang menyukai dunia kepenulisan dan kerja sosial. Selain bertugas menjadi pendamping hidup seorang prajurit abdi negara, beberapa tahun terakhir ini ia pun mulai mengabdikan diri dengan berkontribusi di berbagai komunitas dan organisasi. Motto hidupnya selama ini adalah 'Never put off till tomorrow what you can do today'
Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *