Mommies Info Mommies News

5 Tips Agar Siap dan Sukses Menghadapi Tes CPNS 2019 bagi Ibu Rumah Tangga

Tahun 2019 ini, pemerintah kembali membuka lowongan bagi yang berminat untuk mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Berdasarkan berita dari detik.com, pendaftaran dibuka hari Senin, 11 November 2019.

Tidak ada salahnya jika mommies ingin mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tersebut. Agar sukses baik dalam mengikuti tes dan sebagai ibu rumah tangga, ada baiknya kita mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Pamit atau izin kepada suami.
Hal ini penting lho dalam mengikuti tes CPNS. Izin suami adalah yang paling utama sebagai gerbang untuk mengikuti tes. Karena bagaimanapun juga, suami merupakan tonggak utama suatu rumah tangga dan istri adalah pelaksana utama dalam suatu rumah tangga. Jangan lupa sampaikan niat kita kepada suami tentang alasan mengikuti tes.

2. Izin dengan anak-anak serta mendiskusikannya.
Anak-anak adalah individu yang harus selalu kita pantau dan dampingi perkembangannya. Jangan sampai, keinginan kita untuk ikut serta dalam tes ini membuat anak-anak jadi kehilangan waktu dan kebersamaannya bersama kita ya, mommies.

3.Pantau kementerian atau lembaga yang sesuai dengan kemampuan mommies.
Tes kali ini membuka sekitar 68 kementerian atau lembaga dan 462 pemerintah daerah. Carilah informasi berkaitan dengan kementerian tersebut, mana sekiranya yang tidak sepenuhnya mengurangi waktu kebersamaan dengan keluarga. Cari pula informasi berkenaan dengan pekerjaan yang dilakukan dalam lembaga atau kementerian tersebut. Kaitannya agar kita dapat membayangkan keadaan kita dan keluarga jika nanti diterima sebagai CPNS.

4. Bertanya kepada mommies lain yang saat ini bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Meskipun setiap kementrian menerapkan disiplin yang berbeda-beda, namun setidaknya kita bisa mendapatkan gambaran tentang materi yang akan dikerjakan dalam tes CPNS tersebut. Harapannya, kita dapat mengerjakan tes dengan baik walaupun soal yang dikerjakan pasti akan berbeda.

5. Mulai atur waktu antara keluarga dan belajar.
Cari waktu yang tepat untuk belajar. Waktu tersebut adalah waktu ketika anak sedang sekolah misalkan, atau ketika anak sedang tidur. Atau jika kita sudah pamit dengan suami, kita minta tolong diberikan waktu selama satu jam untuk belajar misalnya. Jika anak sudah cukup besar, setelah kita berdiskusi, kita coba minta diberikan waktu untuk belajar. Jangan lupa berikan alasan yang logis mengapa kita ingin belajar. Hal ini juga bisa menjadi contoh yang baik bagi anak lho mommies, bahwa orang tuanya pun butuh persiapan ketika akan menghadapi tes.

Mommies bisa mencoba 5 tips sukses menghadapi tes CPNS seperti yang telah dijelaskan diatas ya. Semoga bisa menambah semangat dalam mempersiapkan diri sebelum mengikuti tes. Semoga berhasil.

Sumber Bacaan:

Sumber Gambar:

Maulia Nur Adrianisah

Saya seorang wanita yg bangga memiliki profesi utama menjadi ibu rumah tangga. Juga seorang istri dari sesosok laki-laki yg senang mengajar dan menulis. Namun lebih terlihat cahayanya ketika menulis, lalu tanpa disadari saya pun mengikuti jejaknya. Semoga apapun yg kami tuliskan, bermanfaat bagi banyak orang, khususnya kami sendiri sebagai manusia yg masih perlu banyak belajar.
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *