Ibu & Anak Parenting

5 Tips Agar Anak Mau Memakai Masker Kain sebagai Pertahanan Melawan Covid-19

Sudah berbulan-bulan lamanya pandemi Covid-19 menjadi perbincangan hangat di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia. Bahkan rasanya berita lain tidak begitu populer dibandingkan virus yang mirip dengan flu tersebut. Kini Indonesia masih menjadi salah satu negara yang belum berhasil menekan angka penyebaran virus tersebut terbukti dengan jumlah penderita yang meningkat dengan total 3512 orang.

 

Salah satu anjuran dari World Health Organizations (WHO) mengenai penanganan Covid-19 yaitu dengan penggunaan masker dan cuci tangan. Oleh karena itu, Pada hari senin (6/4/2020) Presiden Indonesia Joko Widodo telah mewajibkan warga Indonesia untuk menggunakan masker ketika keluar rumah, masker bedah dan N95 hanya untuk tenaga medis dan masker kain untuk masyarakat pada umumnya.

 

Efektivitas penggunaan masker berbahan kain mencapai 70% dalam menangkal virus dan droplet. Hal tersebut tentu akan berdampak positif dalam penanganan Covid-19. Penggunaan masker sebaiknya juga dibiasakan baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Apakah anak mommies mau memakai masker?

 

Orang dewasa tentu mudah membiasakan diri menggunakan masker, beda halnya dengan anak-anak. Perasaan gerah, tidak nyaman dan sulit bernapas bisa saja anak Anda rasakan ketika memakai masker kain. Oleh sebab itu, diperlukan tips agar anak mau memakai masker diantaranya :

 

1. Persiapkan diri Anda dengan kesabaran

 

Bagi seorang anak melakukan hal baru seperti memakai masker tentu tidak mudah. Anak Anda membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Sebagai orangtua mempersiapkan diri dengan kesabaran adalah sesuatu yang wajib agar anak tidak merasakan paksaan ketika Anda memakaikan masker padanya.

 

2. Memberikan pengertian kepada anak

 

Mommies dapat melakukan ilustrasi tentang pentingnya memakai masker bagi anak Anda. Anda bisa menceritakan tentang apakah virus Covid-19 itu dan bagaimana masker kain mampu menjaganya dari virus tersebut.

 

3. Jadilah contoh bagi anak

 

Biasanya ketika orangtua menggunakan sesuatu yang baru, anak-anak akan merasakan ketertarikan, tentu hal tersebut berlaku juga dengan masker. Ketika Anda selalu memakai masker ketika bepergian, anak Anda akan mencontoh hal tersebut atau setidaknya dia tidak akan mulai terbiasa.

 

4.Buatlah anak tertarik

 

Anda bisa mengajak anak anda memakai masker seakan-akan sedang bermain, contohnya dengan bermain peran atau dengan menghias masker. Selain itu masker kain untuk anak banyak yang memiliki motif lucu sehingga anak akan tertarik. Saat ini Anda juga dapat menunjukkan foto maupun video anak yang memakai masker.

 

5. Apresiasi anak 

 

Apresiasi merupakan salah satu hal yang akan membuat si kecil bersemangat lho, mommies. Anak akan merasakan kebanggaan tersendiri apabila Anda memberikan pujian atau hadiah ketika dia berhasil bertahan untuk memakai masker.

 

Wabah Covid-19 mengharuskan kewaspadaan setiap orang terutama Anda yang memiliki anak-anak. Selain imunitas yang masih rendah, pemahaman anak tentang bahaya virus tersebut belum seperti orang dewasa. Semoga tips yang disampaikan dapat bermanfaat agar keluarga kita sehat selalu.

 

Sumber : 

 

 

Sumber gambar :

 

Ciptaningtyas D. A. Ikaningrum

Seorang Ibu muda yang ingin sepenuhnya membersamai anak di rumah dan menjadikan rumah sebagai tempat bermain yang menyenangkan.
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *