Lifestyle Mommies Daily Mommies Info

5 Ide Quality Time Bersama Keluarga di Akhir Pekan, Rahasia Hidup Lebih Bahagia

Yey, akhir pekan telah tiba. Setelah kita bekerja keras selama sepekan dan menghabiskan banyak waktu di tempat kerja, akhir pekan adalah hari yang kita nanti-nantikan. Selama hari kerja, kita terlalu disibukkan dengan banyak pekerjaan. Ketika pulang ke rumah Anda  sudah dalam keadaan lelah dan segera ingin memgakhiri hari dengan  beristirahat. Sehingga sedikit sekali kesempatan Anda untuk quality time bersama keluarga.

 

Kurangnya waktu yang berkualitas bersama keluarga biasanya akan menyebabkan merenggangnya hubungan antara anggota keluarga. Biasanya hubungan antar anggota keluarga menjadi kurang kompak dan tidak adanya chemistry diantara anggota keluarga Anda. Sehingga memungkinkan akan lebih sulit untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi  dalam keluarga.

 

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh ahli dari University of California selama enam tahun menunjukkan hasil bahwa orang yang sering berkumpul bersama keluarga lebih merasa bahagia karena merasa mendapatkan kasih sayang, merasa dicintai dan tidak mudah merasa kesepian. Mereka memiliki rasa aman dan percaya diri untuk menjalin hubungan sosial serta lebih toleransi terhadap perbedaan.

 

Nah, akhir pekan ini bisa Anda jadikan sebagai waktu untuk quality time bersama keluarga. Bebaskan pikiran Anda dari pekerjaan dan fokuskan diri Anda  untuk keluarga. Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dengan melakukan hal-hal yang membuat Anda dan keluarga menjadi lebih bahagia. Kegiatan-kegiatan di bawah ini bisa Anda jadikan inspirasi untuk quality time di  akhir pekan.

 

  1. Jalan-jalan

Jalan-jalan keluarga

Akhir pekan bisa Anda isi dengan mengunjungi destinasi wisata yang belum pernah dikunjungi. Saat perjalanan Anda dan keluarga dapat bersenda gurau dan saling bercerita pengalaman. Biasanya orang tua akan menceritakan pengalaman berharga mereka kepada anak-anaknya. Hal ini dapat mempererat hubungan antara anggota keluarga.

 

Selain menikmati destinasi wisata, Anda sekeluarga juga dapat mengabadikan momen ini dengan berfoto bersama. Foto-foto yang diambil dapat dilihat kembali di kemudian hari. Foto tersebut juga dapat mengingatkan kembali perasaan bahagia Anda bersama keluarga saat menghabiskan waktu bersama dalam rangka quality time bersama keluarga.

 

  1. Nonton film

menonton film

Nonton film bersama keluarga juga merupakan hal yang seru dan membuat hubungan keluarga Anda semakin erat. Karena saat menikmati film sebisa mungkin semua anggota keluarga meninggalkan gadget mereka masing-masing.

 

Nonton film bisa dilakukan tanpa pergi ke bioskop kok Mommies. Keluarga Anda bisa nonton film bersama di rumah dengan memilih film favorit kalian. Mommies juga dapat menyiapkan camilan kesukaan keluarga agar kegiatan nonton film bersama semakin seru. Setelah film selesai orang tua juga bisa berdiskusi dengan anak tentang isi dalam film yang ditonton.

 

  1. Memasak bersama

Memasak bersama

Memasak bersama juga dapat meningkatkan kedekatan anggota keluarga lho Mommies. Kalian dapat memasak makanan favorit kalian dengan melibatkan seluruh anggota keluarga. Seperti halnya membakar ikan atau daging atau sekedar membuat camilan kesukaan. Setelah masakan siap dihidangkan, kalian dapat menikmatinya bersama sambil bercerita kesibukan kalian dalam rangka quality time bersama keluarga selama sepekan ini.

 

  1. Berolahraga bersama

Berolahraga bersama keluarga

Berolahraga juga merupakan ide yang bagus untuk dilakukan bersama keluarga. Selain meningkatkan kesehatan anggota keluarga, berolahraga juga dapat menjauhkan seseorang dari stress. Olahraga seperti berenang dan jongging bersama dapat menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Selain itu, tubuh dan jiwa yang bugar setelah berolahraga dapat membuat anggota keluarga memiliki semangat kembali untuk bekerja dan anak semangat untuk kembali bersekolah.

 

  1. Membersihkan rumah

membersihkan rumah

Mommies, jangan mengira membersihkan rumah merupakan hal yang membosankan. Membersihkan rumah jika dilakukan bersama dengan seluruh anggota keluarga akan menjadi hal yang menyenangkan di akhir pekan. Membagi tugas kepada masing-masing anggota keluarga akan membuat keluarga Anda menjadi lebih kompak. Bonusnya adalah rumah yang bersih dan nyaman. Anda juga dapat menata ulang kembali tata letak barang-barang dan perabotan di rumah. Suasana baru di rumah dapat menghilangkan kebosanan dan menimbulkan perasaan baru.

 

Meluangkan waktu untuk quality time bersama keluarga merupakan suatu hal yang penting ya Mommies. Melakukan waktu yang berkualitas untuk keluarga tidak harus mengeluarkan banyak biaya. Hal yang sederhana pun bisa membuat anggota keluarga menjadi bahagia. Selamat berakhir pekan.

 

Sumber :

Sumber Gambar :

Ayu Putri

Seorang ibu rumah tangga yang berusaha menjadi bermanfaat untuk sesama.
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *