Health Mommies Info Mommies News Parenting

4 Langkah Mengasah Potensi Anak yang Berbakat dalam Bidang Olahraga

Pesta olahraga se-Asia Tenggara kini sedang berlangsung di Filipina. SEA Games pada tahun ini diselenggarakan mulai tanggal 30 November hingga 11 Desember. SEA Games 2019 ini diikuti oleh 11 negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Indonesia mengirim atlet-atlet berbakatnya untuk mengikuti berbagai macam kejuaraan cabang olahraga. Hingga hari ini tercatat bahwa atlet Indonesia telah memperoleh 66 medali emas. Atlet-atlet yang menjadi perwakilan Indonesia tersebut merupakan anak yang berbakat dalam bidang olahraga dan telah melalui seleksi yang ketat. 

Anak berbakat dalam bidang olahraga

Kecerdasan anak memanglah tidak bisa hanya diukur dari prestasi akademiknya saja. Kecerdasan kinestetik seperti bakat dalam olahraga ini juga dapat disebut sebagai kecerdasan yang dapat mencetak prestasi membanggakan. Namun, sayangnya karena kurangnya pengetahuan orang tua terhadap bakat anak, seringkali bakat dalam bidang berolahraga ini terabaikan dan kurang mendapatkan dukungan.

Menurut Carol Hutchins, beberapa tanda bahwa anak Anda memiliki bakat dalam bidang olahraga dan berpeluang besar dapat menjadi atlet diantaranya yaitu mencintai olahraga, senang mempelajari ide baru dalam bidang olahraga yang disukai, tangguh, bersedia menerapkan pola makan yang baik serta tetap optimis walaupun menemui kegagalan.

Nah, jika anak Anda menunjukkan tanda-tanda di atas maka bisa jadi benar anak Mommies merupakan anak yang berbakat dalam bidang olahraga, maka tugas Anda sebagai orang tua yaitu mengasah bakatnya dengan langkah-langkah berikut :

1. Mendukung dan memfasilitasi bakat anak

Dukungan dari orang tua merupakan hal yang sangat penting dan berpengaruh pada kesuksesan anak dalam mengeksplorasi potensi bakatnya. Orang tua juga perlu memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan anak untuk berlatih dan meningkatkan kemampuannya dalam bidang olahraga.

2. Ikutkan anak dalam kompetisi

Mengikutsertakan anak dalam kompetisi bidang olahraga yang ia senangi dapat bermanfaat untuk mengetahui seberapa jauh kemampuannya dalam olahraga tersebut. Dengan itu maka akan dapat ditentukan cabang olahraga mana yang benar-benar menjadi bakatnya.

3. Mengikutsertakan anak dalam klub olahraga

Anak yang berbakat dalam bidang olahraga juga perlu dimasukkan dalam klub. Hal tersebut perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuannya. Karena di dalam klub olahraga, anak akan memiliki pelatih yang dapat memoles bakatnya. Selain itu, untuk anak yang memiliki bakat dalam olahraga beregu ia akan mudah menemukan teman untuk menjadi sebuah tim.

4. Tetap mendukung pendidikan umum

Pendidikan umum seperti pendidikan formal tetap dibutuhkan anak dalam mencapai kesuksesan di masa depannya. Jadi tetap berikan semangat kepada anak agar tetap seimbang antara pendidikan dan latihan bakatnya. Jika memang anak setelah mengikuti banyak perlombaan dan diperlukan pembinaan khusus yang mungkin dapat mengganggu pendidikan formalnya, orang tua dapat mempertimbangkan pendidikan homeschooling untuk solusinya.

Kesadaran orang tua terhadap bakat anak memanglah cukup penting untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Dengan mengetahui bakatnya sedini mungkin akan jauh lebih mudah melatih dan mengembangkan bakat yang ia miliki. Anak yang berbakat dalam bidang olahraga jika didukung dan difasilitasi bisa jadi akan menjadi penerus atlet-atlet berbakat di masa mendatang yang dapat mengharumkan nama bangsa.

Sumber : 

Appletreebsd.com (2017). Begini Cara Mengasah Bakat Anak di Bidang Olahraga.  https://www.google.com/amp/s/www.appletreebsd.com/mengasah-bakat-anak/amp/

CNN Indonesia. (2019). Klasemen SEA Games 2019 Senin: Indonesia Posisi Ke-4. https://m.cnnindonesia.com/olahraga/20191202212839-178-453531/klasemen-sea-games-2019-senin-indonesia-posisi-ke-4

Inet.detik.com (2018). 6 Tanda Anak Berbakat Jadi Atlet. https://m.detik.com/inet/aktivitas/4174607/6-tanda-anak-berbakat-jadi-atlet

Sumber gambar:

https://www.sahabatnestle.co.id/content/gaya-hidup-sehat/tips-parenting/ingin-menjadi-anak-pintar-yuk-ajak-si-kecil-berolahraga.html

Sumber gambar:

https://www.sahabatnestle.co.id/content/gaya-hidup-sehat/tips-parenting/ingin-menjadi-anak-pintar-yuk-ajak-si-kecil-berolahraga.html

Ayu Putri

Seorang ibu rumah tangga yang berusaha menjadi bermanfaat untuk sesama.
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *