Mommies Daily

Aktivitas Hemat untuk Family Time di Akhir Pekan

Yeay akhir pekan sebentar lagi tiba! Saatnya untuk Family time. Mendengar kata Family time apa sih yang terbayang oleh moms? Jalan-jalan ke mal? Makan di luar? Staycation di hotel? Atau menemani anak bermain di playground?
Wahhh kalau begitu, butuh merogoh kocek yang besar untuk Family time?
Oh no no no…
Jangan khawatir moms, Family time tidak melulu harus berjalan2 ke mal atau melakukan kegiatan atau pergi ke destinasi yang pricey loh, moms. Ada banyak aktivitas yang dapat menciptakan momen, namun tetap hemat. Yup… melalui tulisan ini kami akan memberikan sepenggal ide untuk moms. Dibaca sampai habis yah 😉

Sebelum membahas mengenai ide Family time, kami akan membahas apa arti Family time itu sendiri. Family time adalah waktu yang dihabiskan bersama keluarga dengan tujuan untuk meningkatkan keharmonisan keluarga. Family time dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Kunci tercapainya tujuan dari Family time itu sendiri bergantung pada kualitasnya, bukan kuantitasnya. Yang perlu ditekankan, kualitas dari Family time ini tidak ada kaitannya dengan nominal atau jumlah kocek yang dikeluarkan ya, moms. Cukup dengan mengobrol, bercanda, dan bermain bersama di rumah, moms sudah bisa menciptakan Family time.

Selain lebih hemat, Family time yang dilakukan di rumah dapat diisi dengan aktivitas yang lebih bermanfaat. Berikut ide aktivitas hemat Family time yang dapat dilakukan bersama si kecil di akhir pekan:

  • Membersihkan rumah

Ajaklah si kecil untuk membantu membersihkan rumah, seperti mengelap kaca, membersihkan meja dengan kemoceng, memasukan baju kotor ke ember atau ke dalam mesin cuci, dsb. Dengan membersihkan rumah, moms telah menstimulasi motorik kasar dan motorik halus si kecil. Selain itu, aktivitas ini juga mengajarkan si kecil untuk hidup bersih dan sehat.

  • Berkebun

Kegiatan berkebun dapat menjadi salah satu opsi untuk Family time di rumah. Selain mengasyikan, berkebun juga sarat akan edukasi. Banyak hal yang dapat si kecil peroleh dari aktivitas berkebun, seperti terstimulasinya saraf sensorik tangan dan kaki saat si kecil memegang tanah basah dan kering dan menginjak batu taman maupun rerumputan, belajar aneka warna, ekosistem di kebun dan sebagainya.

  • Berolahraga bersama

Berolahraga bersama tidak kalah menarik untuk mengisi Family time di akhir pekan. Selain menyehatkan, berolahraga juga mampu memperkuat otot dan melatih keseimbangan si kecil. Namun, utamakan kenyamanan dan keamanan si kecil terpenuhi ya, moms. Tetap dampingi si kecil saat bersepeda, berlari maupun berenang.

  • Memasak bersama

Memasak dengan melibatkan si kecil memang agak mengkhawatirkan ya, moms karena peralatan di dapur yang tidak cukup aman untuk si kecil. Namun, moms bisa menyiasatinya dengan mencari aktivitas yang mudah lagi aman untuk si kecil. Sebelum memasak, moms bisa kenalkan macam-macam nama sayuran kepada si kecil, kemudian ajak si kecil untuk mencuci sayuran tersebut. Moms juga dapat melibatkan si kecil untuk mengaduk adonan saat membuat donat, misalnya. Atau sekedar mengupas cangkang telur rebus. Selain dapat menambah kosakata si kecil, kegiatan ini juga merangsang saraf sensorik dan melatih konsentrasi, serta kesabaran si kecil.

Mana yang menurut moms paling menarik? Semoga ide ini dapat menginspirasi moms untuk Family time di akhir pekan ini. Buatlah akhir pekan moms dan keluarga semakin berwarna, seru, menyenangkan, dan tetap hemat. Happy weekend!

Miranti Verdiana Ranu Muindro

Miranti Verdiana Ranu Muindro

Hello, I’m Mira and I’m One Happy Housewife! Allah has blessed me with an amazing husband and a wonderful son. I am half Javanese and half Sundanese. I love writing, organizing, home decorating, playing with my son, and planning out and making lists for everything! I am lucky enough to be a housewife and stay-at-home mom and do what I love everyday.

Related Posts