Lifestyle Mommies Daily Mommies Info Parenting

Perhatikan 4 Kebutuhan Anak Balita, Sebelum Mengajak Bepergian ke Suatu Acara

Mommies, saat masih single tentu menjadi hal biasa keluar rumah untuk bekerja atau menghadiri suatu acara. Begitu menjadi seorang ibu, pasti membutuhkan keluar rumah sekedar menghadiri pertemuan kajian, arisan, seminar singkat atau ikut playdate bersama.

Jika anak tidak memungkinkan untuk ditinggal, tentu pilihan satu-satunya adalah mengajaknya hadir ke acara. Saat anak masih bayi, mungkin sangat lebih mudah mengondisikan, bagaimana jika sudah berusia setahun hingga lima tahun dan ingin mengajaknya bepergian ke acara? Apa saja kebutuhan anak yang perlu disiapkan?

Ada begitu banyak kebutuhan untuk anak mulai kebutuhan fisik seperti pemenuhan makan, minum, hawa yang tidak terlalu panas atau dingin, kuantitas orang yang hadir apakah ramah atau sepi seperti kebiasaan sehari-hari di rumah, hingga kebutuhan alat permainan. Selain itu kebutuhan jiwanya seperti perasaan aman, nyaman, tenang dan santai. Hal ini tentu semakin kompleks dan jika tidak direncanakan dengan baik akan mengakibatkan hal di luar kendali saat acara berlangsung.

Mommies, berikut penjelasan tentang kebutuhan anak yang bisa dijadikan bekal sebelum mengajak serta ke suatu acara, antara lain :

1. Kebutuhan gambaran suasana dan peristiwa (briefing dan role playing)
Mommies, anak perlu dilatih dan dikenalkan gambaran suasana serta peristiwa yang akan diikuti di suatu pertemuan. Anak-anak butuh dideskripsikan secara detail tentang kondisi, ketentuan dan hal penting yang harus diperhatikan saat acara berlangsung, seperti apa saja yang boleh serta tidak boleh dilakukan. Setelah itu, jika anak sudah bisa diajak komunikasi dan memahami instruksi, ajaklah untuk melakukan role playing. Role playing adalah mempraktikkan seolah-olah mereka sudah ada di kondisi acara sebenarnya. Kemudian tanyakan dan pastikan kembali bahwa anak sudah memahami serta beri pujian di akhir briefing.

Briefing dan role playing sebelum bepergian

Mengajak anak briefing dan role playing sebelum bepergian

2. Kebutuhan fisik
Pastikan anak dalam kondisi tidak mengantuk dan sudah kenyang. Namun untuk berjaga saat acara, tetap perlu menyediakan makanan dan minuman. Bagi anak, kesibukan makan adalah salah satu aktivitas yang cukup menyenangkan. Saat anak merasa lapar, bisa jadi akan rewel di tengah acara. Tapi sebelumnya perlu memastikan peraturan membawa makanan ke dalam ruangan.

Mommies juga perlu mengingat bahwa anak juga butuh tempat untuk duduk atau merebahkan diri. Padahal jika anak hanya diberi tempat sedikit atau dipangku saja, sebetulnya terasa kurang nyaman, anak juga ingin dihargai seperti lainnya. Selain itu, saat anak telah merasa mengantuk atau lelah bisa langsung membaringkan diri meski hanya ada sedikit tempat luang.

3. Kebutuhan anak untuk bermain
Jika acara memang disusun untuk playdate, pasti menyenangkan saat sesi bermain tiba. Tapi jika acara orang tua menghabiskan banyak waktu untuk duduk, Mommies perlu menyediakan alternatif permainan sesuai usia atau pilihannya seperti di sesi briefing dan role playing. Bisa juga membawa buku cerita atau kertas kosong, buku mewarnai beserta alat warna. Setiap ibu pasti lebih mengenal jenis mainan kesukaan anak. Jika harus sering mengajak ke berbagai acara, maka bisa disimpan khusus untuk dibawa pergi dan jangan digunakan bermain di rumah. Tentu menjadi kesenangan tersendiri bagi anak saat mengikuti acara.

4. Kebutuhan jiwa
Ada tipe anak yang mudah adaptasi di tempat baru. Tapi ada juga anak yang butuh waktu lama bahkan sulit beradaptasi. Mommies, sebaiknya peka terhadap perasaan anak, tidak perlu memaksanya untuk bisa cepat adaptasi. Bisa jadi anak juga tidak merasa nyaman karena kurang diperhatikan saat Mommies fokus menyimak acaranya sebab rentang perhatian dan pengendalian diri anak, belum seperti orang dewasa.

Mommies, suasana pertemuan biasanya tidak sesuai dengan kebutuhan anak. Ada baiknya memenuhi kebutuhannya terlebih dahulu agar keinginan dalam mendapatkan hasil dari suatu acara tersebut bisa didapat. Namun jika kondisi anak belum memungkinkan untuk diajak dan acara yang akan dilalui juga berdurasi lama, sebaiknya menunda hadir terlebih dahulu daripada anak harus mengorbankan kebutuhannya.

Sumber:
– Istadi, Irawati. 2016. Mendidik dengan Cinta. Yogyakarta. Pro-U Media.
– Fitriani, Okina. 2017. The Secret of Enlightening Parenting. Jakarta. Serambi Ilmu Semesta.

Sumber ilustrasi:
duajari.co
– okinafitriani.com

April Fatmasari

Seorang istri sekaligus ibu rumah tangga yang masih belajar memaknai universitas kehidupan dengan tulisan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *