Parenting

3 Jurus Anti GTM (Gerakan Tutup Mulut ) Pada Anak

Emak-emak pasti pada galau yes kalo si krucil lagi ’emoh’ maem, bahasa inggrisnya GTM (Gerakan Tutup Mulut)  :)) Berbagai aksi pun dilakukan. Demi apa coba? Agar beberapa suap MPASI masuk ke mulut. Duh, emang stok sabar kudu ditingkatin ya buk ibuk kali udah kek gitu. Tapi eitz, tenaaaang… Nih, saya punya solusinya. 3 Jurus Anti GTM:

 1. Gali penyebabnya

Kalo si kecil udah nutup mulut atau cuma sedikit MPASI yang dimakan, stop! jangan buru-buru kesel. Coba deh cari tau penyebabnya. Apa itu karena doi lagi tumbuh gigi, gak enak badan kayak lagi bapil (aka. Batuk Pilek) ato emang karena ada faktor ‘out-of-the-box’.  

 2. Temukan solusinya

Nah, kalo udah tau penyebabnya apa nih, kita bisa nentuin menu MPASI apa sih yang pas buat si kecil. Contohnya nih, kalo doi lagi tumbuh gigi, kasih aja makanan yang padet. Bisa food finger macam home made nugget 4* atau potongan buah-buahan dan biskuit buat digigitin.

Kalo si kecil lagi gak enak badan kayak lagi bapil, kita kasih aja MPASI berkuah seperti sup ayam, semur atau makanan lembek semacam bubur ayam.

Terakhir, kalo entah apa sebabnya doi gak mau makan. Tetap rileks dan jaga kesabaran ya mom. Faktor ‘tak terduga’ ini bisa karena emang si kecil lagi males makan, pengen naek tekstur, pengen makan sambil jalan-jalan atau maenan keluar rumah, gak mau disuapin dan pengen maem sendiri, dll.

 3. ‘Maksain’ is a big NO-NO!

Kalo kita udah tau sebabnya kenapa si kecil lagi GTM dan udah dikasih solusinya, tapi doi tetep keukeuh ogah maem, yasudlah mo begimana lagi. Yang penting asupan nutrisinya tetap dijaga dari ASI ato dengan tambahan sufor dan cemilan berkalori tinggi.

Coz, saya pernah baca kalo bayi 6m+ asupan nutrisinya masih 80% dari ASI. Tapi, semakin bertambah usianya, semakin tinggi asupan yang didapat dari MPASI dan semakin berkurang dari ASI. So, kalo bayinya masih di bawah setahun, sekali-kali gak papa lah ya kalo gak mau makan, yang penting mimik ASI-nya jalan terus. Untuk bayi yang setahun ke atas, nutrisinya bisa dibantu pake sufor atau kelo emang cuma pengen nge-ASI, kasih aja makanan favoritnya pas lagi GTM. Semoga aja bisa membantu.

Kayak kita orang dewasa yang kadang lagi males aja, si kecil juga gitu mom. Jangan sampek gegara kita maksain buat MPASI masuk ke mulutnya, kita jadi suntuk sendiri karena usaha ‘gatot’. Si kecil makan MPASI dengan lahap emang nyenengin, tapi menjaga kewarasan emaknya juga penting.

 

 Oleh: Meganindy

(Blogger “www.meganindya.blogspot.com”, Penulis Buku “Sabar Menanti Buah Hati”)

 

Lamtiyah Ikha Indriyana

Lamtiyah Ikha Indriyana

Ibu satu anak yang masih belajar dan berusaha mengelola waktu, tenaga dan pikiran demi menjadi ibu dan istri terbaik untuk keluarga

Related Posts