7 Ide Seru Untuk Mengisi Liburan Anak

Libur akhir tahun sudah menanti di depan mata. Anak-anak pasti senang karena sejenak istirahat dari rutinitas sekolah. Apakah Mommies juga senang menyambut rencana berlibur dengan anak? Atau bertambah bingung karena memikirkan rencana keseharian anak saat libur sekolah?

Menurut Anastasia Satriyo, MPsi, psikolog anak dari Tiga Generasi menyatakan bahwa anak gampang bosan adalah hal yang lumrah terlebih jika kemampuan intelektualnya baik. Anak membutuhkan ragam kegiatan yang sesuai kebutuhannya. Masih menurut Anastasia, walau anak pembosan, bisa saja begitu kreatif dalam menciptakan mainan. Mommies juga perlu ragam rencana agar liburan anak menyenangkan.

Bagaimana supaya anak menikmati libur sekolah tanpa Mommies harus mengeluarkan banyak budget? Harapannya anak juga tidak bosan dengan rutinitas saat berlibur. Berikut 7 ide yang bisa dijadikan referensi:

1. Menekuni hobi
Kenali hobi anak atau cobalah mengenalkan ragam aktivitas yang bisa menjadi hobi baru anak. Seperti melukis menggunakan media kain, menulis dengan mengikuti kelas literasi atau mendongeng, berkreasi menyulap benda-benda bekas atau tidak terpakai menjadi barang yang menarik dan sebagainya.

2. Berkebun
Bermain kotor-kotoran adalah hal yang menyenangkan. Kegiatan ini mengasah motorik kasar anak. Mommies dapat mencontohkan cara menggali, menabur bibit atau menyiram.

3. Memasak
Kegiatan ini tidak mengenal jenis kelamin, anak lelaki atau perempuan sebaiknya dikenalkan kegiatan memasak. Kegiatan ini mengenalkan tentang proses kimiawi dari bahan mentah menjadi matang. Selain itu dapat mengasah kemandirian anak.

4. Berkemah
Kegiatan ini biasanya diselenggarakan komunitas tertentu untuk mengisi liburan anak. Bisa saja Mommies ikut bersama anak agar lebih bersosialisasi. Namun jika belum memungkinkan dapat mengajak saudara untuk berkemah di bumi perkemahan atau taman rumah. Tentu untuk melatih bekerja sama, menyelesaikan masalah dan mengenal lingkungan hijau atau langit malam.

Berkemah
Berkemah adalah salah satu kegiatan mengisi liburan anak

5. Naik kereta api
Kegiatan menaiki transportasi massal ini memiliki sensasi sendiri. Anak belajar sejak membeli tiket, mengantri cek in atau naik kereta. Anak juga mengenal ragam profesi dengan berkomunikasi bersama kondektur, masinis, petugas loket, penumpang dan petugas kereta api lainnya.

6. Olahraga
Mengenalkan kegiatan olahraga sejak dini adalah hal yang baik supaya anak terbiasa pola hidup sehat. Banyak ragam jenis olahraga yang menyenangkan bahkan permainan tradisional. Ajaklah berolahraga ke berbagai tempat menarik di pagi hari.

7. Pergi ke tempat wisata edukatif
Saat pergi ke tempat wisata, sesuaikan dengan budget keluarga. Banyak alternatif tempat wisata yang menarik dan edukatif di Indonesia semacam kebun binatang, museum, perkebunan, peternakan atau pasar tradisional.

Mommies, momen liburan anak menjadi berkesan jika direncanakan dengan baik. Anak akan belajar banyak hal dengan cara menyenangkan dan berbeda. Saatnya orang tua menguatkan ikatan dengan anak dengan kegiatan libur yang seru.

Sumber:
https://health.detik.com/anak-dan-remaja/d-3387194/wajarkah-jika-anak-gampang-merasa-bosan

https://id.theasianparent.com/10-kegiatan-edukatif-saat-liburan-anak-sekolah.

https://www.ayahbunda.co.id/balita-bermain-permainan/aktivitas-seru-mengisi-liburan

https://www.haibunda.com/parenting/20180618102257-61-20342/10-kegiatan-hemat-dan-menyenangkan-untuk-anak-saat-liburan

 

Sumber ilustrasi:

– tribunnews.com

– cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *