Hari HAM 10 Desember, Tahukah 10 Jenis Hak Anak?

Mommies, hak asasi manusia (HAM) adalah hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan. Hak tersebut sudah seharusnya dilindungi negara, hukum dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat martabat manusia. Menurut Kasubdit Diseminasi dan Penguatan HAM Wilayah II, Darsyad, menyatakan bahwa HAM seseorang dimiliki meskipun masih dalam rahim ibu.

http://ham.go.id/hak-asasi-manusia-dan-hak-anak-tidak-dapat-dipisahkan/

Hari HAM resmi diperingati sejak tahun 1950 pada tanggal 10 Desember. Peringatan tersebut hasil dari rapat pleno ke -317 majelis umum perserikatan bangsa-bangsa (PBB) yang mengundang semua negara anggota. 10 hak dasar yang dimiliki manusia, salah satunya adalah hak anak. Anak termasuk kelompok yang rentan, sehingga hak-haknya perlu dijamin oleh negara.

Mommies, apakah sudah tahu hak-hak anak? PBB di tahun 1954 mengumumkan tentang hak anak. Hak tersebut disahkan sebagai Konvensi hak-hak anak pada tahun 1989. Pemerintah Indonesia melalui Keputusan Presiden No.36/1990 mengakui hak anak tersebut. Berikut 10 hak anak yang sebaiknya dipenuhi orang tua:

1. Hak mendapatkan nama atau identitas
Setiap orang tua, terkadang sudah menyiapkan nama pilihan untuk anak. Pastikan nama tersebut menjadi dokumen negara dengan mengurus akte kelahiran.

2. Hak untuk memiliki kewarganegaraan
Hak ini berkaitan dengan hak identitas. Saat memiliki akte kelahiran, anak juga bisa memeroleh kartu identitas anak atau kartu tanda penduduk saat dewasa.

3. Hak memeroleh perlindungan
Anak lelaki atau perempuan berhak mendapat perlindungan dari segala macam kekerasan fisik atau mental. Hari HAM atau hari anak bisa dijadikan momentum sosialisasi perlindungan anak.

4. Hak memeroleh makanan
Anak membutuhkan makanan dengan gizi baik untuk tumbuh kembangnya sejak dalam kandungan. Saat lahir, penting melalui tahapan pemberian ASI, MPASI dan makanan sehat lainnya.

5. Hak atas kesehatan
Hal mendasar yang perlu dipersiapkan agar sehat adalah menyiapkan lingkungan yang bersih, memberi makanan layak, pemberian vaksin dan menerapkan pola hidup sehat. Kesehatan adalah salah satu hal berharga bagi seseorang. Anak yang diusahakan tumbuh sehat akan menjadi generasi kuat di masanya.

6. Hak rekreasi
Banyak manfaat yang didapat anak dengan rekreasi, bukan hanya kesenangan tapi juga perkembangan sosial dan emosional. Sesuaikan dengan dana yang tersedia dalam keluarga.

7. Hak memeroleh pendidikan
Pendidikan anak dimulai dari rumah. Orang tua adalah pendidik pertama yang memfasilitasi keinginan belajar anak.

8. Hak bermain
Bermain adalah dunia anak. Banyak manfaat yang didapat dari bermain. Pastikan permainan yang sesuai dengan usia tumbuh kembangnya.

Bermain adalah hak anak
Bermain adalah hak anak

9. Hak untuk berperan dalam pembangunan
Mommies ingin punya anak bermanfaat untuk negara? Sejak dini bisa melibatkan dalam kegiatan kemasyarakatan. Kenalkan dan sisipkan pengetahuan untuk menjadi warga negara yang baik.

10. Hak mendapatkan kesamaan
Hak ini berhubungan dengan kesembilan hak anak lainnya. Semua hak anak berhak diberikan haknya tanpa ada yang membedakan. Karena setiap anak berhak mendapat kesamaan.

Hari HAM ini juga mengingatkan bahwa hak anak merupakan hak asasi manusia yang dilindungi dan diakui oleh hukum bahkan sejak dalam kandungan. Sebagai orang tua tentu berkewajiban untuk memenuhinya. Sudahkah Mommies memenuhi hak anak dengan tepat?

 

Sumber:

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/nasional/read/2019/12/10/10204831/cikal-bakal-hari-ham-sedunia

https://www.ayahbunda.co.id/balita-psikologi/10-hak-anak

 

Sumber ilustrasi:

– ristekdikti.go.id

– trueparenting.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *