SEA Games 2019 dan Kecerdasan Ganda

Mommies, SEA Games 2019 telah berlangsung sejak 30 November 2019 lalu. Dicuplik dari kompas.com, sementara Indonesia menduduki posisi kedua klasmen berbeda tipis dengan Filipina. Saat ini Indonesia sudah mengantongi 207 medali dengan rincian yaitu 65 medali emas, 59 medali perak dan 78 medali perunggu. Cabang olahraga yang dilombakan sejumlah 66 cabang seperti wushu, angkat besi, gulat, tenis meja, taekwondo dan sebagainya.

Dalam mengikuti perlombaan, individu harus memiliki banyak pengalaman dan keterampilan agar bisa meraih banyak kemenangan. Oleh karena itu, dalam ajang SEA Games tahun 2019 ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudin Amali menyebutkan bahwa persentase atlet yang dikirimkan 60 persen lebih banyak merupakan para atlet muda dan 40 persen merupakan atlet senior. Hal ini juga merupakan suatu upaya persiapan dalam mengikuti ajang pesta olahraga yang lebih besar lagi, yaitu Asian Games dan Olimpiade.

Olahraga merupakan salah satu macam dari 9 macam multiple intelligence atau kecerdasan ganda. Ketika masih kanak-kanak, sekolah dan orang tua seringkali menekankan agar mendapatkan nilai bagus dalam mata pelajaran umum. Namun sayangnya, ketika sang anak terlihat mahir dalam beberapa hal seperti olahraga, musik, menggambar serta berorganisasi dan kurang mahir dalam pelajaran umum.

Kecerdasan Ganda dari Howard Gardner

Sebagian besar orang tua akan mengkhawatirkan masa depan sang anak lantas memaksa anak untuk mengikuti berbagai macam les dan menenggelamkan potensi kecerdasan yang mungkin saja dimiliki oleh anaknya. Melalui ajang SEA Games 2019 ini, kita bisa memperhatikan salah satu kecerdasan diantara 9 jenis kecerdasan berkembang dan berupaya memuliakan bangsanya. Berikut jenis-jenis kecerdasan lain berdasarkan teori Howard Gardner:

  1. Kecerdasan Linguistik (Verbal-Linguistic Intelligence)
    Gardner mendefinisikan bahwa seseorang dengan kecerdasan ini memiliki sensitivitas terhadap bahasa dan menggunakan lisan serta tulisan dalam mencapai tujuan mereka. Individu dengan kecerdasan ini memiliki kosakata yang baik.
    Jika anak-anak mahir berpuisi atau menulis, barangkali anak kita memiliki kecerdasan linguistik.
  2. Kecerdasan Logika Matematika (Logical-Mathematical Intelligence) merupakan kemampuan untuk memahami dan menggunakan struktur logis, termasuk didalamnya pola, hubungan dan pernyataan, proposisi melalui eksperimen, kuantifikasi, konseptualisasi serta klasifikasi. Ini bisa kita amati secara umum ketika anak memiliki ketertarikan terhadap dunia hitung atau mempelajari hukum alam seperti gravitasi. Kecerdasan ini adalah jenis lain selain kecerdasan kinetik jasmani yang dimiliki para atlet SEA Games 2019.
  3. Kecerdasan Visual dan Spasial (Visual-Spatial Intelligence) Kecerdasan seperti ini termasuk kemampuan untuk belajar secara visual dan mengatur ide-ide secara spasial. Misal, mampu memahami konsep dan mengamati hal-hal secara tergambar dalam pikiran seseorang saat berencana untuk menciptakan suatu produk atau memecahkan masalah. Mereka dengan kecerdasan ini mampu untuk mencermati bentuk, warna, grafik dan serta orientasi ruang. Jika anak kita senang mencermati interior ruang, atau membuat pahatan-pahatan seperti patung, mungkin anak kita memiliki kecerdasan ini.
  4. Kecerdasan Musikal (Musical-Rhythmic Intelligence) Seseorang dengan kecerdasan ini, mampu membedakan tangga nada, melodi, pola getaran, ataupun bunyi lain yang berirama. Jika anak kita mampu bernyanyi, membedakan nada ataupun memainkan alat musik, barangkali anak kita memiliki kecerdasan di bidang ini.
  5. Kecerdasan Kinestetik Jasmani (Bodily-Kinesthetic Intelligence) Mommies, inilah kecerdasan yang dimiliki oleh para atlet SEA Games 2019. Mereka memiliki kemampuan untuk mengkoordinasikan tubuh dan otak mereka dalam bergerak ataupun menggunakan suatu alat dengan terampil karena pada dasarnya, mengkoordinasikan antara gerak tubuh dan pikiran secara cepat itu bukan pekerjaan mudah lho, mommies.
  6. Kecerdasan Interpersonal ( Interpersonal Intelligence) Kecerdasan interpersonal berbeda dengan kecerdasan bahasa ya, mommies. Jika ada orang yang bisa berpidato di depan umum dan terlihat akrab dengan orang banyak, tidak selalu bisa disebut kecerdasan interpersonal. Kecerdasan interpersonal ini merupakan kemampuan seseorang dalam menjalin relasi dengan orang lain. Mereka mampu membedakan seseorang berdasarkan suasana hati, temperamen, motivasi, niat dan menggunakan informasi tersebut untuk membujuk, memanipulasi, menengahi, mempengaruhi individu atau sekelompok individu. Jika anak Anda pandai menjadi penghubung antara Anda dan kakaknya atau pandai membuat Anda berkata ‘iya’ tanpa rasa kesal, barangkali anak Anda memiliki kecerdasan ini.
  7. Kecerdasan Intrapersonal (Intrapersonal Intelligence) Kecerdasan ini membuat seseorang mampu memahami dirinya sendiri dalam hal memahami perasaan, kepanikan, motif dan mampu menggambarkan siapa saya. Jika anak Anda paham hobinya, memiliki motivasi khusus dalam melakukan sesuatu tanpa arahan, mungkin anak Anda memiliki kecerdasan ini.
  8. Kecerdasan Naturalis (Naturalist Intelligence) Kecerdasan ini merupakan kemampuan untuk ‘bersahabat dengan alam’. Mereka mampu menggolongkan flora ataupun fauna, mampu menjinakkan hewan serta berinteraksi secara halus dengan makhluk hidup. Jika anak kita senang memelihara hewan, senang menanam di sekitar, bisa jadi dia memiliki kecerdasan ini.
  9. Kecerdasan Eksistensial (Existential Intelligence) Kecerdasan Eksistensial merupakan kemampuan untuk berpikir secara mendalam melalui pertanyaan tentang keberadaan manusia, pencarian makna hidup, alasan kematian dan peran kita di dunia. Jika anak Anda senang bertanya seperti mengapa dunia ini ada, mengapa ada orang baik dan ada orang jahat dan sebagainya, bisa jadi anak kita memiliki kecerdasan ini.

Pada dasarnya, semua manusia memiliki kecerdasan masing-masing. Seperti halnya para atlet SEA Games 2019, ketika mereka menemukan kecerdasannya dan mereka mengasahnya terus menerus, maka kecerdasan itu juga menjadi kecerdasan yang diakui oleh dunia.

Sumber Bacaan:

https://bola.kompas.com/read/2019/12/09/05000078/klasemen-medali-sea-games-2019-indonesia-unggul-tipis-atas-vietnam

https://tirto.id/di-sea-games-2019-kontingen-indonesia-didominasi-atlet-junior-emro

https://www.cermati.com/artikel/9-tipe-kecerdasan-yang-dimiliki-manusia-mana-yang-anda-punya

Gohar, M. J, Sadeghi, N. (2015). Gardner’s Multiple Intelligence Theory and Foreign Language Achievement. International Journal of English and Education 4(1). 206-2016.

Sumber Gambar:

https://m.tribunnews.com/amp/sport/2019/12/06/update-perolehan-medali-sea-games-2019-sambo-sumbang-emas-ke-40-indonesia-kejar-filipina

https://www.diskusikehidupan.com/2019/04/apakah-multiple-intelligence-itu-2.html?m=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *