Waspada! 2019 Tahun Terpanas di Indonesia, Berikut 5 Cara Mengatasi Biang Keringat pada Anak

Pernahkah dalam beberapa hari terakhir ini Anda merasa sangat kepanasan, mommies? Jika iya, maka tubuh anda tidak berbohong. Menurut Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, tahun 2019 merupakan tahun terpanas di Indonesia.

 

Musim kemarau tahun ini bahkan menyebabkan kekeringan ekstrem di beberapa daerah di Indonesia. Dan hal tersebut bukan satu-satunya hal yang disebabkan oleh kemarau panjang tersebut. Contoh lainnya yaitu kebakaran hutan dan lahan meningkat bahkan menyebabkan bencana nasional beberapa waktu yang lalu.

 

Bulan November ini memang sudah memasuki musim penghujan untuk beberapa daerah di Indonesia, walaupun belum rutin terjadi. Pada saat perubahan cuaca seperti saat ini biasanya anak mommies banyak yang mengalami biang keringat. Sudah tidak mengherankan apabila Anda mencari tahu bagaimana mengatasi biang keringat pada anak.

 

Biang keringat disebabkan oleh tersumbatnya saluran keringat sehingga bisa menyebabkan penumpukan keringat di bawah kulit. Pada dasarnya penyebab utamanya adalah adanya bakteri yang disebut Staphylococcus Epidermdis. Bakteri tersebut berperan dalam penyumbatan saluran keringat yang akhirnya mengakibatkan biang keringat pada anak Anda.

 

Biang keringat biasanya menyebabkan bintik-bintik atau ruam kemerahan pada kulit anak Anda. Biang keringat biasanya terpusat pada area tertentu di kulit, misal dada, punggung, kaki, dan lainnya. Berikut adalah 5 hal yang bisa mommies lakukan untuk mengatasi biang keringat pada anak.

  1. Memilih baju dengan bahan yang mudah menyerap keringat, misalnya katun. Sebaiknya Anda menghindari penggunaan baju berbahan nilon atau polyester ya mommies.
  2. Menggunakan sabun antiseptik atau antibakteri setiap kali memandikan anak
  3. Ketika biang keringat terjadi kita dapat mengatasi biang keringat pada anak dengan mengoleskan krim yang mengandung anhydrous lanolin
  4. Cara yang paling mudah untuk dilakukan agar anak Anda tidak terlalu terganggu dengan biang keringat adalah dengan tetap berada di ruangan yang ber-AC atau kipas angin.
  5. Solusi yang terakhir adalah menjaga kulit tetap kering dengan mandi teratur atau membasuh diri dengan air dingin.

Biang keringat tidak akan mudah untuk dihindari apalagi kondisi anak yang masih rentan namun semoga dengan cara mengatasi biang keringat pada anak yang sederhana tersebut dapat menjadi solusi yang mudah diaplikasikan.

 

Sumber :

 

Sumber gambar :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *