6 Tips Jitu Memilih Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Wajah yang cantik dan sehat merupakan dambaan setiap wanita. Demi mendapatkan paras yang cantik sebagian besar wanita rela membelanjakan banyak uangnya untuk membeli skincare atau melakukan perawatan di dokter kecantikan.

Wanita yang sedang hamil dan menyusui pun juga begitu, tetap ingin tampil dengan wajah yang segar dan cantik. Namun, dengan keadaannya yang sedang hamil dan menyusui sering kali wanita berpikir apakah produk kecantikan yang sedang ia gunakan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Hormon kehamilan yang semakin meningkat biasanya dapat memicu munculnya permasalahan kulit pada ibu hamil. Permasalahan kulit yang biasanya dialami yaitu munculnya jerawat, pigmentasi dan stretch mark. Kondisi tersebut memang dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri bagi ibu hamil dan menyusui yang mengalaminya sehingga mereka mencoba membeli berbagai macam skincare untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Produk Skincare

Membeli produk skincare yang beredar bebas di pasaran bisa menjadi solusi. Namun, ternyata tidak semua produk skincare aman untuk ibu hamil dan menyusui lho Mommies. Oleh karena itu, Mommiesharing.com kali ini berbagi tips kepada para ibu hamil dan ibu menyusui dalam memilih skincare yang aman diantaranya adalah :

1. Konsultasi dengan dokter

Jika selama ini Mommies melakukan perawatan dengan dokter kecantikan maka sampaikanlah bahwa saat ini Anda sedang hamil atau menyusui. Karena dokter akan memilihkan produk skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Beberapa bahan skincare yang tidak aman untuk ibu hamil dan menyusui diantaranya yaitu merkuri, salicylic acid atau BHA, soy, PABA, hydroquinone, benzoyl peroxide, rhodamine, dan benzophenone-3.

2. Hindari skincare yang mengandung derivat

Beberapa skincare biasanya mengandung golongan zat derivat. Zat derivat ini ternyata dapat berdampak buruk pada kehamilan yaitu dapat menyebabkan kecacatan pada janin. Sehingga Mommies perlu menghindari skincare yang mengandung golongan zat ini. Bahan-bahan yang termasuk dalam golongan derivat yaitu retinol, tretinoin, isotretinoin dan vitamin A.

3. Tabir surya

Ketika hamil dan menyusui Mommies perlu lebih cermat dalam memilih tabir surya sebagai skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Karena sebagian produk tabir surya mengandung bahan yang tidak aman untuk ibu hamil dan menyusui. Pilihlah tabir surya yang berbahan alami, biasanya yang mengandung bahan titanium dioxide dan zinc oxide.

4. Tidak mengandung alkohol

Walaupun sebenarnya kandungan alkohol dalam skincare aman untuk ibu hamil dan menyusui, namun sebaiknya tetap dihindari. Wajah yang lebih sensitif pada saat hamil biasanya akan lebih mudah iritasi jika terkena skincare yang mengandung alkohol. Hal ini disebabkan oleh sifat alkohol yang dapat membuat wajah kering. Jika wajah kering maka mudah sekali kulit iritasi dan timbul kemerahan.

5. Gunakan pelembab

Rutin menggunakan pelembab merupakan jurus jitu untuk mengurangi resiko timbulnya stretch mark pada ibu hamil. Pelembab berfungsi untuk menjaga kadar air pada kulit ketika volume otot dan lemak pada kulit bertambah seiring bertambahnya besar janin di kandungan. Dalam pemilihan pelembab tentu tetap perhatikan bahwa pelembab tersbut merupakan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui ya Mommies.

6. Hindari penggunaan pemutih badan dan wajah

Selama hamil dan menyusui banyak wanita yang mengeluhkan wajahnya menjadi lebih kusam. Meski seperti itu Mommies disarankan untuk tidak menggunakan skincare yang bersifat memutihkan kulit atau mencerahkan terlebih dahulu. Karena biasanya skincare pemutih mengandung zat yang berbahaya untuk ibu hamil dan menyusui seperti merkuri, hydroquinone dan asam salisilat.

Sekarang Mommies tidak bingung lagi kan dalam menentukan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui? Jika Mommies masih ragu-ragu dengan kandungan dalam skincare yang Mommies gunakan, segera konsultasikan dengan dokter. Agar Mommies tetap tampak segar dan cantik, sebisa mungkin sempatkan ntuk merawat kebersihan diri ya Mommies. Seperti mandi rutin 2 kali sehari, memakai pakaian rapi dan bersih serta gunakan lipstik agar tidak tampak pucat.

Sumber :
https://www.google.com/amp/s/www.popmama.com/amp/pregnancy/second-trimester/rachma-novianty/tips-memilih-skincare-untuk-ibu-hamil

https://www.mooimom.id/mamapedia/gaya-hidup/memilih-skincare-aman-untuk-ibu-hamil-dan-menyusui

https://www.alodokter.com/4-masalah-kulit-yang-kerap-terjadi-saat-hamil-dan-cara-mengatasinya

https://www.google.com/amp/s/m.dream.co.id/amp/community/nabila-putri-skincare-rutin-yang-digunakan-saat-hamil-180705l.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *