Rayakan Festival Tempe 2019 : Tempe sebagai Pencegah Stunting dan 5 Manfaat Olahan Tempe

Siapa yang tidak tahu tempe? Hampir tidak mungkin Anda tidak mengetahuinya. Tempe merupakan makanan asli Indonesia yang sudah sejak lama ada yang berbahan dasar dari kedelai. 

 

Dilansir dari kompas.com, pada hari Sabtu (16/11/2019) diadakan Festival Tempe 2019 oleh Komunitas Lingkar Budaya Indonesia yang bekerja sama dengan Museum Benteng Heritage dan Persaudaraan Peranakan Tionghoa Warga Indonesia (PERTIWI). Festival tersebut menitikberatkan pada tempe sebagai makanan sehat pencegah stunting.

 

Stunting merupakan ancaman serius bagi generasi Indonesia saat ini. Sehingga dengan diadakannya Festival Tempe 2019 tersebut diharapkan semakin banyak masyarakat Indonesia yang suka makan olahan tempe karena kandungan gizi dalam tempe sangat tinggi. Berikut perbandingan gizi dari 100 gram tempe dan daging menurut Hermana, Mien Karmini, dan Darwin Karyadi (1996) yang dikutip dari hellosehat.com :

Kandungan gizi tempe dibanding daging

Sumber : hellosehat.com

Setelah mengetahuinya banyaknya kandungan gizi dalam tempe, jangan ragu lagi apabila memasukkan bahan tempe ke dalam masakan Anda ya mommies. Nah, agar Anda bisa lebih yakin, simak terlebih dahulu tentang 5 manfaat mengonsumsi tempe berikut ini:

 

1. Sumber Protein

Seperti yang telah dijelaskan pada gambar di atas bahwa kandungan protein dalam olahan tempe lebih besar dibandingkan daging. Selain itu, kandungan gizi lainnya pun lebih banyak dan lengkap. Tempe juga mudah dicerna karna mengandung enzim proteolitik.

 

2. Sumber Kalsium yang Setara dengan Susu Sapi

Sebuah penelitian yang dilakukan di Kuala Lumpur, Malaysia menemukan bahwa kalsium yang terdapat pada empat potong tempe dapat disandingkan dengan susu sapi. Luar biasa kan mommies?

 

3. Sumber Vitamin B12 dari Nabati

Selain tempe, tidak ada lagi sumber makanan nabati yang mengandung vitamin B12. Sehingga mengonsumsi tempe saja sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin B12 Anda yang apabila kekurangan dapat menyebabkan pusing, lemas, mudah lelah, kulit menguning, dll.

 

4. Antioksidan Alami

Sebuah Penelitian yang dilakukan oleh Ikehata Murata (1964) menemukan bahwa tempe mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita. Antioksidan alami yang ditemukan yaitu dalam bentuk vitamin E.

 

5. Sehat untuk Bayi dan Berbagai Kalangan

Kandungan gizi yang lengkap dalam tempe membuat vegetarian tidak akan kekurangan gizi penting, bahkan tempe sangat bagus untuk Anda yang sedang berdiet. Selain itu, olahan tempe juga sangat cocok untuk diberikan kepada bayi Anda mommies sebagai sumber protein nabati di dalam Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI).

 

Nah, setelah mengetahui kandungan gizi serta manfaat dari tempe diharapkan tidak ada lagi yang menganggap tempe sebagai makanan desa. Bahkan kini tempe dapat dikreasikan dalam beragam jenis masakan. Selamat berkreasi dan semoga bermanfaat.

 

Sumber : 

  • Astari, Gadis Risma. 2017. 5 Manfaat Makan Tempe Bagi Kesehatan. https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/5-manfaat-tempe-bagi-kesehatan/amp/
  • Khairunnisa, Syifa Nuri. 2019. Festival Tempe 2019, Tiada Lagi Gengsi Makan Tempe. https://travel.kompas.com/read/2019/11/16/170000627/festival-tempe-2019-tiada-lagi-gengsi-makan-tempe

 

Sumber gambar :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *